17 Cara Menidurkan Bayi Dan Balita


Merawat Si mungil Cukup menyita banyak pikiran, perhatian dan waktu, oleh karena itu tak hanya bunda saja yang kerja keras memperhatikan kebutuhan bayi, tapi juga dibutuhkan peran ayah atau bahkan kakek nenek sebaiknya juga turut membantu lho. Coba bayangkan saat malam bunda cantik tidur, setelah lelah seharian melakukan pekerjaan rumah dan merawat bayi, lalu tiba tiba terdengar tangisan , tentu akan sedikit bikin pusing, dan tak baik pula bagi kesehatan bunda kan. 

Newborn Baby, Pasti akan sedikit ada masalah pada jadwal tidur, karena memang dibutuhkan hingga 18 jam tidur dalam sehari, masih belum teratur akan terbangun atau tertidur pada jam berapa, dan seringnya pasti akan terbangun pada malam hari. Sebab itu dibutuhkan teknik khusus untuk mengatasinya.

CARA MENIDURKAN BALITA

dr. Novia Cindrawasih Msi mengatakan, bayi berusia kurang dari 1 bulan akan tidur antara 8 hingga 18 jam dalam sehari dengan pola jadwal yang tidak pasti, pola tidur akan lebih terjadwal saat baby telah menginjak usia 2 atau 3 bulan. Pada usia tersebut bayi terbangun diantara jadwal menyusui yakni setiap 5 jam , yakni saat bayi merasakan lapar, popok lembab basah karena ngompol, terkadang bila bayi terasa gatal ruam pada bagian tertentu juga menjadi sebab baby sulit bobo. 

CARA MENIDURKAN BAYI

Mari Kita Coba Tips Menina Bobo kan Bayi Yang Kesulitan Tidur, Agar Waktu tidur lebih terjadwal

11. Berikan Pijatan Lembut (Dielus atau dibelai saja)
Memberikan belaian lembut pada bagian punggung atau daerah yang rawan gatal, pada lipatan pinggang popok. Mulai sentuhan lembut pada bagian kepala hingga kaki, memberikan dampak relaksasi kenyamanan, bisa ditambahkan baby oil saat memijat lembut.

12. Suhu Ruangan Yang tepat
Pengaturan Suhu ruangan disesuaikan dengan cuaca di kota kamu, bila tinggal di kota surabaya , suhu harian rata rata 32 derajat tentu tidak cocok dengan baby, karena terlalu panas, pastikan terlindungi dari sengat cahaya matahari langsung, selalu berada ditempat teduh. Bila ingin menjemur saat matahari pagi jangan terlalu lama, wajib setiap hari tapi jangan lebih dari 15 menit antara jam 7 hingga 7.15 saja ya

13. Design Kamar Yang Tepat Dan Nyaman
Nyamuk menjadi musuh utama bayi, selain karena membawa bakteri virus, gigitan nyamuk juga membuat bayi tidak nyaman. Pastikan alas tidur bayi lembut, dan dicuci bersih . Pastikan ruang kamar tidak lembab agar tidak mengganggu sistem pernafasan bayi.Letakkan bayi tidak tepat dibawah lampu , karena mata bayi sangat sensitif , kasihan lho.

14. Sedia Obat Dan Alat Kompres
Suhu tubuh bayi bisa saja tiba tiba berubah, karena terjadi infeksi bakteri atau pun karena virus flu. Oleh karena itu bunda harus sedia kompres sachetan dan juga antibiotik anak dan  juga paracetamol anak. ... Perhatikan juga kondisi kesehatan mulut bayi, terkadang basuh lidah bayi saat selesai menyusui dengan kapas hangat agar tidak timbul semacam sariawan putih bekas ASI, ini sangat menyakitkan bagi bayi, akan membuat rewel pastinya

15. Perhatikan Kebersihan Baju Bayi
Selalu periksa kondisi popok bayi  dan ruam kulit pada setiap lipatan tubuh bayi, karena kondisi kesehatan kulit bayi juga menjadi penyebab rewel atau tidak nya bayi.

16. Atur Jadwal Tidur 
Cara mengatur jadwal tidur tidaklah sulit lho, saat sore atau menjelang tidur, ajaklah bayi ngobrol atau sedikit bermain main ciluk ba atau pancing tertawa, agar saat jadwal tidur bayi sudah terlalu lelah untuk membuka mata nya dan tertidur saat tiba waktu jadwal tidurnya di malam hari. ini mungkin bisa di implementasikan pada bayi berusia 3 bulan.

17. Bacakan Ayat Ayat Suci AlQuran
Bunda sebaiknya mulai hafalkan surat surat pendek di dalam alQuran, di Juz 30 . ... insya Allah bayi akan tenang, nyaman, semakin cerdas, sehat rohani dan jasmani, amin 

Comments

Popular Posts