7 Jenis Olahraga untuk Sakit Ginjal



Dibutuhkan aktifitas dan asupan makanan yang tepat agar fungsi ginjal dapat membaik, dan tidak terjadi gagal ginjal kronis. Olahraga dibutuhkan bagi penderita penyakit ginjal, namun tidak lah boleh dipaksakan agar zat kreatinin dalam darah tidak meningkat yang dapat memperberat kerja ginjal. Kinerja organ tubuh kita memiliki keterkaitan satu dengan lainnya, sehingga bila terjadi gangguan pada salah satu organ kita makan dapat terjadi gangguan pula pada otgan lainnya, Oleh karena itu dibutuhkan olahraga untuk meningkatkan fungsi organ tubuh kita secara keseluruhan. 

Penderita penyakit ginjal harus sangat berhati hati dalam beraktifitas , olahraga dan asupan makanan, Jenis olahraga biasanya ditentukan oleh dokter, perihal Jenis, Jadwal , jumlah Waktunya atau kita sebut 3J. Hasil riset penelitian yang dilakukan oleh beberapa pakar kesehatan dari universitas di Australia menunjukkan keterkaitan antara olahraga dan perbaikan fungsi ginjal. Penelitian didasarkan pada indicator jenis olahraga, jadwal olahraga dan jumlah jam olahraga . 

Olahraga untuk penderita penyakit ginjal :

1. Jalan Santai

Mudah , murah, insyaAllah Sembuh. Setiap kita pasti bisa melakukannya, asal memiliki niat kuat menuju kesembuhan. Olahraga di maksudkan untuk memperkuat daya tahan tubuh dan memaksimalkan tingkat regenerasi Sel sel pada ginjal. 

2. Berkebun dan Beternak Burung

Berkebun atau beternak burung dalam jumlah tertentu lumayan bikin repot lho, cukup dijadikan sebagai aktifitas rutin setara dengan jalan santai di pagi hari. Tidak perlu terlalu berkeringat asalkan otot tubuh bergerak aktif dalam kurun waktu tertentu. Usahakan beraktifitas saat pagi hari , terpapat langsung sinar matahari pagi dan menghirup udara segar di pagi hari

3. Sepeda keliling perumahan

Bersepeda memilih rute yang datar dan dekat saja , cukup 15 menit, di pagi hari, yang terpenting tercukupi kebutuhan vitamin D dari sinar matahari pagi

4. Sholat Berjamaah di masjid

Jalan kaki ke masjid rutin setiap pagi atau 5 waktu, lebih terjadwal dan bernilai ibadah. Islam adalah agama yang sehat, mengajarkan kita tentang kesehatan dan cara efektif menjaga tubuh tetap dalam kondisi prima. 

5. Yoga 

Latihan peregangan otot, melenturkan otot otot bagian tertentu dengan gerakan yang tertata dan teratur 

6. Menari

Coba rileks kan pikiran dengan music dan tarian ringan. Pilih music tradisional, semisal campursari hehe

7. Senam

Ada beragam jenis senam, mungkin untuk penderita ginjal lebih cocok senam lansia, karena tidak terlalu menguras tenaga agar tidak memperberat kerja ginjal dan justru memperburuk kondisi ginjal . 

Bismillah semoga kita semua semakin sehat


Comments

Popular Posts