Aloo Samosa, Kentang Goreng india

Total Waktu:
2 jam 10 menit
persiapan:
1 jam
aktif:
30 menit
masak:
40 menit

Menghasilkan:
sekitar 4 sampai 6 porsi

level:
maju

Resep selanjutnya
bahan

adonan:
2 cangkir tepung terigu
1 1/4 sendok teh ajawain (opsional) (tersedia di pasar rempah-rempah Asia Selatan atau khusus)
1/2 sdt garam halus
6 sendok makan minyak sayur, ditambah lagi sesuai kebutuhan
5 sendok makan air dingin
pengisi:
Kentang 4 (sekitar 1 kg), dikupas dan dipotong-potong 1 inci
Garam , sesuai kebutuhan, ditambah 1 sendok makan
1/2 bawang bombay menengah
One 1 1/2-inch sepotong jahe segar, kupas
4 siung bawang putih
1 serrano Chili (dengan biji), bertangkai
3 sendok makan air
3 sendok makan ghee atau minyak, resep berikut
1 sendok teh biji mustard hitam (tersedia di pasar rempah-rempah Asia Selatan atau khusus)
1/2 sendok teh biji jintan
1/2 sendok teh biji adas
1 1/2 sendok teh garam masala (Lihat Cook? S Catatan.)
2 sendok teh bubuk kunyit
1/2 cangkir dimasak kacang polong
2 sendok makan perasan lemon
Melayani saran: saus asam atau chutney favorit Anda
ghee:
1/2 KG mentega tawar

arah
pengisi:

Untuk membuat adonan: Campur tepung, ajawain, jika menggunakan, dan garam. Tambahkan minyak dan, dengan menggunakan tangan Anda, gosokkan ke dalam campuran tepung sampai tercampur. Sambil diaduk dengan sendok kayu, secara bertahap tambahkan air, sampai adonan terbentuk. Mentransfer adonan ke permukaan kerja dan uleni sampai lembut dan lentur, sekitar 3 menit. Gosokkan sedikit minyak di atas adonan dan tutup dengan handuk basah. Biarkan sisa adonan pada suhu kamar selama 30 menit.

Sementara itu, membuat isian: Taruh kentang dalam panci sedang, tutup dengan air dingin keran sekitar 2 inci, dan bumbui dengan garam. Didihkan, kecilkan api, dan didihkan sampai empuk, sekitar 10 menit. Tiriskan dan sisihkan untuk mendinginkan sedikit. Menggunakan garpu, sedikit menghancurkan kentang.

Sementara itu, dalam food processor kecil (mini-chopper), menggabungkan bawang, jahe, bawang putih, Chili, dan 1 sendok makan air dan haluskan untuk pasta.

Panaskan ghee dalam wajan besar di atas api sedang-tinggi. Tambahkan mustard, jinten, dan biji adas dan masak, aduk terus, sampai harum, sekitar 30 detik. Tambahkan pasta bawang, garam, garam masala, dan kunyit dan masak, aduk, sampai berwarna kecoklatan, sekitar 4 menit. Tambahkan kentang dan masak, aduk dan menumbuk ringan dengan sendok kayu, sampai panas, sekitar 2 menit. Aduk dalam kacang polong. Angkat dari api dan aduk dalam jus lemon dan sisa 2 sendok makan air.

Untuk membentuk samosa: Bagi adonan menjadi 7 bagian. Menggunakan tangan Anda, roll setiap bagian menjadi bola kecil. Di permukaan kerja berupa serbuk, menggunakan rolling pin, roll setiap bola ke dalam cakram lebar 7-inci. Potong masing-masing disk menjadi dua.

Mengatur mangkuk kecil air di samping Anda. Mengerjakan dengan satu adonan setengah lingkaran sekaligus, setengah lipat dari tepi lurus ke atas ke sisi bulat dan basah tepi luar dengan sedikit air. Lipat setengah lainnya hingga membentuk kerucut, tumpang tindih dengan sisi lain dengan 1/4 inci. Tekan ujung-ujungnya bersama-sama untuk membentuk segel. Tahan kerucut di satu tangan dan mengisinya dengan sekitar 1/4 cangkir mengisi kentang. Sedikit membasahi bagian dalam ujung bulat dan melipatnya isian tertutp. Tekan ujung-ujungnya bersama-sama untuk menutup. Ulangi dengan sisa adonan dan mengisinya untuk membuat 14 samosa.

Ada dua pilihan saat ini. Untuk samosa dengan sedikit melepuh dan bergelembung lapisan kulit nya, menyimpannya tanpa ditutup dalam lemari es semalam dan menggorengnya hari berikutnya (adonan menjadi lembut dan lembab, membuat puff kecil dalam adonan saat digoreng); atau melanjutkan ke langkah berikutnya dan goreng segera untuk sama-sama baik tetapi halus lapisan kulit nya.

Dalam panci besar, panci yang berat lebar, tuangkan minyak hingga kedalaman sekitar 2 inci. Menempatkan di atas api sedang, dan panaskan sampai termometer deep-fry minyak register 365 derajat F.

Mengerjakan dalam batch kecil, goreng samosa sampai berwarna cokelat keemasan dan renyah, sekitar 5 menit. Menggunakan penjepit, transfer ke handuk kertas berlapis loyang untuk menguras. Sajikan segera dengan saus asam atau chutney favorit Anda.

Catatan: Garam masala adalah campuran bubuk india atau seluruh rempah-rempah, yang biasanya mengandung kayu manis, cengkeh, kapulaga, merica, dan jintan. Ini tersedia di toko-toko makanan India dan khusus.


ghee:

Lelehkan mentega dalam panci kecil di atas api sedang-tinggi. Kecilkan api dan didihkan sampai semua air menguap dan padatan susu putih telah kecoklatan di bagian bawah panci, sekitar 8 menit.

Tuangkan ghee ke dalam wadah besar, menjadikan padatan susu kecoklatan dalam panci. Gunakan sekarang atau simpan dalam lemari es awet 1 minggu.



Menghasilkan: sekitar 2 cangkir

Comments