isis Semakin Kuat Di Afghanistan



Tentara khalifah imam mahdi, al qaeda , tumbuh berkembang di kawasan kawasan konflik, yaman, somalia, libya, mali utara, afghanistan, Tapi Hal ini dimanfaatkan pula oleh isis , anjing anjing pemberani dari padang pasir ini turut menancapkan bendera nya di bumi jihad khurasan, afghanistan. Setelah menderita beberapa kekalahan di kota mosul irak, raqqah suriah dan kehilangan wilayah yang cukup luas di iraq dan suriah, isis justru terlihat semakin kuat di kawasan utara afghanistan. 

isis diduga terlibat dalam meningkatnya angka serangan pada tentara bayaran amerika di bulan ini. Mereka merekrut ratusan pasukan tambahan, mentargetkan tentara salib dan penduduk syiah hazara,  suku minoritas di afghanistan, ber populasi sekitar 9% dari total populasi negara. Hazara memiliki hubungan politik yang kuat dengan iran dan russia. Hal ini menjadi kekhawatiran pihak amerika, akan memicu iran-russia masuk dalam kancah perang khurasan.

Dalam serangan terbaru mereka kemarin, pada sebuah desa di provinsi utara, sar e pul, digambarkan sebagai kejahatan perang oleh presiden kabul, ashraf ghani. Juru bicara mengatakan isis bersama dengan pasukan gabungan taliban membantai lebih dari 50 penduduk sipil syiah. Tapi hal ini segera dibantah oleh taliban.

Dua minggu sebelumnya serangan ganda oleh isis ditujukan pada kedutaan irak di kabul, dan masjid syiah di herat , hingga 200 korban jiwa, isis mengklaim serangan ini sebagai serangan balasan pada syiah yang melakukan pembantaian muslim sunni di mosul irak dan raqqah suriah

Comments