7 Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan Bayi


 Terdapat banyak pilihan dan jenis makanan bergizi dan bernutrisi tinggi yang bisa kita berikan pada bayi dan balita kita, namun dalam pemberian makanan tertentu perlu kita ketahui manfaat nya, misalkan saja menambahkan jeruk atau jus jeruk pada menu makan siang balita, ini bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh balita terhadap virus. Ada beberapa jenis makanan yang ditujukan pada kesehatan pencernaan balita , semisal pepaya dan jadwal makan yang teratur.

Proses pertumbungan anak mulai dari dalam rahim hingga balita berusia lima tahun menjadi faktor yang sangat utama dalam tumbuh kembang anak. Berbagai organ tubuh balita tumbuh berkembang sangat cepat pada masa itu, dan ini perlu didukung oleh asupan makanan yang tepat agar ada keseimbangan antara nutrisi dan pertumbuhan, sehingga tidak memicu masalah kesehatan.

Kesehatan Lambung Bayi

Program kesehatan bayi dimulai Pada Masa kehamilan , dibutuhkan perjuangan dari bunda dalam mengatur jenis, jadwal dan takaran gizi dalam setiap menu makanan yang dimakan. Berdasar Penelitian Universitas di turki dan didukung oleh keterangan kementerian kesehatan turki , janin yang kurang mendapatkan asupan nutrisi yang cukup di dalam rahim dapat mempengaruhi sistem metabolisme serta hormon secara permanen, dan terjadi gangguan reseptor penyerapan gizi di saluran pencernaan. dan ini dapat beresiko terjadi nya penyakit obesitas, diabetes dan gangguan pencernaan.

Kesehatan Usus Bayi

1. Bakteri baik di dalam organ pencernaan bayi

terdapat mikrobiota di dalam tubuh kita yang telah ada dan berkembang biak sejak kita lahir hingga kini. bakteri ini memiliki peran yang sangat penting dalam sistem hormonal , metabolisme dan ketahanan tubuh kita melawan virus bakteri jahat. Pada bayi yang memiliki masalah kurang gizi, bakteri baik ini tidak tumbuh berkembang dengan baik sehingga saluran pencernaan justru didominasi oleh bakteri jahat. dan ini menjadi awal gangguan permanen, semisal autisme, anxiety kecemasan, kelainan kepribadian, rasa sakit nyeri teramat sangat

2. Pilih Probiotik Yang Tepat (selama kehamilan)

Ada banyak pilihan minuman yang mengandung probiotik semisal yakult, bila kita lihat dalam mikroskop terlihat bakteri bakteri baik yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Bakteri ini memiliki peran untuk menjaga keseimbangan hormonal di organ pencernaan kita. pada ibu hamil memiliki fungsi yang lebih penting lagi, seperti :

- Mencegah Terjadinya Kelahiran Prematur

- Infeksi perinatal , bunda mungkin tidak akan merasakan indikasi atau gejalanya, tetapi berdampak fatal pada janin.

- Kelainan Atopik , peradangan pada kulit bayi

- Gangguan sistem pencernaan

- Merusak sistem kekebalan tubuh

KESEHATAN PENCERNAAN BAYI

Terdapat banyak vitamin probiotik yang beredar di apotik , tapi hanya beberapa saja yang tepat untuk ibu hamil, yakni probiotik interlac. Dalam probiotik ini terdapat bakteri hidup lactobacillus reuteri, aman, telah terbukti secara medis dan uji kesehatan sesuai standart internasional. Bakteri ini berperan aktif dalam peningkatan kesehatan sistem pernafasan, memperkuat sistem imun , dan organ pencernaan tentunya.  

Comments

Popular Posts