9 Pintu Surga Dan Wujud Bidadari Neraka

Alangkah beruntungnya mereka, golongan manusia dan jin apabila diberi 2 kunci oleh Allah azza wa jala, yakni kunci surga dunia dan kunci surga akhirat. Hidup mulia, kaya raya, mati masuk surga, menjadi impian kita semua tentunya.  Surga dunia memanglah tak sebanding dengan surga yang dijanjikan Allah bagi manusia dan jin kelak di akhirat. Tapi nyatanya banyak yang lupa, yakni terlalu disibukkan dengan upaya meraih surga di dunia karena ingin lari dari neraka dunia. Surga dunia memiliki beragam pintu yang diliputi oleh syahwat dan kenikmatan, begitu pula surga di akhirat juga terdapat pintu pintu. Total Ada 8 pintu surga, yang tiap pintu nya hanya dapat dimasuki oleh orang orang tertentu dari golongan kanan, yakni muslim yang mencintai suatu amalan tertentu, adapula yang diijinkan masuk melalui semua pintu.

Baca juga artikel :
Pintu surga
8 nama pintu surga
nama pintu surga dan penghuninya
8 pintu surga dan penghuninya
nama nama pintu surga dan neraka
8 pintu surga terbuka bagi yang melakukan ini
8 pintu surga dalam islam
lagu pintu surga
pintu surga bagi wanita


Hadist berikut ini berasal dari Abu Hurairah radhiallahu anhu ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda
 مَنْ أَنْفَقَ زَوْجَيْنِ فِى سَبِيلِ اللَّهِ نُودِىَ مِنْ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ يَا عَبْدَ اللَّهِ ، هَذَا خَيْرٌ . فَمَنْ كَانَ مِنْ أَهْلِ الصَّلاَةِ دُعِىَ مِنْ بَابِ الصَّلاَةِ ، وَمَنْ كَانَ مِنْ أَهْلِ الْجِهَادِ دُعِىَ مِنْ بَابِ الْجِهَادِ ، وَمَنْ كَانَ مِنْ أَهْلِ الصِّيَامِ دُعِىَ مِنْ بَابِ الرَّيَّانِ ، وَمَنْ كَانَ مِنْ أَهْلِ الصَّدَقَةِ دُعِىَ مِنْ بَابِ الصَّدَقَةِ
siapa saja yang berinfaq dengan harta nya di jalan Allah maka ia akan dipanggil dari pintu-pintu surga, ‘wahai hamba Allah, inilah kebaikan.’ Maka muslim yang termasuk golongan pecinta shalat dipanggil melalui pintu shalat. Muslim yang termasuk golongan pecinta jihad dipanggil melalui pintu jihad. Muslim yang termasuk golongan pecinta puasa dipanggil melalui pintu Ar-Rayyan. Dan muslim yang termasuk golongan pecinta sedekah dipanggil melalui pintu sedekah.” 

Dalam sebuah hadist, abu ubaidah berkata, bahwa Rasulullah muhammad salallahualaihiwasalam bersabda jika seseorang bersaksi bahwa tidak ada yang ber hak disembah kecuali Allah, dan muhammad adalah utusan Nya dan hamba Nya, isa adalah utusan Nya dan Kalimat Nya yang ditiupkan pada maryam dan diciptakan Nya. Surga adalah benar, dan neraka adalah benar .Allah akanlah memasukannya ke dalam surga melalui 8 pintu surga manapun yang ia sukai. 


9. PINTU SURGA DUNIA
Pintu ini dapat dimasuki oleh siapapun baik dari golongan kafir ataupun muslim. Asalkan memiliki karakter tangguh pejuang dan sedikit keberuntungan Allah pasti akan memberikan kunci pintu ini. Nama / jenis Pintu ini tidak tercantum dalam hadist dan al quran, karena pintu ini memang tidak ada, hanya sekedar kiasan atau majas hiperbola untuk menggambarkan kenikmatan dan kemewahan hidup di dunia.

8.1. Pintu Shalat / Baab As-Salaat
Pintu bagi muslim yang mencintai Shalat, Tepat waktu, Khusyuk dan tertib sholat berjamaah


7.2. Pintu Jihad / Baab Al-Jihad
Pintu bagi para syuhada yang gugur membela negara agama islam dijamin oleh Allah dimasukkan ke dalam surga melalui pintu ini. Perlu dicatat bahwa al quran memberi petunjuk pada kita agar memecahkan masalah melalui jalan damai, jihad hanya bila dalam situasi terjajah. Semoga Allah memberi kemenangan pada taliban, al qaedah, atas penjajah amerika, rusia, dan anjing anjing nya. 

