7 Cara Menjadi Orang Sabar, Terhadap Anak, Keluarga & Suami

Contoh Perilaku Buruk Orangtua, Terhadap anak. 

 Setiap Kita pasti ingin menjadi pribadi yang baik, dicintai oleh keluarga dan masyarakat sekitar kita. Terkadang kita penasaran apakah kita ini termasuk pribadi yang baik atau kah jahat, cara paling sederhana untuk menilai hal tersebut adalah bagaimana keluarga dan masyarakat menilai kita, apakah mereka membenci atau kah mencintai kita ? Seberapa Sabar kita terhadap suami, tetangga, dan anak juga dapat kita jadikan sebagai indikator kita dalam menilai diri sendiri. 

Cara Menjadi Sabar

Di masa pandemi ini , kita mungkin lebih banyak menghabiskan waktu di rumah bersama keluarga. Terkadang  kebersamaan tak selalu indah, ada kalanya kita dibuat pusing dengan tingkah anak yang belum begitu paham dengan yang diinginkan orangtua. Anak kah yang harus beradaptasi dengan kepribadian orangtua ataukah kita yang harus lebih pengertian kepada anak, atau kah kedua nya harus saling beradaptasi agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Cara Menjadi Orang Sabar

Menurut dr. Novia Cindrawasih Msi, ada beberapa tips cara agar bunda tetap sabar mendampingi anak belajar dan bermain di masa pandemi

1. Jadwal Belajar

Sistem sekolah dengan metode daring online tidak lah mudah ,  karena guru cenderung memberikan banyak sekali tugas tugas yang merepotkan anak dan orangtua, tak jarang bunda juga turut membantu anak mengerjakan PR karena anak sudah lelah dan jenuh. Atur jadwal Jam anak belajar, bila melebihi jadwal belajar namun PR anak belum selesai, maka bunda harus membantu nya, karena anak masuk pada jadwal bermain atau jadwal istirahat

2. Aturan Bermain

Saat di sekolah guru berperan sebagai orangtua, yang menentukan beberapa aturan saat di dalam kelas maupun saat istirahat bermain di halaman sekolah. agar tercipta ketertiban dan kebaikan bersama. Saat di rumah bunda juga harus Tentukan jadwal bermain, mulai jam berapa hingga kapan, dan juga beri sedikit jadwal anak untuk bermain online, youtube atau game, dan juga waktu untuk bermain aktif di halaman rumah bersama dengan teman teman nya.

3. Berikan reward / Hadiah 

Tidak perlu melakukan paksaan terhadap anak saat masuk pada jadwal belajar, bila anak bandel cukup hukuman ringan semisal berdiri diam di tembok sambil berhitung 1 hingga 10 . Dan bila mau belajar diberikan hadiah berupa mainan pilihan anak atau makanan kesukaan anak. semisal nugget atau mie. Mengajak anak belajar terbilang sulit , apalagi menerapkan hukuman ringan pada anak juga tidak kalah sulitnya , tapi Aturan haruslah tetap ditegakkan sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat bersama dengan anak. 

4. Jangan Terlalu berambisi

Ruang gerak anak tidak lah perlu dibatasi saat dirumah, namun tetap lah perlu dibuatkan aturan sewajarnya, jangan lah berlebihan terhadap anak, sesuai kan dengan kemampuan anak se usia nya, tidak perlu memaksakan anak harus diatas rata rata kemampuan teman teman nya. Misal kan tugas hafalan bacaan Al Quran , Jangan dipaksakan hafal surat an Naba seminggu, kasihan anak lho, turunkan ekspektasi misalkan 3 minggu hafalan surat an Naba. 

5. Membantu Tugas Pekerjaan Rumah Tangga

Diperlukan beragam aktifitas saat di rumah agar anak tidak jenuh dengan hal yang itu itu saja. Dimasa pandemi korona , banyak tempat rekreasi yang ditutup, terpaksa deh kita Meniadakan jadwal tamasya, yang terkadang membuat kita kasihan pada anak. Alihkan dengan kegiatan lain semisal berkebun, memelihara kelinci, ikan, bisa kita jadikan sebagai tugas pekerjaan rumah yang menyenangkan bagi anak

6. Jangan Emosi

Emosi disaat anak melalukan kesalahan ada beberapa ibu yang kelewat batas, ini bisa berujung pada tekanan mental permanen pada anak dan tak sedikit pula yang berujung pada tindakan kriminal, banyak ibu yang dipenjara karena melakukan tindak pidana KDRT terhadap anak. Jangan salahkan anak saat besar menjadi pribadi yang "durhaka" pada ibu nya ? atau cuek tidak merawat ibu dihari tua. bunda tentu masih ingat bagaimana cara nenek dulu membesarkan bunda, masih teringat jelas dalam ingatan kita. begitu pula saat anak kita dewasa kelak juga pasti ingat bagaimana bunda membesarkan anak, dengan cara yang baik kah atau cara yang menjengkelkan . Berikan contoh yang baik terhadap anak, jadikan orangtua sebagai SuperHero, dan teladan bagi anak. 


Comments

Popular Posts