Hukum Haji Anak Anak, +25 Foto Lucu & imut


Alhamdulillah, Beberapa bulan yang lalu istricantik.com mendapat kesempatan pergi ke tanah suci, untuk menunaikan ibadah umrah. ini baru pertama kali, oleh karena itu banyak hal yang membuat kagum dan heran, Diantara hal yang membuat saya heran adalah ternyata banyak sekali anak anak yang juga sedang menunaikan ibadah umrah bersama orang tua mereka, terlihat lucu menggemaskan melihat pakaian ihram membalut tubuh mungil mereka. Berbagai warna kulit menunjukkan Ragam asal negara mereka. Lalu terbersit tanya, Bolehkah anak-anak pergi  haji atau umrah ? wajibkah mereka? Apa peraturan dan ajaran Islam tentang anak-anak kecil ? pertanyaan ini pasti juga  terbersit di benak banyak orangtua di bulan-bulan menjelang haji .

Hukum Haji Anak Kecil
Untuk beberapa orang tua Muslim, mengajak anak-anak Anda pergi haji bisa menjadi bagian dari mengajarkan mereka tentang Islam, kata salah satu muslimah dari Inggris saat di Makkah bersama suami dan anak nya.

"Saya ingin mengajak anak saya,  untuk memahamkan pentingnya haji dan memetik hikmah dari perjalanan. Ini adalah bagian dari mengajari  agama kita, "kata seorang jamaah umrah, Reyhana Sayed .

Tapi pandangan ini tidak dimiliki oleh banyak orang. mengajak anak-anak beribadah haji tidak wajib dalam Islam, kata Dr Mohammad Alkobaisi, mufti di Kementerian Dubai Urusan Islam.

"Kewajiban haji hanya untuk dewasa dan taraf kemampuan . Tidak ada kewajiban agama pada anak-anak, termasuk haji dan umrah  "Namun, anak-anak bisa pergi ke haji jika wali mereka ingin mengajak mereka  dan manfaat haji ini akan dirasakan oleh anak,  ," kata Dr. Alkobaisi menambahkan .

kita mengutip sebuah hadis  untuk  merenungkan hal ini.
"Seorang wanita mengangkat anaknya dan berkata: Wahai Rasulullah, akan kah anak ini diberi pahala  setelah melakukan ibadah haji? Kemudian Rasulullah saw bersabda : Ya, dan  ada pahala juga untuk Anda, "hadits   shahih Imam Muslim.

Penting untuk dicatat bahwa ber haji saat belum baligh tidak menghilangkan kewajiban haji  pada   dirinya setelah mereka mencapai usia dewasa, jelas Dr. Alkobaisi.

hal ini juga tergantung pada kemampuan anak untuk memahami dan melaksanakan tugas yang diperlukan dalam ibadah haji. Namun, jika anak tidak cukup dewasa untuk memahami aturan haji, maka wali harus membuat niat ihram atas namanya, dan membimbing dia melaksanakan rangkaian kegiatan haji, jika anak tidak sanggup melakukan, seperti ritual lempar jumrah , dapat dilakukan oleh wali atas nama anak muda itu, Keputusan seperti itu seharusnya tidak boleh dianggap remeh, karena anak-anak lebih rentan terhadap panas, sengatan matahari, penyakit menular dan kesulitan lainnya selama haji. Dalam kasus mereka memutuskan untuk mengajak anak-anak mereka, orang tua harus memberi mereka semua vaksin yang diperlukan, dan mengambil tindakan pencegahan, memperhatikan anak-anak setiap saat, menjaga mereka dari dehidrasi, dalam tenda atau di tempat teduh dan jauh dari tempat padat,  kata Dr. AlKobaisi.

Tidak ada angka resmi untuk berapa banyak anak-anak  yang menghadiri haji tahun ini, tetapi  1,3 juta Muslim telah terdaftar di Makkah, jadi penting bagi kita berbagi tips  untuk orang tua yang mengajak anak nya, 

tips  jika kita mengajak  anak-anak beribadah haji

1. Dapatkan imunisasi yang diperlukan  

2. Tanyakan apakah biro haji Anda memiliki fasilitas khusus atau program untuk anak-anak. sebaiknya jangan menggunakan biro haji berhaluan NU liberal / islam Nusantara (NU Gus Dur-ian), karena lebih banyak hafalan dan banyak ritual tambahan yang pastinya bikin ribet kita dan anak kita.

3. waspada dehidrasi kekurangan cairan dan memakai pakaian ringan, sebaiknya berbahan benang kapas

4. Siapkan untuk hari yang dingin selama haji Anda,  seperti saat mengunjungi Muzdalifah

5. Bawalah obat-obatan dasar seperti sirup obat batuk dan penghilang rasa sakit.

Hukum Haji Anak Anak
Haji Anak Anak
Haji Anak Kecil



























Comments