Jumat, 15 Juni 2012

12 MURID YESUS

-wanita-istricantik.com- 12 MURID YESUS terdiri atas Petrus (yang menurut beberapa denominasi adalah "Ketua Para murid"), Andreas, Yakobus Besar, Yakobus Kecil, Yohanes, Filipus, Bartolomeus, Matius, Tomas, Tadeus, Simon, dan Yudas Iskariot.. Setelah kematian Yudas, Matias menjadi salah satu dari Keduabelas murid. Dalam Injil-Injil sinoptik, Markus merinci nama-nama Keduabelas Murid, Matius mengikuti daftar Markus, dan Lukas mengganti Tadeus dalam daftar Markus dengan Yudas.

Yohanes mencatat Keduabelas murid yesus tanpa merinci semua nama mereka, dia menambahkan Natanael, dan menggunakan istilah "Murid yang dikasihi" (agaknya untuk menyebut Yohanes). Dipilihnya duabelas orang sebagai murid terdekat dengan Yesus itu mungkin sekali ada sangkut-pautnya dengan Duabelas Suku Israel. Dalam Injil-Injil sinoptik, Yesus memilih Petrus, Yakobus, dan Yohanes untuk menjadi saksi mata ketika Dia berubah wujud dan untuk menemaninya tatkala di taman Getsemani yesus melarikan diri dari hukuman salib dan lari dari kejaran tentara romawi yang akan menyalibkannya. .

Dalam 4 Injil , Keduabelas murid yesus ini dikisahkan cerdas dan menjadi saksi kunci dalam berbagai peristiwa penting kehidupan yesus, berbeda dengan paulus yang tidak menjadi saksi kunci pada peristiwa penting apapun dalam kehidupan yesus,  sehingga dalam pemahaman paulus perihal ajaran yesus banyak terjadi penyimpangan. Kisah Para Rasul mencatat sepak-terjang penyimpangan paulus dan perselisihan paulus dengan ke12 murid yesus di tahun-tahun sesudah Yesus naik ke sorga. diantara 12 murid yesus, yang paling gencar permusuhannya terhadap penyimpangan paulus dan pendudukan romawi atas israel adalah yudas iskariot, paulus adalah satu satunya orang yang mengatakan  yudas adalah orang gila dan mati bunuhdiri. tidak ada satupun dari 12 murid yesus yang mengkisahkan tentang penyimpangan yudas melainkan justru Paulus sendirilah yang memusuhi Yesus dan ke12 Murid Yesus



    * Juga di tiap daftar, nampaknya ada pembagian 3 grup yang masing-masing terdiri dari 4 orang, meskipun urutan tidak selalu sama, di mana Petrus rupanya mengepalai grup 1, Filipus grup 2 dan Yakobus bin Alfeus grup 3.

   1. Simon: yang diberi nama Petrus (Bahasa Yunani: petros, petra; Bahasa Aram: kēfas; artinya "Batu Karang") oleh Yesus, dikenal pula dengan sebutan Simon bar Yonah (Bahasa Aram) atau Simon bin Yunus, Kefas (Bahasa Aram), dan Simon Petrus. Pekerjaannya sebelum mengikut Yesus adalah nelayan dari Betsaida "di Galilea" (Yohanes 1:44; bdk. Yohanes 12:21)

   2. Andreas: saudara Simon, nelayan dari Betsaida, dan murid Yohanes Pembaptis, adalah Rasul Yang Pertama Kali Dipanggil.

   3. Yakobus bin Yusuf, adik kandung yesus

   4. Yohanes: anak-anak Zebedeus, yang disebut Yesus Boanerges

   5. Filipus: dari Betsaida "di Galilea" (Yohanes 1:44, 12:21)

   6. Bartolomeus: dalam Bahasa Aram "bar-Talemai", "putra Talemai" atau "orang Ptolemais". Rasul ini diidentifikasikan dengan Natanael yang disebut dalam Injil Yohanes 1:45-1:51.

   7. Matius: si pemungut cukai, dianggap sama dengan Lewi anak Alfeus

   8. Tomas: namanya berasal dari kata bahasa Aram T'oma' = kembar, juga dikenal sebagai Didimus, dan kata bahasa Yunani Didymous = kembar

   9. Yakobus anak Alfeus: umumnya dikenal sebagai Yakobus Kecil. Kadang-kadang juga dikenal sebagai Yakobus Si Orang Benar

  10. Tadeus (dalam Injil Matius dan Markus) atau Yudas anak Yakobus dalam Injil Lukas dan Kisah Para Rasul. Secara tradisional disebut Santo Yudas atau Rasul Yudas. Ada manuskrip-manuskrip Injil Matius yang sebagai Lebbaeus. Ada juga beberapa manuskrip Latin dari masa selanjutnya menamakannya "Yudas orang Zelot", namun ini dianggap sebagai naskah yang keliru)

  11. Simon orang Zelot: Injil Lukas menulis "Simon yang disebut orang Zelot". Ada yang menyamakannya dengan Simeon dari Yerusalem, sementara beberapa orang lain meragukannya dengan alasan bahwa tokoh bernama Simeon disebut-sebut pada waktu kelahiran Yesus sekitar tiga puluh tahun sebelumnya, sebagai seorang pria uzur yang tak lama lagi akan meninggal dunia. 

  12. Yudas Iskariot: nama Iskariot dapat berarti kota-kota Yudea di Keriot atau pun berarti sikarii (para pejuang pergerakan nasional Yahudi), atau berarti Isakhar. Juga disebut (misalnya dalam Yohanes 6:71 dan 13:26) sebagai "Yudas, anak Simon". Dia digantikan sebagai rasul dalam Kitab Kisah Para Rasul oleh Matias.

Filipus adalah salah satu dari 12 murid yesus, maka baiknya kita sedikit mengintip salah satu pasal yang tertulis Dalam Injil Filipus 

There were three who always walked with the lord: Mary his mother and her sister and Magdalene, the one who was called his companion?. And the companion of the [Saviour was ] Mary Magdalene. [He loved] her more than [all] the disciples [and used to] kiss her [often] on her [mouth]. The rest of [the disciples] said to him, 'Why do you love her more than all of us?'The Saviour answered and said to them,'Why do I not love you like her? " (59, 6-12; 63, 32- 64, 5)

Terjemahan ke bahasa Indonesianya, menurut saya :

"Ada 3 orang yang selalu berjalan bersama Yesus : Maria ibundanya dan Maria saudara ibunya, dan Magdalena, yang disebut sebagai pasangannya. Dan pasangan dari Sang Juru Selamat (Saviour) adalah Maria Magdalena. (Dia mencintai) nya, melebihi cintanya kepada murid-murid yang lain dan sering menciumnya di mulutnya. Murid-murid yang lain berkata kepadanya : ?Kenapa engkau lebih mencintainya dari pada kami??. sang Juru Selamat menjawab dan berkata : Kenapa aku tidak mencintai kalian seperti mencintai dia?? (59, 6-12; 63, 32; 64, 5)

jika ada informasi yang tidak sesuai dengan yang kita imani dalam artikel ini atau  ada fakta sejarah lain yang lebih akurat, silahkan mendiskusikan pada kolom diskusi dibawah. terimakasih dan mohon maaf apabila ada kata yang kurang berkenan

1 komentar ∞ forum diskusi & tanya jawab ∞: