7 Makanan Ibu Hamil, Bergizi Dan Tepat


 Porsi dan Jenis Makanan untuk ibu hamil tentunya jauh Berbeda dari sebelum kehamilan. Diperlukan upaya untuk Meminimalisir resiko kehamilan, agar janin tumbuh menjadi bayi yang  cerdas , sehat dan normal. Yakni Mencukupi kebutuhan Gizi untuk 2 orang, yakni ibu dan janin sehingga bisa mengurangi beberapa keluhan kesehatan semisal anemia dan beragam dampak yang kurang menyenangkan selama kehamilan , semisal morning sickness dan kecapekan.

Makan makanan yang tepat juga dapat meningkatkan suasana hati agar tetap tenang dan bahagia selama 9 bulan mengandung calon buah hati hingga hari kelahiran. diantara beberapa makanan yang baik untuk ibu hamil adalah :

1. Protein hewani dan protein nabati : Daging tapi buang lemak nya, daging ayam tanpa kulit, telur matang (agar terhindar dari bakteri) , tahu, Kacang hijau

2. Vitamin C, Jeruk manis, sangat baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh dan memperbaiki sel sel di lambung agar tidak luka/ sariawan pada lambung atau usus. Sebaiknya tidak memilih buah yang terlalu asam semisal tomat.

3. kalsium : susu pasteurisasi semisal bearbrand, 

4.Zat besi : Bayam, Hati (hati hati bila bunda asam urat, mencegah agar janin tidak sakit asam urat di kemudian hari, sebaiknya jangan berlebihan mengkonsumsi sayuran hijau pekat dan kacang kacangan)

5. Asam Folat : Buah bit, buah naga yang dalam nya merah, 

6. zinc : zat ini terdapat pada udang, kepiting... tapi hati hati bila orangtua alergi terhadap seafood, bisa berpengaruh pada janin... saya pribadi alergi pada kepiting, saya menganjurkan istri saya novia agar tidak mengkonsumsi kepiting.

Ada makanan yang dianjurkan , ada pula makanan yang wajib dihindari. semisal susu tanpa proses pasteurisasi, telur mentah, sayuran mentah, junk food, snack berbahan pengawet ( tinggi fosfor / sampah dalam darah) semisal susu cokelat, es krim cokelat, keripik cokelat. 

Comments

Popular Posts