7 Bahaya Mie instan untuk kesehatan


 Mie instan menjadi pilihan utama , saat dirumah tidak ada makanan , atau sedang malas masak dan tidak ingin repot repot keluar rumah membeli makanan. Murah, Praktis dan banyak tersedia disekitar kita, cukup 1 atau 2 bungkus saja sudah bikin kenyang saat jadwal makan besar, bisa dicampur telur atau sayuran bikin semakin nikmat. Mie instan juga bisa dijadikan sebagai pengganti nasi, ditambahkan lauk ayam goreng atau ikan goreng juga pas dan nikmat lho. 

Mie instan cukup digemari berbagai kalangan, mulai dari balita hingga lanjut usia ,  tak sedikit yang menjadikannya sebagai menu harian, untuk sarapan,  makan siang bahkan camilan sebelum tidur. Terdapat kandungan nutrisi di dalam mie instan yang baik untuk kesehatan , tapi lebih baik bila dikonsumsi hanya seminggu sekali atau sebulan sekali saja.  Mie instan berbahan dasar tepung , garam dan minyak , aman untuk kesehatan, tapi kandungan sodium atau monosodium Glutamat sangat tinggi, zat ini sangat berbahaya bagi kesehatan. 

Kandungan Protein dan serat pada mie instan sangat rendah , dalam satu bungkus mie instan didominasi oleh lemak, karbohidrat gula yang tinggi dan natrium yang dapat membahayakan kesehatan jantung. bila tidak diimbangi oleh serat sayuran , buah dan air putih yang cukup dapat berakibat pada berbagai penyakit kronis

Bahaya Mie instan 

1. Masalah Organ Pencernaan

Untuk menjaga kesehatan Sistem pencernaan dibutuhkan jenis makanan yang kaya serat, rendah lemak dan tidak terlalu asam/pedas. Meminimalkan resiko terjadinya Maag akut, asam lambung naik, GERD . gejala penyakit penyakit sistem pencernaan dapat mempengaruhi seluruh tubuh, semisal GERD dapat menyebabkan perut seperti tersayat, pusing, mata rabun, ulu hati sakit, Infeksi saluran kemih, beragam penyakit dan keluhan diakibatkan oleh gangguan di lambung.

2. Monosodium Glutamat / MSG

Kandungan MSG di dalam sebungkus mie instan terbilang tinggi, MSG Tidak baik bagi kesehatan tapi setiap masakan terasa kurang nikmat bila tanpa menggunakan MSG. nikmat di lidah namun tak terasa nikmat di tubuh, dapat memicu beragam penyakit, semisal kanker , diabetes , asma

3. Natrium / Garam Tinggi

Tak hanya MSG yang membahayakan kesehatan Jantung, Terlalu tinggi asupan Natrium juga memicu masalah jantung, stroke, tekanan darah tinggi, dan Gagal ginjal. Batasi asupan natrium / garam, agar ginjal dan jantung awet.

4. Penyakit Asma dan kanker

Mie instan menjadi salah satu penyebab penyakit kanker , karena kandungan zat lemak, kolesterol , TBH dan BHA yang sifatnya karsinogenik. Organ pencernaan membutuhkan proses yang lama untuk mencerna sebungkus mie instan, sehingga zat zat berbahaya di dalam mie instan terjebak lama di dalam tubuh, Ginjal pun kesulitan menyaring zat berbahaya di dalam mie instan. 

5. Penyakit Gula, Diabetes Militus

Karbohidrat adalah gula, saat dicerna di dalam organ pencernaan terkonfersi 100% menjadi gula. Konsumsi tepung terigu dan nasi putih berlebihan dapat memicu resistensi insulin, sehingga dapat berakibat pada penyakit diabetes

6. Batu Ginjal

Penyebab terbentuknya batu pada ginjal bervariasi, batu ginjal ada yang tersusun/terbentuk dari kalsium, acid , bahkan ada yang terbentuk dari natrium. Kandungan natrium dalam mie instan sangat tinggi, dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

7. Kelainan Kejiwaan

Natrium dapat mempengaruhi reaksi kimia di otak kita. sehingga dapat meningkatkan resiko depresi, gangguan tidur, kecemasan berlebihan. 

Comments

Popular Posts