Sabtu, 21 Juli 2012

BUDIDAYA LEBAH MADU

BUDIDAYA LEBAH MADU, TERNAK LEBAH MADU,
Lebah madu “ local “ ( Apis indica ) sering kita jumpai di sekitar tempat tinggal, di rumah tempat tinggal ( atap / genteng, eternit ), di pohon sekitar rumah terutama pada batang pohon yang berlubang, bahkan kadang dijumpai di tiang listrik, dan di gorong – gorong. Lebah madu ( Apis indica ) akan berkembang biak dan mempunyai koloni yang besar / individu yang banyak jika kondisi lingkungan tempat tinggal sangat mendukung. Terutama tercukupinya kebutuhan makanan, nekter, pollen dan cadangan makanan lainnya. Tidak kalah penting merupakan faktor pendukungbagi habitat lebah madu adalah ada tidakanya gangguan lingkungan, utamanya hama pengganggu dan predator. Hama pengganggu yang biasa muncul adalah cicak, semut dan kupu – kupu. Jenis predator yang sering kita jumpai adalah capung besar ( Epiophlebia ) dan capung warna (eshna). Predator ini biasanya menyerang di udara pada saat lebah madu kembali ke sarangnya setelah berkelana membawa pulang madu dan pollen. Budidaya lebah madu akan berhasil jika lingkungan setempat sangat mendukung, yaitu tersedia banyak tanaman berbunga/ penghasil nektar dan pollen serta cukup cadangan makanan lainnya. Penanganan yang serius, tekun, sabar menjaga kebersihan juga merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan upaya tersebut disamping tersedianya bibit atau lebah madu yang cukup tersedia di sekitar lingkungan. Lebah madu yang hidup liar di sekitar dapat ditingkatkan hasil perolehan madu manakala dikelola dengan baik melalui cara praktis budidaya lebah madu yang mana dalam pengelolaan ini tentu saja bisa kita panen dengan sistem berkala. Dengan pengelolaan yang baik secara berkala bisa diketahui kapan waktunya satu koloni dengan koloni yang lain saatnya panen.

BUDIDAYA LEBAH MADU ( Apis indica )
A. Ciri – ciri dan Manfaat lebah madu ( Apis indica )

1. Ciri – ciri
a) Ada yang hidup menyendiri dan ada yang hidup berkelompok membentuk koloni
b) Memiliki susunan masyarakat lebah  lebah pekerja, yang bertugas membuat sarang, mengumpulkan madu dan mengurus telur dan larva, membersihkan sarang, menyuapi anakan dan menyuapi ratu, umur pekerja 8 minggu
* lebah tentara, tugasnya menjaga sarang dari gangguan musuh, umur 8 minggu
* lebah pejantan, tugasnya membuahi calon ratu, umur pejantan 8 minggu
* lebah ratu, menghasilkan telur, umur ratu 5 tahun, produktif 2 – 4 tahun

2. Manfaat
Dalam Surat An – Nahl ayat 68 – 69, yang artinya :
*” Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah : “ Buatlah sarang – sarang di bukit – bukit, di pohon – pohon kayu, da di tempat – tempat yang dibikin manusia.” Kemudian makanlah dari tiap – tiap ( macam ) buah – buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman ( madu ) yang bermacam – macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang meyebuhkan bagi manusia. Sesungguhnya yang demikian itu benar – benar terdapat tanda ( kebesaran Tuhan ) bagi orang – orang yang memikirkan “*

Lebah mempunyai manfaat langsung dan tidak langsung bagi manusia. Manfaat langsung antara lain : dapat menghasilkan madu, gana, lilin / malam dan royal jeli serta tepung sari / pollen. Madu bermanfaat bagi manusia untuk daya tahan tubuh, dan untuk obat. Sat liter madu sama dengan 50 butir telur. Gana ( telur yang baru menetas ) mengandung protein yang tinggi dan hormon pertumbuhan. Malam dimanfaatkan orang diolah untuk bahan batik. Tepungsari / pollen manfaat untuk daya tahan tubuh. Royal jeli, ini merupakan makanan calon ratu dan dibuat kalau ada calon ratu. Manfaat bagi manusia untuk stamina tubuh karena memiliki kandungan gizi yang tinggi. Lebah juga mempunyai manfaat tidak langsung, yaitu membantu proses penyerbukan bunga. Sehingga terjadi fertilisasi, maka akan terbentuk calon individu baru atau biji pada tanaman.

