7 Cara Mencegah Gagal Ginjal AKut


Ginjal bisa secara tiba tiba berhenti melakukan tugas nya pada kurun waktu yang terbilang singkat, sehari atau bahkan kurang dari itu) keadaan ini dikatakan sebagai GGA atau gagal ginjal akut. Sulit untuk diprediksi maupun diketahui pencegahannya karena terjadi secara mendadak. Namun ada beberapa upaya untuk memperkecil kemungkinan terjadinya gagal ginjal akut. 

Diperlukan upaya dan kepedulian agar ginjal tetap dalam kondisi baik dan berfungsi secara optimal, terutama bagi bunda yang sedang menderita penyakit diabetes militus dan hipertensi / tekanan darah tinggi, sedapat mungkin harus mengendalikan kadar gula dan tekanan darah agar tetap di angka normal. GUla darah haruslah pada kisaran angka 80 mg/dl hingga 130 mg/dl , sedangkan tekanan darah tidak lebih dari 140/90 . 

Diperlukan perawatan atau kepedulian secara periodic konsisten 24 jam , mengatur pola makan dan aktivitas agar tubuh tetap pada kondisi normal , dan ramah pada ginjal. Menghindari makanan tinggi garam dan berlemak, atur kondisi asam lambung kita , jangan makan makanan terlalu pedas, teh , kopi, susu kental, kerupuk, mie, alcohol dan lakukan olahraga rutin 5x seminggu, 

Konsumsi obat dokter harus sesuai petunjuk pemakaian, semisal obat Pereda nyeri atau rasa sakit, semisal paracetamol, sanmol, ibuprofen tidak dianjurkan lebih dari yang ditetapkan dokter, karena sangat berbahaya bagi ginjal bila dikonsumsi terlalu sering, karena dapat melukai ginjal.

Penyakit ginjal dapat terjadi pada siapapun , tak terkecuali orang yang terlihat baik baik saja, karena Gagal Ginjal Akut dapat terjadi secara tiba tiba, bahkan banyak yang menunjukkan tanpa gejala . Keluhan datang saat ginjal telah terdeteksi mengalami kerusakan 90%. Ada beberapa kriteria orang yang memiliki resiko penyakit gagal ginjal akut atau GGA :

1. Lebih dari usia 66 tahun

2. Memiliki riwayat penyakit ginjal atau masalah pada ginjal

3. Hipertensi

4. Menderita Penyakit jantung, Liver dan Diabetes militus

5. Menderita penyakit arteri perifer, aliran darah menuju ke lengan atau kaki terhambat

GGA atau gagal ginjal akut tidak selalu menyerang secara tiba tiba, umumnya diawali oleh beberapa gejala awal keluhan kesehatan sebagai berikut :

1. Air kencing semakin sedikit, 

2. Bengkak cairan pada kaki

3. Cepat kelelahan

4. Sesak nafas

5. Kebingungan

6. Perut terasa ingin muntah

7. Tekanan berat di bagian dada

8. Bila telah terjadi GGA stadium lanjut maka bisa terjadi kejang atau koma

Bila telah terjadi gangguan kesehatan yang telah disebutkan diatas maka perlu dilakukan tindakan medis, dan perawatan hingga ginjal dapat pulih kembali, namun beberapa jenis perawatan justru memungkinkan ginjal sukar untuk kembali berfungsi normal. Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kondisi kesehatan pasien diantaranya adalah :

1. Cuci darah atau HD hemodialysis , berperan menggantikan fungsi ginjal sementara hingga ginjal dapat disembuhkan

2. Konsumsi jenis obat obatan pengontrol kadar vitamin , mineral di tubuh

3. Mengontrol jumlah cairan di dalam tubuh

4. Diet jenis jenis makanan yang baik untuk ginjal


Comments

Popular Posts