6.3. Pintu As Sadakoh / Baab As-Sadaqah
Pintu bagi mereka yang mencintai amalahn sodakoh ataupun infak. Banyak golongan manusia yang memiliki hak atas harta kita, diantaranya : istri, anak, mujahidin, yatim piatu, dhuafa, musafir dan mualaf.


5.4. Pintu Puasa / Baab Ar-Rayyaan
Pintu ini terbuka bagi golongan muslim yang senantiasa melakukan puasa sunnah dan puasa wajib ramadhan.

Dari Sahl ibnu Saad ra, dari Rasulullah muhammad shalallahu alaihi wa salam, dia mengatakan, “Surga terdapat delapan jenis pintu. Di antara pintu itu ada yang diberi nama pintu Ar Rayyan yakni hanya  dapat dimasuki oleh muslimin yang suka berpuasa.” (HR. Bukhari no. 3257)

4.5. Pintu Haji / Baab Al-Hajj
Bagi mereka yang pernah berhaji diperkenankan masuk melalui pintu ini

Dalam sebuah hadist shahih Rasulullah menyebutkan terdapat 8 pintu surga tapi hanya menyebutkan nama nama dari 4 pintu surga. Ibnu Hajar rahimahullah berpendapat  :  pemberian nama nama pintu surga berasal dari Rukun Islam , dari  beberapa nama yang telah disebutkan tersisa haji yang adalah pintu istimewa  untuk orang yang pernah berhaji. Inilah pintu kelima. 


3.6. Pintu Baab Al-Kaazimeen Al-Ghaiz Wal Aafina Anin Naas
Pintu ini disediakan bagi muslim yang mampu menahan amarah dan pemaaf.
 pintu Al-Kazhimina Al-Ghaizha wa Al-Afina ‘an An-Naas ini tercantum dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, hadist berasal dari Rawh bin ‘Ubadah dari Asy’ats, dari Al-Hasan Al-Bashri secara mursal, “Sesungguhnya Allah memiliki sebuah pintu di surga, tidak dimasuki kecuali oleh muslim yang memaafkan kezaliman


2.7. Pintu al ayman / Baab Al-Iman
Pintu ini diperuntukkan bagi mereka yang teguh keimanan nya, dan bertakwa, konsisten terhadap perkara yang halal dan haram

Imam nawawi mengatakan, terdapat pintu surga lainnya yang disebutkan dalam hadits yaitu pintu taubat, pintu Al-Kazhimina Al-Ghaizha wa Al-Afina ‘an An-Naas, Pintu Ridha. Berarti total ada tujuh nama pintu yang disebutkan dalam berbagai hadits. Sedangkan 70.000 orang yang telah dijamin masuk surga tanpa hisab akan masuk melalui pintu Al-Ayman. Itulah pintu kedelapan.” (Shahih Muslim, 7: 106-107)

1.8. Pintu dzikir / Baab Al-Dhikr
Mereka yang hatinya senantiasa mengingat Allah, dan lisan nya diperbanyak untuk ber dzikir. Pintu Dzikir ini sebagaimana yang diisyaratkan dalam riwayat Tirmidzi. Bisa  pula dinamakan Pintu Ilmu. Wallahu a’lam


Pintu Dan "Bidadari" penghuni Neraka

Nabiyullah muhammad Rasulullah salallahu’alaihi wa salam bersabda
 اطَّلَعْتُ فِي الْجَنَّةِ فَرَأَيْتُ أَكْثَرَ أَهْلِهَا الْفُقَرَاءَ وَاطَّلَعْتُ فِي النَّارِ فَرَأَيْتُ أَكْثَرَ أَهْلِهَا النِّسَاء
 (رواه البخاري 3241 ومسلم 2737)
 “aku ditampakkan suasana di dalam surga. ku lihat  mayoritas penghuninya merupakan kaum fakir. Lalu aku ditampakkan neraka. Kulihat mayoritas penghuninya wanita wanita.”
(HR. Bukhari, 3241 dan Muslim, 2737)
  • 1. Pintu Neraka, Jahanam (Tawbah: 81 ) , (Nisaa':56)
  • 2. Pintu Neraka, Ladha' (Ma'arij:15) 
  • 3. Pintu Neraka, Saqar (Mudathir: 26-30) (Mudathir:40-47) 
  • 4. Pintu Neraka, Hutamah (Humazah: 4-9) (Mursalat: 32-33) 
  • 5. Pintu Neraka, Jaheem (Al Haqq: 30-34) 
  • 6. Pintu Neraka, Sa'eer (Mulk: 10-11) 
  • 7. Pintu Neraka, Haawiyah (Al Qa'riah: 8-11) 

Comments