B. Persyaratan budidaya lebah madu ( Apis indica )
Berhasil tidaknya budidaya lebah madu tergantung :
1. Ada sumber makanan ( madu / bunga, tepungsari / pollen / bunga) ada tanaman berbunga
2. Bibit lebah madu yang baik, yaitu anggota koloni banyak, dalam datu stup / sarang minimal 6 sisiran dan pejantan jumlahnya sedikit ( < 100 ekor )
3. Pembudidaya / peternak ( orang yang bersangkutan )
4. Pemberian tambahan makanan pada saat perubahan cuaca.

C. Pembuatan Stoep
Bahan stoep yang baik dari kayu yang sudah kering dan tidak berbau menyengat, hal ini menghindari pindahnya koloni lebah karena tidak betah dan pengaruh dari kayu tersebut. Intinya menggunakan kayu apa saja yang penting tidak berbau yang menyengat dan mengganggu koloni lebah.

1. Konstruksi Stoep
Gambar 1. bentuk stoep / kandang lebah madu   


Keterangan :
1. Tinggi stoep minimal 22 – 30 cm
2. Panjang 30 - 40 cm
3. Lebar menyesuaikan jumlah frame tempat sisiran






D. Cara Pemindahan Lebah Madu Kedalam Stoep
1. Dari glodok/klutuk (batang kelapa yang dibuat rongga/lubang)
a). Pada umumnya lebah menyenangi tempat di bagian atas pada sebuh klutuk dan gelap
b). Dalam satu klutuk bisa lebih dari 1 sarang atau koloni
c). Untuk memindahkanya, ambil klutuk yang bagian atas (yang ada lebahnya) dengan pelan pelan dan sebelumnya stoep disiapkan terlebih dahulu ditempatkan pada suatu tempat (hanya bagian kotak utamanya dan tutut atas). Untuk frame diambil 2 atau 3 saja.
d). Setelah Stoep siap,klutuk yang telah diambil dibuka dan dibalik pelanpelan tepat dibawah stoep dan dengan pelan dan halus klutuk diketukketuk untuk mempercepat pemindahan lebah tersebut kedalam stoep
e). Setelah pindah semua sisiran yang tertinggal diambil beberapa potong dan dengan tali raffia /benang diikat pada 23 frame yang telah diambil selanjutnya masukan kwedalam stoep.
f). supaya betah diberi makanan tambahan berupa cairan gula pasir/gula jaawa
2. Dari alam/umah /koloni alami (pohon,gua/goronggorong, rumah pendudukan)
a). Dalam rongga pohon yang menghadap /berada diatas
 Dalam hal ini apabila pohon tersebut bagian atasnya tidak berlubang. Untuk ini dibuat lubang kecil dengan garis tengah 1 cm yang tepat dibagian bawah sisiran yang tepat dibagian bawah sisiran ini dan ini perlu diukur terlebih dahulu berapa kedalamanya / terdapatnya koloni.
 Setelah terbuat lubang kecil dengan diameter 1 cm maka kita sediakn besek kecil/pithi dan bagian atasnya diolesi cairan gula atau madu, kemudian ditutupkan tepat menutupi lubang kecil tersebut.
 Agar lebah pindah dari sarangnya kita ganggu sedikit dengan asap obat nyamuk atau rokok lebah akan lari mencari yang gelap dan ke atas. Karena pada lubang bagian atas ditutup besek kecil yang gelap.
 Setelah terkumpul didalam besek, bisa langsung dipindahkan ke stoep yang tersedia. Ca ra hampir sama dengan pemindahan dari klutuk, hanya berbeda pada waktu membalik. Besek dibalik langsung di bawah stoep. Ada bagian yang ditindih stoep. Sisiran yang ada di rongga pohon sebagian diambil dan diikatkan pada frame yamg kosong dari stoep yang baru.
 Selanjutnya setelah seluruh lebah berpindah semuanya dengan hatihati stoep dipindahkan ketempat yang telah tersedia.
 Selama 3 hari diberi makanan tambahan
b). Dari gua, goronggorong, dan rumah penduduk.
 pada prinsipnya sama dengan pemindahan dari rongga pohon.
 Selama 3 hari diberi makan tambahan

