7 Jenis Ikan Untuk Ibu Hamil, Sehat dan Aman


Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam ikan sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, Wajib tersedia dalam menu sehat pilihan bunda. Dapat diolah menjadi beragam jenis masakan sehat , agar menggugah selera makan. Selenium, Zat besi, protein, lemak omega 3, zinc dan kalsium merupakan Nutrisi nutrisi penting sebagai pendukung tumbuh kembang bayi di dalam kandungan.  Zat omega3 dan protein berfungsi sebagai optimalisasi pertumbuhan sel sel otak bayi agar tumbuh cerdas, kreatif dan pintar. Zat besi memiliki peran pembentuk sel darah merah, bersama dengan bahan bahan pembentukan sel darah merah yang lain , Vitamin B12, Asam Folat, Dan Elektrolit. 

Terdapat beragam pilihan jenis ikan yang aman dan sehat dikonsumsi oleh ibu hamil, ikan laut ataupun ikan air tawar masing masing terdapat nutrisi dan zat gizi yang dibutuhkan oleh janin dan ibu hamil, meskipun keduanya memiliki perbedaan yang signifikan pada kadar zat yang dibutuhkan ataupun yang berbahaya bagi janin. 

1. Ikan Nila , ikan mujaer, ikan gabus

Ikan nila atau pun ikan mujaer memiliki  kadar lemak yang cukup tinggi, konsumsi sebaiknya dibatasi, sedangkan ikan gabus sangat layak dan sehat dijadikan konsumsi harian ibu hamil, harga nya memang tidak terlalu murah tapi memiliki khasiat yang sangat penting. Kandungan zat albumin yang tinggi dalam seekor ikan gabus dapat menyerap kelebihan cairan di dalam tubuh ibu hamil agar tidak bengkak di kaki , tangan ataupun muka. Serta kandungan omega3 yang sangat baik untuk pertumbuhan otak kanan dan otak kiri bayi, yang berpengaruh pada tingkat kecerdasan dan kreatifitas nya .

Pada 100 gr ikan nila terdapat 25 gr protein, baik bagi ibu hamil tapi tidak dianjurkan dikonsumsi setiap hari tetapi tergantung bagaimana bunda mengolahnya menjadi masakan, bila dikukus atau direbus boleh dijadikan santapan harian, karena kandungan lemak yang tinggi didalam ikan nila akan larut pada kuah atau kukusan. Kalsium, fosfor, Vitamin B12, kalium dan selenium sebagai pendukung perkembangan jaringan sel sel payudara ibu hamil

2. Ikan Lele

Murah, Terjangkau dan banyak tersedia di pasar pasar tradisional di sekitar kita. Siapa sangka ikan lele ternyata memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap untuk kebutuhan tumbuh kembang bayi, asalkan diolah dengan cara yang baik. Bunda dianjurkan mengkonsumsi lele sebagai lauk harian, aman tidak terdapat efeksamping atapun alergi. Nutrisi dan zat gizi yang terkandung di dalam seekor ikan lele diantaranya Omega3 , omega6 , zat besi, vitamin B12, kalsium , protein. Untuk memaksimalkan penyerapan protein dan kalsium yang bunda konsumsi sebaiknya berjemur matahari pagi untuk mengaktifkan vitamin D sebagai zat aktif yang menyusun kalsium + protein ke dalam Tulang janin dan juga tulang bunda. Tidak seperti ikan laut pada umum nya, ikan lele ini tidak terdapat kandungan merkuri / zat beracun berbahaya, dan ber kalori rendah.

3. Ikan Tuna, Ikan Tongkol

Ikan tuna dan ikan tongkol merupakan ikan laut, banyak ragam vitamin, nutrisi dan zat gizi yang dibutuhkan ibu hamil tapi juga terdapat kandungan zat berbahaya semisal merkuri meskipun tidak terlalu banyak tergantung seberapa besar ukuran ikan laut nya, semakin besar ukuran ikan laut maka kandungan zat racun merkuri nya pun semakin banyak, Sebaiknya hindari ikan laut yang memiliki daging berwarna merah seperti ikan tuna besar, karena rentan tercemar polusi laut.

4. Ikan Salmon

Saat ini dunia industry perikanan telah berkembang, tidak hanya perikanan tangkap tapi juga budidaya perikanan. Banyak beredar di pasaran ikan salmon hasil budidaya/peternakan ikan, ini tidak lah aman bila di konsumsi oleh ibu hamil, karena jenis pakan ikan salmon cenderung merusak struktur daging ikan salmon, terlihat perbedaan mencolok pada warna nya, pucat putih. sedangkan ikan salmon hasil dari penangkapan di alam bebas lebih aman dikonsumsi, daging berwarna pink segar. Terdapat zat omega3 yang cukup untuk kebutuhan pertumbuhan sel otak bayi, serta dapat mencegah terjadinya kelahiran dini atau premature

5. Ikan sarden kalengan & makarel

Ikan ini dianggap tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil, sangat tinggi kolesterol dan memiliki kandungan merkuri / zat polusi limbah laut yang cukup tinggi. Zat pengawet di dalam sarden kalengan juga tidak dianggap baik  bagi ibu hamil. 

6. Ikan teri 

Semakin kecil jenis ikan laut maka semakin aman untuk dikonsumsi, karena ukuran tubuh ikan laut dapat dijadikan indicator kadar merkuri di dalam tubuh ikan . semakin besar ikan laut maka kandungan merkuri semakin tinggi. Ikan teri sangat kaya nutrisi, omega3, vitamin B, vitamin E, protein , zinc, sangat baik digunakan sebagai pelengkap gizi harian bunda.

7. Kerang 

Ini jenis biota laut yang cukup berbahaya bagi ibu hamil, selain kandungan kolesterol, zat allergen yang cukup tinggi dan berbahaya, juga terdapat merkuri zat beracun yang dapat berakibat fatal pada janin bila dikonsumsi oleh ibu hamil


Comments

Popular Posts