7 Cara Merawat Bayi


 Menantikan Kelahiran Bayi pertama menjadi momen yang sangat menegangkan sekaligus mengkhawatirkan, karena masih minim pengalaman dan terkadang bingung harus bagaimana cara bayi memberikan perawatan terbaik bagi sang buah hati. Peran kakek nenek sangat besar dalam mengurus dan merawat bayi karena setidak nya pernah dan berpengalaman merawat bayi. Meski telah berbekal beragam teori seputar merawat bayi dari berbagai sumber , semisal dari internet, kita biasanya tetap saja bingung saat diahadapkan masalah masalah saat praktek langsung yakni saat kehadiran anak pertama, teori teori terkadang berbeda ya.

CARA MERAWAT BAYI

Ada Berbagai tips dari dokter kandungan yang perlu kita catat dan cermati 

1. Jauhkan Dari Virus, Bakteri Dan Kuman

Bayi masih sangat rentan terhadap virus, karena masih memiliki system imunitas yang rendah, dibutuhkan kewaspadaan dari orangtua agar bayi terlindung dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh organisme mikroskopik. Menjaga kebersihan bayi tentu saja wajib, tapi orang disekitar bayi juga wajib menjaga kebersihan, karena berinteraksi langsung dengan bayi. Menjaga kebersihan tangan, selalu mencuci tangan dengan sabun atau wudhu. 


2. Teknik Mandi 

Bayi yang baru saja dilahirkan masih belum boleh dimandikan hingga tali pusarnya lepas dan sudah cukup kering. Tapi perlu dimandikan agar bayi tidak gatal, yakni dengan lap atau waslap kecil dan air hangat. Bila tali pusar bayi sudah kering boleh dimandikan dengan sabun bayi, tapi perlu diperhatikan tingkat sensitifitas kulit bayi, bila setelah mandi kulit nya memerah dan menangis berarti tidak cocok dengan sabun nya atau air nya tercemar. Semisal di kota Surabaya, pada beberapa wilayah di kota Surabaya , kondisi air nya cenderung keruh , terkadang bikin kulit gatal gatal, dan tidak layak diminum.


3. Kapan Saat Mengganti Popok

Susu ASI menjadi makanan pokok bayi hingga 6 bulan , asupan ASi dikatakan cukup dan baik jika bayi pipis hingga 9 – 13 kali dalam 24 jam, bila kurang dari itu berarti ASI yang anda berikan kurang, bayi anda akan dehidrasi kekurangan cairan.  Pastikan bunda memberikan ASI 9 – 17 Kali dalam 24 jam. Imbangi dengan makan bubur kacang hijau atau jus kacang hijau , insyaAllah ASI akan banyak.



4. Merawat seorang bayi dibutuhkan Tim besar, tidak cukup hanya bunda saja, peran serta semua anggota keluarga sangat dibutuhkan. Jangan sampai kondisi bunda atau nenek drop karena kuwalahan mengurus kebutuhan bayi. Selalu sedia obat obatan bayi dan kebutuhan bayi setiap saat, coba bayangkan bila saat malam hari bayi tiba tiba demam, semua terbangun panic, bingung dokter belum buka, apotik semua juga masih tutup… selalu sedia Kompres sachetan, paracetamol anak dan antibiotic anak ya bun .

5. Jaga kondisi Kesehatan Jiwa Bunda dan Ayah

6. Jangan Lupa diri dengan kesibukan pekerjaan

7. Selalu dahulukan kebutuhan bayi. Saat bunda lapar ingin makan, tanyakan pada dirisendiri dulu, bayi ku tadi sudah makan belum ya… saat bunda gatal ingin mandi, tanyakan juga pada diri sendiri dulu, tadi bayi ku sudah mandi belum ya,,, 


Comments

Popular Posts