CATATAN:
USAHAKAN PEMINDAHAN LEBAH DILAKSANAKAN SETELAH MATAHARI TERBENAM, SEHINGGA SEMUA KOLONI LEBAH SUDAH BERADA DALAM SARANGNYA!!!!





-wanita-istricantik.com-

0 komentar ∞ forum diskusi & tanya jawab ∞:

Poskan Komentar

,

1 WANITA AFGHANISTAN 1 WANITA AFRIKA 1 WANITA AFRIKA SELATAN 1 WANITA AFRIKA TENGAH 1 WANITA ALBANIA 1 WANITA ALGERIA 1 WANITA AMERIKA 1 WANITA AMERIKA LATIN 1 WANITA ANDORRA 1 WANITA ANGOLA 1 WANITA ANTIGUA AND BARBUDA 1 WANITA ARAB SAUDI 1 WANITA ARGENTINA 1 WANITA ARMENIA 1 WANITA ASIA 1 WANITA ASIA TENGGARA 1 WANITA AUSTRALIA 1 WANITA AUSTRIA 1 WANITA AZERBAIJAN 1 WANITA BAHAMAS 1 WANITA BAHRAIN 1 WANITA BANGLADESH 1 WANITA BARBADOS 1 WANITA BELANDA 1 WANITA BELARUS 1 WANITA BELGIA 1 WANITA BELIZE 1 WANITA BENIN 1 WANITA BHUTAN 1 WANITA BOLIVIA 1 WANITA BOSNIA 1 WANITA BOTSWANA 1 WANITA BRAZIL 1 WANITA BRUNEI 1 WANITA BULGARIA 1 WANITA BURKINA FASO 1 WANITA BURMA 1 WANITA BURUNDI 1 WANITA CAPE VERDE 1 WANITA CEKO 1 WANITA CHAD 1 WANITA CHILE 1 WANITA CHINA 1 WANITA COMOROS 1 WANITA CYPRUS 1 WANITA DENMARK 1 WANITA DJIBOUTI 1 WANITA DOMINIKA 1 WANITA EKUADOR 1 WANITA EL SAVADOR 1 WANITA EQUATORIAL GUINEA 1 WANITA ERITREA 1 WANITA EROPA 1 WANITA ESTONIA 1 WANITA ETHIOPIA 1 WANITA FIJI 1 WANITA FILIPINA 1 WANITA FINLANDIA 1 WANITA GABON 1 WANITA GAMBIA 1 WANITA GEORGIA 1 WANITA GHANA 1 WANITA GRENADA 1 WANITA GUATEMALA 1 WANITA GUINEA 1 WANITA GUINEA BISSAU 1 WANITA GUYANA 1 WANITA HAITI 1 WANITA HONDURAS 1 WANITA HUNGARIA 1 WANITA INDONESIA 1 WANITA INGGRIS 1 WANITA IRAN 1 WANITA IRLANDIA 1 WANITA ISLANDIA 1 WANITA ISRAEL 1 WANITA ITALIA 1 WANITA JAMAIKA 1 WANITA JEPANG 1 WANITA JERMAN 1 WANITA KAMBOJA 1 WANITA KAMERUN 1 WANITA KANADA 1 WANITA KAZAKHSTAN 1 WANITA KENYA 1 WANITA KIRIBATI 1 WANITA KOLOMBIA 1 WANITA KONGO 1 WANITA KOREA SELATAN 1 WANITA KOREA UTARA 1 WANITA KOSTARIKA 1 WANITA KROASIA 1 WANITA KUBA 1 WANITA