7 Bahaya Jengkol Dan Petai Untuk Kesehatan


 Bagi sebagian kita petai dan jengkol bak makanan surgawi, sangat nikmat terasa di lidah . Beragam resep masakan dan makanan olahan yang berbahan dasar petai dan jengkol. Selain karena rasa nya ternyata petai juga memiliki manfaat untuk kesehatan kita. terdapat zat zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, diantaranya dapat menetralisir tekanan darah tinggi atau hipertensi, mengontrol gula dalam darah , mencegah diabetes, dan juga memiliki zat antioksidan yang dapat mencegah timbulnya penyakit kanker.

Segala jenis makanan apapun bila dikonsumsi berlebihan tentulah tidak baik bagi kesehatan, tak terkecuali petai dan jengkol. Bahkan dapat menyebabkan penyakit penyakit kronis. Terdapat senyawa kimia dan kandungan zat yang dapat membahayakan organ dalam tubuh manusia, dan sangat tidak dianjurkan dikonsumsi oleh anak dibawah umur dalam takaran berapapun, meskipun sedikit.

dr. Novia cindrawasih Msi, mengutarakan pendapatnya perihal konsumsi jengkol dan petai, : penggemar petai sebaiknya waspada dan tidak berlebihan mengkonsumsi petai dan jengkol karena dapat berdampak pada ginjal kita, kesehatan dan kemampuan ginjal akan menurun secara berkala, dan umumnya tanpa disertai gejala, tiba tiba saja terasa lemas, tubuh keracunan dan tak terselamatkan. Oleh karena itu nikmati petai dan jengkol sewajarnya saja.


Bahaya petai Untuk Kesehatan

1. Bau Mulut

Meski memiliki banyak penggemar, banyak juga yang tidak menyukai nya karena aroma nya yang sangat mengganggu, menyebabkan bau mulut yang menempel lama di mulut kita, membuat orang di sekitar kita tidak merasa nyaman saat ngobrol dengan kita. Terlebih lagi jika memakan petai tanpa dimasak, langsung dimakan mentah sebagai lalapan

2. Gangguan Organ Pencernaan

Terdapat zat tertentu di dalam petai yang dapat memicu pertumbuhan bakteri lambung, helicobacter pylori, oleh karena itu tak jarang dapat memicu rasa sakit perut dan infeksi pada lambung dan usus. Sebaiknya tidak mengkonsumsi petai atau jengkol mentah , setidaknya untuk menetralisir zat yang tidak dibutuhkan tubuh.

3. Menyebabkan Pusing

Bakteri yang terdapat di dalam petai dan jengkol mentah dapat memicu asam lambung naik, dan tentunya menyebab kan perut terasa mual muntah terus menerus dan pusing. dapat dinetralisir dengan minum air kelapa. 

4. Penyebab Asam Urat / Urid Acid dalam darah tinggi

terdapat zat purin yang tinggi dalam jengkol dan petai yang menjadi faktor utama pemicu tingginya asam urat dalam darah kita. saat asam urat dalam tubuh kita meningkat biasanya ditandai dengan rasa pegel linu pada sendi sendi lutut jari kaki, terkadang bahkan menimbulkan bengkak. biasanya dokter akan memberikan obat allopurinol sebagai penetralisir asam urat berlebihan di dalm darah, tetapi bila dikonsumsi berlebihan tentu berbahaya bagi ginjal kita. Mungkin bisa dinetralisir dengan buah sirsak, banyak yang sudah mencoba dan efektif menurunkan asam urat kita. Asam urat juga dapat menyebabkan timbul nya benjolan kecil berwarna putih di dalam kulit kita, atau biasa kita sebut tophi. Jadi, sebaiknya kontrol konsumsi jengkol agar kadar asam urat dalam darah kita terjaga, atau setidaknya tidak menabung penyakit yang berdampak buruk di kemudian hari, dan menyesal.

5. Rematik, dan Gangguan sendi permanen.

rematik menjadi masalah yang cukup mengganggu aktifitas kita sehari hari, jika dibiarkan atau diabaikan demi memanjakan lidah kita, maka akan mengorbankan kesehatan sendi sendi kita secara permanen


6. Penyakit Ginjal

Makan petai dan jengkol berlebihan dapat memicu penyakit ginjal, menurunkan fungsi nya yang dapat berakibat fatal di kemudian hari. Kandungan asam folat dan asam jengkolat yang tinggi dapat mengganggu fungsi ginjal secara berlahan. tanpa kita sadari segala nya telah terlambat. Penyakit gagal ginjal hingga kini masih belum ada obatnya, karena kondisi ginjal yang rusak , perlu dilakukan transplantasi ginjal sebagai satu satu nya cara menuju kesembuhan selain dengan cuci darah secara rutin 2x seminggu. Jangan terlalu terlena dengan nikmatnya jengkol

Bahaya Makan Jengkol

Comments

Popular Posts