7 Bahaya Gula Untuk Kesehatan


 Gula merupakan karbohidrat, setiap karbohidrat yang kamu makan berarti sama dengan mengkonsumsi gula. Zat ini dibutuh kan tubuh sebagai energi agar tidak lemas saat beraktifitas, tetapi bila berlebihan tentu berdampak buruk bagi kesehatan. Konsumsi gula yang terlampau banyak dalam sehari dapat memicu beragam penyakit, seperti diabetes tipe 2 seperti yang saya derita saat ini, gangguan kinerja jantung, sakit kanker , obesitas , kulit keriput cepat tua dan kerusakan gigi permanen. Penyakit tersebut merupakan hasil dari akumulasi konsumsi gula kita yang berlebihan setiap harinya, tak terasa kita sedang mendzolimi tubuh kita sendiri. 

Banyak jenis makanan yang mengandung gula , meskipun tidak manis ternyata terdapat gula tersembunyi di setiap makanan kita, khusus nya makanan pokok kita, semisal nasi, gorengan tepung, minuman kemasan, semua nya mengandung karbohidrat / gula yang tinggi. Kita perlu waspada terhadap makanan makanan dan minuman tertentu agar tidak menyesal seperti saya dikemudian hari yang telah terlanjur terserang penyakit yang mustahil untuk disembuhkan, diabetes tipe 2. Mari kita perhatikan tips cara membatasi konsumsi gula :

1. Batasi minuman kemasan, 

Jenis minuman kemasan mulai dari susu , soda, teh , sari buah, jus, cokelat mengandung gula yang gila gilaan, sangat ngawur takaran nya, sama sekali tidak mempertimbangkah aspek kesehatan, asalkan nikmat di lidah . Bila menginginkan susu, atau jus sebaiknya bikin sendiri saja di rumah , apalagi susu untuk anak sebaiknya tidak diberikan susu kotak kemasan, karena mengandung pemanis buatan yang sangat tinggi kadar gulanya. Pecinta gula secara kasat mata bisa dilihat dari postur tubuhnya , pada umum nya terlihat gendut, atau tidak proporsional

Pilih air putih sebagai penetralisir gula dalam tubuh, perbanyak minum air putih agar tubuh segera membuang kelebihan gula dalam tubuh melalui metabolisme tubuh.

2. Camilan ber karbohidrat tinggi

Perlu kita ingat , karbohidrat adalah gula, segala jenis karbohidrat yang kita masukkan ke dalam mulut kita akan terkonfersi menjadi gula saat masuk ke dalam saluran pencernaan kita, hindari lah makanan camilan yang mengandung tepung , semisal kue, roti, keripik kerupuk, es krim. bila pun sangat menginginkan , tentukan jadwal khilaf , misal kan hari minggu saat sebelum olahraga rutin, diimbangi dengan banyak air putih dan aktifitas . Jadikan buah buahan sebagai camilan kita, misal pepaya wajib tersedia setiap hari karena bagus untuk kesehatan pencernaan.

3. Saos tomat, kecap, mayones sangat tinggi gula


saya pribadi adalah penderita diabetes tipe 2, sangat menghindari saos tomat, kecap meski ber merk terkenal yang notabene dari buah tomat asli, tetap saja tubuh ni langsung adem panas , meriang bila makan saos tomat, karena tubuh penderita diabetes seperti saya tidak mampu mentoleransi kelebihan gula yang masuk ke dalam tubuh. bila menginginkan sambal sebaiknya bikin sendiri saja ya. bila untuk anak sebaiknya jangan makan menggunakan saos tomat, kecap, sangat mengerikan kandungan gulanya. 

4. Kenali gejala diabetes

Bila kamu memiliki riwayat dalam keluarga yang terkena penyakit diabetes , maka patut waspada, tapi meskipun dalam keluarga tidak memiliki riwayat juga tetap waspada, karena gejala diabetes bermula dari pola makan yang buruk dan pemalas, tak banyak aktifitas tubuh. gejala awal diabetes bisa bermula dari sering kencing di malam hari, gusi berdarah, sering pusing, gendut dan lain lain banyak deh . 

Comments

Popular Posts