Pengaruh Korona Terhadap Kesehatan Jiwa Ibu Hamil


by : erza Spi M.M. -- Pandemik korona ini menjadi ujian berat bagi setiap orang. Tak terkecuali bagi ibu hamil , yang mungkin membutuhkan perjuangan lebih agar janin tetap terkondisikan selaamat dan sehat. Ketentraman batin dan kesehatan mental jadi salah satu kunci kesehatan pertumbuhan janin. Beberapa hal yang mungkin membebani pikiran ibu hamil diantaranya : keamanan ekonomi, keterbatasan aktifitas kerja menjadikan tak bisa maksimal dalam mencari rejeki, disini peran suami sangat besar sebagai penopang pondasi "kesehatan mental" keluarga. yakni mencukupi kebutuhan istri dan janin . 

dr. Novia Cindrawasih Sp.Kj seorang psikiater mengungkapkan kekhawatirannya : satu hal yang saya sadari dan perhatikan, meningkatnya pasien wanita dengan keluhan kecemasan dan depresi akibat pandemik korona, sebagian besar didominasi masalah keuangan suami, yang banyak terkena PHK. tak hanya didominasi ibu hamil saja tapi juga banyak pasien wanita muda yang baru menikah

Pada Kasus lain, keterbatasan ruang gerak karena social distancing juga cukup meracuni pikiran ibu hamil. Tak lagi bisa rutin melepas penat yakni rekreasi saat week end, atau pun shopping berjam jam di mall. Banyak kita dapati tempat rekreasi, taman wisata, bioskop yang harus tutup atau membatasi jumlah pengunjung. 


Tak banyak solusi yang disampaikan dr.Novia Cindrawasih Sp.Kj , hanya beberapa saran agar tetap positif mengendalikan pikiran, istirahat cukup, makan makanan bergizi untuk nutrisi otak, dan rajin membaca al Quran, WAJIB ... Vitamin C pada jeruk manis dan kandungan gizi pada air kelapa juga disinyalir menjadi faktor penting menjaga kesehatan otak kita lho. 

Comments

Popular Posts