7 Cara Agar Bisa Hamil, Cepat dan Tepat ?

  Setiap pasangan yang telah menikah pasti mendambakan kehadiran si buah hati, berbagai upaya dilakukan agar segera mendapatkan keturunan, mulai dari perbaikan nutrisi harian hingga rutin control atau kosultasi ke dokter . Jamu jamuan atau obat obatan herbal juga banyak tersedia di pasaran untuk mempercepat peluang kehamilan, meski terkadang kandungan zat yang terkandung didalam nya masih dipertanyakan keamanannya, berbungkus herbal belum tentu aman lho.

Seorang wanita memiliki peluang 17% hingga 30% pada tiap bulan nya untuk bisa hamil, yakni saat memasuki masa subur, Ovarium memproduksi sel sel telur secara optimal , namun sel telur tersebut hanya bisa aktif selama 1 hari saja setelah diproduksi, Oleh karena itu suami dan istri harus secara tepat memprediksi , menentukan atau menaikkan intensitas dalam berhubungan intim pada masa itu.

Masa subur terjadi hanya selama 14 hari sejak hari pertama memasuki periode haid, tapi dengan catatan siklus haid harus lah sehat atau normal yakni 29 hari. Masa subur agak sulit diprediksi bila bunda memiliki siklus haid yang tidak sehat, tapi umumnya dihitung hari pertama sejak dimulainya periode haid pada satu bulan. Faktor usia juga cukup menentukan dan sangat berperan dalam tingkat kesuburan bunda dan ayah.

Sperma ayah, akan bertahan selama 1 minggu di dalam tubuh bunda, oleh karena itu bila berhubungan intim seminggu sebelum memasuki masa subur maka sperma masih dalam kondisi baik di dalam tubuh bunda, sehingga saat terjadi masa produksi sel sel telur, telah siap untuk dibuahi.

Berhubungan intim Rutin dan Terjadwal

Sel sel telur yang dihasilkan selama masa subur hanya berpeluang kecil dalam mendapatkan kesempatan agar bisa dibuahi oleh sel sperma, maka perlu dimaksimal kan aktifitas funtime bunda saat memasuki empat atau lima hari sebelum masuk pada periode ovulasi dan saat pada hari H / periode ovulasi. Namun periode ini dapat berubah karena beberapa hal semisal pola hidup buruk, beban pikiran , dan kondisi kesehatan bunda. Pastikan bunda dan ayah dalam kondisi kesehatan optimal dan tidak stress,

Olahraga teratur

Olahraga menjadi salah satu upaya memaksimalkan peluang terjadinya pembuahan sel telur dan sel sperma, karena pada tubuh yang sehat terdapat system metabolism yang baik, Memperkuat kondisi dan lama hidup sel telur ataupun sel sperma di dalam tubuh bunda. Olahraga juga berfungsi untuk menjaga berat badan ideal, sehingga peluang kehamilan semakin besar. Namun olahraga yang terlalu berat dapat melemahkan sel telur dan sel sperma. Olahraga jalan santai atau bersepeda santai di pagi hari sembari menghirup udara segar dan sehat , pikiran pun juga terasa lebih fresh

Makan makanan bergizi

Masyarakat kita meyakini, mengkonsumsi kecambah dapat meningkatkan peluang kehamilan. Didalam kecambah dan sayur sayuran terdapat zat penting yang dibutuhkan untuk memperlancar proses terjadi nya pembuahan di dalam Rahim bunda. Zat asam folat, vitamin E bisa didapatkan pada sayuran dan suplemen makanan dalam bentuk tablet, sebaiknya dikonsumsi rutin selama program kehamilan. Kacang hijau, bayam, brokoli, kecambah, tauge, bisa dijadikan pilihan utama dalam menu makanan harian kita, bisa diolah menjadi beragam jenis masakan sehat

Hindari Makan makanan haram

Rokok tak hanya mendzolimi diri sendiri tapi juga orang di sekitar kita, sangat membahayakan kesehatan keluarga kita ataupun pasangan hidup kita. Berbagai penelitian telah membuktikan kandungan zat beracun di dalam asap rokok dapat menurunkan kesuburan dan melemahkan kondisi kesehatan Rahim bunda, meskipun bunda bukan perokok aktif, tapi tetap berdampak bila ada anggota keluarga kita yang”jahat” pada kita, merokok tanpa merasa berdosa pada orang sekitar hehe…  Minum minuman keras beralkohol dan softdrink minuman bersoda juga dapat memperbesar resiko kerusakan sel telur dan memperpendek lama hidup sel sel sperma.

Hindari Makan Makanan Berkafein tinggi, semisal kopi, teh kental.

Hindari makan makanan mentah , telur setengah matang. Karena terdapat banyak bakteri yang dapat menyebabkan infeksi semisal keputihan

Hindari konsumsi obat obatan

Cek kesehatan lengkap di laboratorium , agar dapat mengontrol kondisi kesehatan, semisal asam urat, kolesterol, gula darah, masa kesuburan, tes leukosit (untuk mengetahui apakah ada infeksi), dan segera obati bila sakit keputihan.

 

Comments

Popular Posts