7 Buah Untuk Ibu Hamil, Sehat Dan Aman


Menambahkan buah dalam menu harian ibu hamil merupakan hal yang wajib. Namun, ternyata tak semua jenis buah aman bagi ibu hamil dan janin dalam kandungan. Zat gizi dalam buah sangat dibutuh kan oleh ibu hamil, banyak terdapat nutrisi yang tidak dapat ditemukan pada sayuran , lauk hewani, ataupun lauk nabati semisal tempe tahu. Oleh karena itu menjaga asupan buah buahan menjadi hal yang wajib bagi bunda yang sedang hamil. 

Berbagai macam zat gizi dapat ditemukan pada buah buahan, semisal asam folat yang berfungsi sebagai pendukung pembentukan sel darah merah, vitamin C sebagai peningkat daya tahan tubuh janin, beta karoten, kalium yang berperan sebagai perangsang dan aktivasi saraf saraf di tubuh janin, dan berjuta manfaat lainnya. Buah dianjurkan dikonsumsi sebagai makanan penutup atau camilan disela jadwal makan besar, 3 kali sehari.

Buah Untuk Ibu Hamil,

1, Buah Apel

Kandungan serat dan beberapa vitamin di dalam apel sangat dibutuhkan untuk perkembangan optimal bayi dalam Rahim. Vitamin A, Kalium dan Vitamin C, berperan aktif dalam pertumbuhan sistem daya tahan tubuh janin, serta, perkembangan otak dan pertumbuhan berbagai organ penting bayi. Sehingga dapat mencegah terjadinya kelainan saat kelahiran. 

2. Buah Pisang Dan Pepaya

Kedua buah ini memiliki keterkaitan dalam system pencernaan ibu hamil. Buah papaya berfungsi untuk mencegah terjadinya maag, GERD, asam lambung naik dan melancarkan BAB, sedangkan Pisang mencegah efek samping konsumsi papaya semisal mencret hingga dehidrasi. Zat kalium di dalam pisang dapat mengontrol keseimbangan cairan elektrolit di dalam tubuh, dan memaksimalkan kinerja otot , mengaktifkan jutaan saraf saraf yang tersebar di seluruh tubuh bayi. .. konsumsi pisang dan papaya wajib setiap hari ya bun

3. Buah Mangga

Sama dengan buah apel, juga terdapat zat multi vitamin di dalam buah mangga. Vitamin C dan Vitamin A berfungsi sebagai optimasi memaksimalkan daya tahan tubuh ibu hamil dan janin, mencegah dan mengobati penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Pastikan memilih buah mangga yang telah masak, karena mangga muda terasa sangat asam, dapat menaikkan produksi asam lambung yang dapat berakibat pada beragam sensasi rasa sakit semisal heart burn, pusing mual, dada kiri terasa nyeri

4. Buah Alpukat dan Kelapa

Buah alpukat dan kelapa memiliki peran penting dalam memaksimalkan pertumbuhan bayi, menaikkan berat badan janin di dalam Rahim. Buah alpukat kaya akan lemak nabati, jenis lemak HDL yang aman untuk pembuluh darah . sedangkan lemak di dalam air kelapa berfungsi sebagai penetralisir racun dan sisa pembuangan metabolism tubuh agar tidak mengendap di dalam organ vital ibu hamil dan janin agar tidak menghambat pertumbuhan nya. 

5. Jeruk Manis

Kandungan zat asam folat, serat, dan vitamin C sangat penting dan dibutuhkan untuk memaksimal kan tumbuh kembang janin, membantu meregenerasi sel , mencegah terjadi nya kerusakan sel dan meluruhkan kolesterol berlebih di dalam aliran darah. Vitamin C dalam jeruk memiliki ciri khas tertentu , yang dapat dijadikan obat dan pencegah terjadinya demam dan flu selama kehamilan.

6. Buah Tin

Buah ini disebutkan di dalam Al Quran , dan menjadi nama sebuah surah. Istimewa dan diberkahi, Buah favorit Rasulullah ini insyaAllah baik dan aman untuk ibu hamil. Tanaman buah tin mudah dijumpai di toko tanaman, harganya pun terjangkau. 

7. Buah Kurma

Buah kurma memiliki beragam manfaat, salah satunya untuk menjaga kadar trombosit di dalam darah di angka normal, untuk mencegah terjadi nya anemia, kurang darah. Nabi isa dan Nabi Muhammad sangat menggemari buah yang satu ini. Manis seperti permen cocok dijadikan sebagai camilan sehat pengganti snack snack manis yang tidak aman  bagi ibu hamil dan janin

Ditulis oleh dr. Novia Cindrawasih Msi


Comments

Popular Posts