7 Bahaya Cokelat Untuk Ibu Hamil


Para pakar kesehatan Telah banyak melakukan riset atau penelitian tentang manfaat cokelat untuk kesehatan, dan juga bahaya mengkonsumsi cokelat saat kehamilan. Diantaranya dapat mencegah terjadinya preeklamsia dan bahkan menjadi pemicu atau penyebab terjadi nya diabetes gestasional pada ibu hamil. Sepotong cokelat yang kita konsumsi mengandung zat yang berBahaya dan juga terdapat Manfaat untuk kesehatan , ibaratkan meminum obat yang telah tercampur dengan racun.

Dark cokelat sejenis cokelat berwarna hitam, memiliki ciri khas rasa yang sedikit pahit, karena itu kandungan gula nya   tidak lah terlalu tinggi, tapi kandungan karbohidrat nya terbilang tinggi. Karbohidrat adalah gula, terkonfersi 100% menjadi gula di dalam system pencernaan kita untuk dirubah menjadi energy. Mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah banyak sama saja dengan mengkonsumsi gula dalam jumlah yang banyak pula.

Manfaat Cokelat untuk Ibu Hamil

1. Mencegah terjadi nya preeklamsia

Disamping efek buruk nya yang mengerikan terdapat pula manfaatnya. Mengkonsumsi Dark cokelat pada bulan ke 3 kehamilan dapat menurunkan resiko pre eklamsia, cukup 100gr per minggu selama 1 bulan. Namun , penelitian ini masih dalam kajian ulang dan perlu dilakukan uji kesehatan tahap selanjutnya. 

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

Bagi bunda yang memiliki riwayat kesehatan tekanan darah tinggi , mengkonsumsi Dark cokelat selama kehamilan dapat menurunkan tekanan darah tinggi , namun dampak nya tidak terlalu terasa ataupun tidak dapat dijadikan sebagai obat hipertensi. Karena kandungan lemak di dalam cokelat disinyalir dapat mengganggu kesehatan pembuluhdarah .

3. Bahan Pembentuk Sel darah merah

Terdapat kandungan magnesium dan zat besi  yang cukup tinggi di dalam 1 takar saji dark cokelat, kedua zat mineral ini sangat penting untuk ibu hamil. Magnesium berfungsi sebagai zat yang dapat mencegah kontraksi terlalu dini. Zat besi , asam folat , B12 berfungsi sebagai bahan bahan utama pembentukan sel darah merah, dan memperkaya pasokan zat gizi serta oksigen ke dalam tubuh bayi di dalam kandungan

4. Pendukung Tumbuh kembang Bayi

Konsumsi Dark Cokelat seminggu sekali sebanyak 40 gr cukup sebagai suplemen tambahan pendukung tumbuh kembang bayi, 

5. Anti Depresan 

Perubahan hormon perempuan selama kehamilan dapat berpengaruh pada kondisi kejiwaan, meningkatkan tingkat kecemasan, ketidakstabilan suasana hati, mudah tersinggung dan emosi, atau bahkan kesedihan yang berlarut larut. Mengkonsumsi Dark cokelat dapat menurunkan resiko dampak kesehatan yang mungkin ditimbulkan dari pengaruh pikiran.

6. Zat Fosfor, zat ini sangat berbahaya bila dikonsumsi terlalu berlebihan, karena dapat menjadi penyebab gangguan pertumbuhan tulang janin dalam kandungan

7. Diabetes Gestasional, Sebaiknya hindari konsumsi cokelat jenis apapun karena mengandung kadar lemak dan karbohidrat yang cukup tinggi , yang dapat berpengaruh langsung pada respon tubuh terhadap insulin yang diproduksi oleh pancreas, bila terjadi gangguan respon sel sel tubuh terhadap insulin maka terjadi penyakit diabetes gestasional selama kehamilan. Ini berbahaya bagi bunda dan organ organ penting si mungil di dalam Rahim.

Manfaat cokelat untuk kesehatan
Bahaya Coklat untuk kesehatan

Comments

Popular Posts