Ayam Bakar, Nikmat Enak Sedap Gurih Manis Pedas

,
ayam bakar,
 Total waktu:
3 jam 50 menit
Persiapan:
40menit
Aktif:
10 min
Memasak:
3 hr

Hasil:
10-12 porsi

Tingkat:
Mudah

Berikutnya resep
Bahan

5 cabe merah dan buang bijinya
3 3/4 cangkir kaldu ayam, dibagi
4 sendok makan (1/2 batang)  mentega tawar, dicairkan
3 sendok makan tequila
Garam, sesuai selera anda
1 (12 kg) kalkun, atau 2 ayam untuh, jeroan   dikeluarkan dan simpan
1/3 cangkir aprikot kering (dianjurkan: Bon Maman)
2 sendok teh  oregano kering
2 siung bawang putih
Merica hitam
Aprikot kering, California chiles, cilantro segar, untuk hiasan
Peralatan khusus: poultry flavor injector ( tersedia di toko-toko gourmet atau cari  suntik steril berjarum besar di apotik )
poultry flavor injector


Arahan:

Panaskan oven 425 derajat F.

Tempatkan cabe dan 2 cangkir kaldu ayam dalam panci , Didihkan dan kemudian Matikan api. Biarkan cabe lunak selama 5-10 menit 

Campurkan 3/4 cangkir kaldu ayam, mentega cair dan tequila dalam mangkuk logam kecil. Bumbui dengan garam. Menggunakan poultry flavor injector  , menyuntikkan campuran bumbu tersebut ke paha, dada dan kaki ayam / kalkun. Jika campuran membeku, tempatkan mangkuk diatas kompor gas atau dalam oven hangat sampai mentega meleleh.

Tempatkan ayam di rak  dalam loyang pemanggang besar. selipkan ujung sayap di bawah tubuh ayam. Mengikat kaki  dengan dapur benang. Tempatkan jeroan ayam  di panci.

tempatkan cabe dengan cairan nya di blender. Tambahkan aprikot , oregano, dan bawang putih dan proses sampai halus. Bumbui dengan garam dan merica untuk rasa.

tampatkan cabe yang telah dihaluskan ke panci . Gosok ke seluruh tubuh ayam atau kalkun (simpan  sisanya untuk saus ), bumbui kalkun b dengan taburan garam dan merica.

Tambahkan 1 cangkir kaldu ke   loyang pemanggang dan panggang selama 45 menit.

Mengurangi suhu oven 350 derajat F. Lanjutkan memanggang kalkun sampai termometer dimasukkan ke dalam bagian dada dan paha terbaca 165 derajat F, sekitar 2 jam lagi, memoles setiap 20 menit dengan tetesan. Menutupi kalkun longgar dengan foil jika tampak mulai kecoklatan untuk mencegah matang terlalu cepat  pada lapisan luar daging.

pindahkan ayam kalkun ke piring, olesi dengan saus cabe dihaluskan, dan diamkan sambil menyiapkan saus pendamping.

Saring adonan saus cabe  ke dalam panci besar,  dan membuang padatan apapun. Sendok lemak di bagian atas cairan dan buang. Tambahkan adonan saus cabe yang tersisa ke panci dan aduk sampai tercampur. Rebus diatas panas tinggi sampai agak mengental, sekitar 10 menit. Bumbui dengan garam dan merica untuk rasa.

Hiasi kalkun dengan aprikot kering,  cabe kering dan ketumbar segar. Sajikan dengan saus cabe

-,
ayam bakar,

Comments