KUWAIT 1 WANITA KYRGYSTAN 1 WANITA LAOS 1 WANITA LESOTHO 1 WANITA LIBANON 1 WANITA LIBERIA 1 WANITA LIBYA 1 WANITA LIECHTENSTEIN 1 WANITA LITHUANIA 1 WANITA LUXEMBOURG 1 WANITA MACEDONIA 1 WANITA MADAGASCAR 1 WANITA MALAWI 1 WANITA MALAYSIA 1 WANITA MALDIVES 1 WANITA MALI 1 WANITA MALTA 1 WANITA MAROKO 1 WANITA MARSHALL ISLANDS 1 WANITA MAURITANIA 1 WANITA MAURITIUS 1 WANITA MEKSIKO 1 WANITA MESIR 1 WANITA MICRONESIA 1 WANITA MOLDOVA 1 WANITA MONACO 1 WANITA MONGOLIA 1 WANITA MONTENEGRO 1 WANITA MOZAMBIQUE 1 WANITA NAMIBIA 1 WANITA NAURU 1 WANITA NEPAL 1 WANITA NICARAGUA 1 WANITA NIGER 1 WANITA NIGERIA 1 WANITA NORWEGIA 1 WANITA OMAN 1 WANITA PAKISTAN 1 WANITA PALAU 1 WANITA PALESTINA 1 WANITA PANAMA 1 WANITA PANTAI GADING 1 WANITA PAPUA NUGINI 1 WANITA PARAGUAI 1 WANITA PERU 1 WANITA POLANDIA 1 WANITA PORTUGAL 1 WANITA PRANCIS 1 WANITA QATAR 1 WANITA RUMANIA 1 WANITA RUSIA 1 WANITA RWANDA 1 WANITA SAINT KITTS AND NEVIS 1 WANITA SAINT LUCIA 1 Wanita Saint Vincent and the Grenadines 1 WANITA SAMOA 1 WANITA SAN MARINO 1 WANITA SELANDIA BARU 1 WANITA SENEGAL 1 WANITA SERBIA 1 WANITA SEYCHELLES 1 Wanita Sierra Leone 1 WANITA SINGAPURA 1 WANITA SLOVAKIA 1 WANITA SLOVENIA 1 WANITA SOLOMON ISLANDS 1 WANITA SOMALIA 1 WANITA SPANYOL 1 WANITA SRI LANKA 1 WANITA SUDAN 1 WANITA SUDAN SELATAN 1 WANITA SURIAH 1 WANITA SURINAME 1 WANITA SWAZILAND 1 WANITA SWEDIA 1 WANITA SWISS 1 Wanita São Tomé and Príncipe 1 WANITA TAJIKISTAN 1 WANITA TANZANIA 1 WANITA THAILAND 1 WANITA TIMOR LESTE 1 WANITA TIMUR TENGAH 1 WANITA TOGO 1 WANITA TONGA 1 WANITA TRINIDAD AND TOBAGO 1 WANITA TUNISIA 1 WANITA TURKI 1 WANITA TURKMENISTAN 1 WANITA TUVALU 1 WANITA UGANDA 1 WANITA UKRAINA 1 WANITA UNI EMIRAT ARAB 1 WANITA URUGUAI 1 WANITA VANUATU 1 WANITA VATIKAN 1 WANITA VENEZUELA 1 WANITA VIETNAM 1 WANITA YAMAN 1 WANITA YORDANIA 1 WANITA YUNANI 1 WANITA ZAMBIA 1 WANITA ZIMBABWE 1WANITA LATVIA