Senin, 02 Juli 2012

KEUNTUNGAN MENABUNG DI BANK

Donna membuka kembali buku tabungannya. “ Wah kalau gini terus bagaimana bisa nabung wong belum tanggal gajian aja uang udah ludes.” Ia bergumam pelan. Sudah 3 tahun Donna bekerja pada suatu perusahaan kargo asing dan sudah 2 bulan ini ia selalu bertekat untuk bisa menabung dengan menyisakan sejumlah uang di tabungannya walau sedikit. Tapi tetap saja tidak bisa. “Emang nih perusahaan kasi gaji nggak pernah cukup. Mana bisa nabung dengan gaji segini ?” gerutunya sambil meninggalkan konter teller. Hal seperti ini mungkin juga pernah kita alami. Penghasilan kurang sering kali menjadi kambing hitam kegagalan kita dalam menabung. Tapi apa benar demikian? Kalau memang ada produk yang dapat membantu kita untuk menabung, bagaimana? Coba pertimbangkan produk Mega Rencana ini.
Tabungan Berjangka
Mega Rencana, dari namanya pasti kita sudah dapat menduga dari Bank apa produk tabungan ini. Ya, produk ini adalah salah satu produk unggulan dari bank Mega, salah satu bank swasta nasional Indonesia yang kepemilikannya murni masih dimiliki oleh orang Indonesia. Sebagai salah satu produk unggulan, mega rencana diposisikan sebagai produk tabungan berjangka yang memberikan kebebasan kepada para nasabahnya untuk menentukan sendiri berapa lama ia ingin menabung, dan juga berapa besar jumlah tabungan perbulan yang ia inginkan. Dengan komitmen awal untuk siap menyisihkan dana Anda sejumlah tertentu dan untuk jangka waktu tertentu pula, tabungan ini memberikan kepastian adanya dana yang anda dapatkan ditahun yang telah Anda sendiri tentukan.
Bagaimana mendapatkan Mega Rencana
Seperti di katakana di awal, mega rencana merupakan supplement dari produk tabungan utama yang harus Anda miliki sebelum membuka mega rencana. Dengan terlebih dahulu membuka rekening utama yaitu Mega Dana, Mega Maxi dan Mega Ultima, Anda sudah bisa meminta customer service untuk dibuatkan mega rencana dengan paket yang disesuaikan keinginan Anda. Mulai dari setoran Rp.100 ribu per bulan sampai dengan Rp. 5 juta per bulan . Juga jangka waktu mulai dari 1 tahun sampai 20 tahun lengkap tersedia. Untuk membuka tabungan utama sebagai jalan untuk memiliki mega rencana, Anda tinggal menyetorkan Rp.100 ribu sebagai setoran awal untuk mega dana, Rp.1 juta untuk mega Maxi dan Rp.100 juta untuk mega Ultima. Kenapa berbeda? Ya setiap produk tersebut memiliki kelebihan masing-masing yang lain waktu akan kita bahas lebih jauh.
Kelebihan dan Sanksi di Mega Rencana
Kemudahan dalam menabung menjadi kelebihan yang ditawarkan oleh produk. Dengan hanya menyediakan dana di tabungan utama sejumlah komitmen awal, Anda dijamin tidak akan kesulitan untuk antri setor ke teller atau harus transfer baik itu di ATM maupun via counter. Semua dilakukan dengan otomatis pada tanggal tertentu sesuai keinginan Anda. Mudahkan?. Kelebihan lain yang menjadi ciri khas produk ini dibandingkan pesaing adalah tanggal pendebitan yang dapat kita tentukan sendiri. Jadi kalau misalnya kita gajian tiap tanggal 25, mega rencana kita bisa dikredit setiap tanggal 26. Gimana nggak disiplin tuh ? nggak mungkin telat lagi maklum ada sanksinya. Selain itu Produk ini menawarkan hadiah yang cukup menggiurkan. Hadiah langsung berupa tas sampai dengan motor menjadi iming-iming yang cukup menggiurkan. Bayangkan, udah nabung, dapat hasil, dikasih hadiah lagi apa nggak hoki tuh ? Tapi ya tentu saja disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku misalnya