4 Cara Mencegah Covid19 Pada Penderita Diabetes

Seorang penderita Diabetes dengan kadar gula darah yang tidak terkontrol, lebih rentan terpapar virus korona , hal ini disebabkan menurunnya sistem imun tubuh dalam melawan virus bakteri. Jumlah Gula dalam darah yang berlebih dapat melumpuhkan sel darah putih, sehingga menurunkan kinerjanya sebagai anti bakteri dan anti virus. Tak hanya berpengaruh pada sistem imun , gula darah yang tidak terkontrol juga dapat melemah kan organ dalam tubuh penderita diabetes. Diantara nya menurun nya fungsi paru paru.

Virus covid19 juga dikenal menyerang sistem pernafasan penderita, oleh karena itu diperlukan upaya meningkatkan daya tahan sistem pernafasan dan metabolisme tubuh. Berikut ini beberapa upaya yang dapat kita lakukan

1. Menghindari rokok, kerupuk, Gorengan dan udara dingin AC . Ini dapat memicu gangguan saluran pernafasan, semisal asma, yang bisa kita jadikan indikasi apakah fungsi sel paru paru telah menurun. Ini Terbukti pada Kondisi Kesehatan Walikota banjarbaru, nadjmi adhani seketika langsung semakin memburuk beberapa menit setelah makan bubur ayam + KERUPUK, dan dinyatakan meninggal, padahal sebelum nya sempat membaik dan bahkan memberikan pernyataan di sebuah video, memotivasi masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dan jangan menyepelekan virus korona

2. Olahraga , Berjemur matahari pagi setiap hari. Dan perbanyak air putih.

3. Kendalikan gula darah , yakni kurangi konsumsi karbohidrat. ... karbohidrat adalah gula. Misal : BUBUR ayam, nasi putih, jagung , kentang, tepung terigu dll .. Walikota banjarbaru diketahui juga sebagai seorang penderita diabetes. Pada pagi menjelang wafat nya , beliau sempat sarapan bubur ayam dan kerupuk, pastinya langsung meningkatkan gula darah nya. Meskipun disuntik insulin sekalipun , kadar gula dalam bubur nasi terlalu tinggi, tidak dapat dinetralisir dan menormalkan gula darah.

4. Turunkan berat badan. Tapi bagi sebagian penderita diabetes , berat badan justru menurun drastis . Kontrol berat badan diangka ideal.

.

Penulis : erza Spi M.M.

Comments

Popular Posts