saja kalau mau motor harus dengan tabungan awal sebesar Rp.10 juta dan paket tabungan sebesar Rp.500 ribu selama 20 tahun. Rugi? Nggak juga sih kalau niatnya emang untuk nabung dan memang memiliki rencana 20 tahun lagi dan itu sesuai dengan hasil kenapa mikir untung rugi ya nggak. Satu lagi, tabungan ini bebas dari segala macam jenis biaya yang biasa dikenakan untuk suatu tabungan seperti biaya administrasi dan biaya atm yang biasanya dikenakan pada produk tabungan. Oh ya, ada manfaat lain yang diberikan produk ini yaitu perlindungan asuransi. Jadi bila pemilik tidak dapat melanjutkan setoran tabungannya karena ketidakmampuan total seperti cacat atau lebih berat lagi yaitu kematian, pihak asuransi akan meneruskan setoran Anda sampai dengan selesai dan menyerahkan hasil investasi kepada ahliwaris yang telah ditentukan. Selain kemudahan, produk ini juga menerapkan sanksi yang cukup tegas bagi mereka yang tidak taat dengan komitmennya. Bila Anda lalai untuk menyediakan dana sejumlah yang diinginkan dan terjadi gagal debit pada tanggal yang telah ditentukan, maka pemilik rekening dikenakan denda sebesar Rp.50 ribu. Dan bila sampai 3 x gagal debit, maka rekening otomatis closed dan Anda harus membayar senilai hadiah yang Anda terima. Misalnya Anda memilih untuk mendapatkan motor dan kemudian Anda gagal meneruskan komitmen. Maka Anda harus membayar denda sebesar 3 x 50 ribu ditambah harga motor yang kita dapatkan katakanlah 8 juta. Kalau nggak punya uang? nggak mungkin terjadi, ingat setoran awal untuk mendapatkan motor adalah 10 juta jadi nggak mungkin bisa menghindar dengan mengatakan nggak ada uang. Toh mereka tinggal mengurangi saldo Anda di mega rencana. Pintar juga ya.
Bisa tidak sesuai Rencana.
Sebagai produk yang memberikan kepastian hasil di akhir tahun komitment, produk ini memang dapat dijadikan produk referensi. Tapi untuk Anda yang mengaharapkan hasil akan sama dengan brosur yang ditawarkan, nanti dulu. Produk ini tidak dijual dengan tingkat bunga flat atau tetap. Bunga produk ini sewaktu-waktu bisa berubah tergantung dengan keadaan pasar. Untuk saat ini bunga yang ditawarkan adalah 5.5%. Sedangkan brosur yang saya pegang menawarkan tingkat pendapatan dengan bunga 5%. Untung? Mungkin saat ini. Tapi bagaimana dengan 5 tahun ke depan atau 10 bahkan 20 tahun ke depan? Nggak janji deh. Untuk produk dengan ciri memberikan manfaat pasti, produk ini mungkin masih kalah dibandingkan produk perusahaan asuransi. Pada perusahaan asuransi, tingkat bunga yang ditawarkan biasanya bersifat flat atau dengan manfaat pasti sejumlah yang telah ditentukan. Misalnya Anda menyetor Rp.100 ribu maka dalam 5 tahun menjadi Rp.10 juta. Jadi tidak ditentukan dengan bunga. Bahkan dengan perlindungan yang kadangkala lebih tinggi dari pada produk ini.
Kesimpulan.
Mega Rencana diposisikan sebagai produk tabungan berencana yang akan memudahkan bagi para nasabahnya untuk dapat disiplin dan mudah dalam menabung. Dengan embel-embel rencana, sebenarnya produk ini tidak dapat 100% menjamin bahwa rencana keuangan yang diinginkan oleh para nasabahnya dapat tercapai. Memang sih bisa lebih tinggi, tapi lebih rendahpun juga bisa. Apalagi untuk produk dengan criteria investasi jangka panjang, kemungkinan meleset pasti sangat mungkin terjadi. Tapi untuk Donna atau Anda yang hanya memiliki tujuan sekedar dapat menyisihkan sebagian hasil kerja kerasnya agar terlihat hasilnya, produk ini cukuplah menjadi pilihan.
Salam,
-wanita-istricantik.com-

0 komentar ∞ forum diskusi & tanya jawab ∞:

Poskan Komentar

,

1 WANITA AFGHANISTAN 1 WANITA AFRIKA 1 WANITA AFRIKA SELATAN 1 WANITA AFRIKA TENGAH 1 WANITA ALBANIA 1 WANITA ALGERIA 1 WANITA AMERIKA 1 WANITA AMERIKA LATIN 1 WANITA ANDORRA 1 WANITA ANGOLA 1 WANITA ANTIGUA AND BARBUDA 1 WANITA ARAB SAUDI 1 WANITA ARGENTINA 1 WANITA ARMENIA 1 WANITA ASIA 1 WANITA ASIA TENGGARA 1 WANITA AUSTRALIA 1 WANITA AUSTRIA 1 WANITA AZERBAIJAN 1 WANITA BAHAMAS 1 WANITA BAHRAIN 1 WANITA BANGLADESH 1 WANITA BARBADOS 1 WANITA BELANDA 1 WANITA BELARUS 1 WANITA BELGIA 1 WANITA BELIZE 1 WANITA BENIN 1 WANITA BHUTAN 1 WANITA BOLIVIA 1 WANITA BOSNIA 1 WANITA BOTSWANA 1 WANITA BRAZIL 1 WANITA BRUNEI 1 WANITA BULGARIA 1 WANITA BURKINA FASO 1 WANITA BURMA 1 WANITA BURUNDI 1 WANITA CAPE VERDE 1 WANITA CEKO 1 WANITA CHAD 1 WANITA CHILE 1 WANITA CHINA 1 WANITA COMOROS 1 WANITA CYPRUS 1 WANITA DENMARK 1 WANITA DJIBOUTI 1 WANITA DOMINIKA 1 WANITA EKUADOR 1 WANITA EL SAVADOR 1 WANITA EQUATORIAL GUINEA 1 WANITA ERITREA 1 WANITA EROPA 1 WANITA ESTONIA 1 WANITA ETHIOPIA 1 WANITA FIJI 1 WANITA FILIPINA 1 WANITA FINLANDIA 1 WANITA GABON 1 WANITA GAMBIA 1 WANITA GEORGIA 1 WANITA GHANA 1 WANITA GRENADA 1 WANITA GUATEMALA 1 WANITA GUINEA 1 WANITA GUINEA BISSAU 1 WANITA GUYANA 1 WANITA HAITI 1 WANITA HONDURAS 1 WANITA HUNGARIA 1 WANITA INDONESIA 1 WANITA INGGRIS 1 WANITA IRAN 1 WANITA IRLANDIA 1 WANITA ISLANDIA 1 WANITA ISRAEL 1 WANITA ITALIA 1 WANITA JAMAIKA 1 WANITA JEPANG 1 WANITA JERMAN 1 WANITA KAMBOJA 1 WANITA KAMERUN 1 WANITA KANADA 1 WANITA KAZAKHSTAN 1 WANITA KENYA 1 WANITA KIRIBATI 1 WANITA KOLOMBIA 1 WANITA KONGO 1 WANITA KOREA SELATAN 1 WANITA KOREA UTARA 1 WANITA KOSTARIKA 1 WANITA KROASIA 1 WANITA KUBA 1 WANITA KUWAIT 1 WANITA KYRGYSTAN 1 WANITA LAOS 1 WANITA LESOTHO 1 WANITA LIBANON 1 WANITA LIBERIA 1 WANITA LIBYA 1 WANITA LIECHTENSTEIN 1 WANITA LITHUANIA 1 WANITA LUXEMBOURG 1 WANITA MACEDONIA 1 WANITA MADAGASCAR 1 WANITA MALAWI 1 WANITA MALAYSIA 1 WANITA MALDIVES 1 WANITA MALI 1 WANITA MALTA 1 WANITA MAROKO 1 WANITA MARSHALL ISLANDS 1 WANITA MAURITANIA 1 WANITA MAURITIUS 1 WANITA MEKSIKO 1 WANITA MESIR 1 WANITA MICRONESIA 1 WANITA MOLDOVA 1 WANITA MONACO 1 WANITA MONGOLIA 1 WANITA MONTENEGRO 1 WANITA MOZAMBIQUE 1 WANITA NAMIBIA 1 WANITA NAURU 1 WANITA NEPAL 1 WANITA NICARAGUA 1 WANITA NIGER 1 WANITA NIGERIA 1 WANITA NORWEGIA 1 WANITA OMAN 1 WANITA PAKISTAN 1 WANITA PALAU 1 WANITA PALESTINA 1 WANITA PANAMA 1 WANITA PANTAI GADING 1 WANITA PAPUA NUGINI 1 WANITA PARAGUAI 1 WANITA PERU 1 WANITA POLANDIA 1 WANITA PORTUGAL 1 WANITA PRANCIS 1 WANITA QATAR 1 WANITA RUMANIA 1 WANITA RUSIA 1 WANITA RWANDA 1 WANITA SAINT KITTS AND NEVIS 1 WANITA SAINT LUCIA 1 Wanita Saint Vincent and the Grenadines 1 WANITA SAMOA 1 WANITA SAN MARINO 1 WANITA SELANDIA BARU 1 WANITA SENEGAL 1 WANITA SERBIA 1 WANITA SEYCHELLES 1 Wanita Sierra Leone 1 WANITA SINGAPURA 1 WANITA SLOVAKIA 1 WANITA SLOVENIA 1 WANITA SOLOMON ISLANDS 1 WANITA SOMALIA 1 WANITA SPANYOL 1 WANITA SRI LANKA 1 WANITA SUDAN 1 WANITA SUDAN SELATAN 1 WANITA SURIAH 1 WANITA SURINAME 1 WANITA SWAZILAND 1 WANITA SWEDIA 1 WANITA SWISS 1 Wanita São Tomé and Príncipe 1 WANITA TAJIKISTAN 1 WANITA TANZANIA 1 WANITA THAILAND 1 WANITA TIMOR LESTE 1 WANITA TIMUR TENGAH 1 WANITA TOGO 1 WANITA TONGA 1 WANITA TRINIDAD AND TOBAGO 1 WANITA TUNISIA 1 WANITA TURKI 1 WANITA TURKMENISTAN 1 WANITA TUVALU 1 WANITA UGANDA 1 WANITA UKRAINA 1 WANITA UNI EMIRAT ARAB 1 WANITA URUGUAI 1 WANITA VANUATU 1 WANITA VATIKAN 1 WANITA VENEZUELA 1 WANITA VIETNAM 1 WANITA YAMAN 1 WANITA YORDANIA 1 WANITA YUNANI 1 WANITA ZAMBIA 1 WANITA ZIMBABWE 1WANITA LATVIA