7 Kebutuhan Ibu Hamil Saat Persalinan


9 bulan bukanlah waktu yang sebentar, telah lama bunda dan keluarga menantikan momen yang ditunggu tunggu setelah sekian lama. Anggota keluarga baru yang mungil lucu, Tak sabar ingin segera memeluk mencium calon buah hati, berharap cemas , dag dig dug khawatir dan bahagia, berbagai perasaan campur aduk menjadi satu.

Beberapa Minggu menjelang HPL Hari Perkiraan Lahir, perlu dilakukan persiapan khusus , sehingga saat bunda sudah merasakan akan melahirkan tak kebingunan dengan persiapan mendadak. Persiapkan kebutuhan ibu hamil, dan juga keluarga pendamping, semua dikemas di dalam koper dan tas . Berbagai kebutuhan dan perlengkapan penting harus tersedia selama di rumah sakit, tak hanya kebutuhan untuk 1 atau 2 hari tapi persiapkan kebutuhan untuk 1 minggu.  Persiapkan berbagai kebutuhan dasar dan biaya persalinan, jangan sampai ada yang tertinggal atau terlupakan. 

Kebutuhan Bayi

Bagi pasangan muda, kehadiran si bayi , anggota keluarga baru nan lucu dan mungil menjadi momen yang sangat menegangkan dan membahagiakan. Penasaran apakah bayi berjenis kelamin pria atau wanita. Banyak diantara kita mungkin sudah mengetahui jenis kelamin bayi sebelum dilahirkan , dengan melakukan pemeriksaan USG, sehingga bisa dilakukan persiapan lebih spesifik, semisal bila telah diketahui bayi yang akan dilahirkan adalah laki lakit, maka bunda akan memilih membelikan baju berwarna biru , atau hitam, bila bayi perempuan mungkin akan memilih baju mungil berwarna pink atau kuning muda atau bahkan putih susu.


KEBUTUHAN IBU HAMIL SAAT PERSALINAN


1. Pakaian 

Ada beragam jenis dan design pakaian bayi yang bisa dijadikan pertimbangan atau pilihan bagi bayi bunda. Ada Jumpsuit, baju tersambung dengan celana. Pertimbangkan juga bahan yang cocok untuk kulit bayi, karena jenis bahan tertentu bisa mengiritasi kulit lembut bayi, pastikan bahan nyaman tidak panas saat dipakai. Ukuran bayi bisa tumbuh sangat cepat dalam beberapa minggu ke depan, ini juga dijadikan sebagai pertimbangan ya, jangan beli pakaian yang terlalu ngepres / pas. 


Pakaian bunda , nenek , kakek, kakak juga perlu dipersiapkan dimasukkan ke dalam koper untuk kebutuhan 3 – 7 hari kedepan. Jangan repot repot laundry atau cuci baju saat di rumah sakit, fokuskan waktu untuk si buah hati saja


2. Peralatan Mandi Bunda dan Keluarga : sampo, handuk, pasta gigi, handuk untuk bayi, waslap untuk bayi. Perlu bunda ingat, bayi yang baru lahir belum bisa dimandikan karena tali pusat masih belum kering, takutnya terinfeksi, cukup di lap dengan waslap hangat, jangan lupa jangkau lipatan lipatan pada tubuh bayi.

3. Peralatan Makanan : Siapkan sendok , piring, ini sangat sangat penting, semisal saat malam ayah atau kakek jadwal jaga , ingin beli makanan nasi goreng keluar, kan harus segera kembali ke kamar bersalin, karena kasihan bila bunda ditinggal terlalu lama tanpa pengawas, berarti peralatan makan harus tersedia kan. 

4. Peralatan tidur : selimut atau jarik kain gendong, pastikan jenis kain yang lembut dan tidak panas. 

PERLENGKAPAN IBU HAMIL SAAT PERSALINAN

B. KOPER BESAR DAN TAS KECIL


Jadwal melahirkan tak selalu tepat sesuai dengan yang dokter perkiraan, terkadang meleset beberapa hari , oleh karena itu persiapkan kebutuhan untuk seminggu, TAs koper besar untuk kebutuhan bunda dan tas kecil untuk kebutuhan bayi, juga tas kecil khusus untuk dokumen dokumen penting

1. Tas Dokumen : berisi KTP, Kartu asuransi kesehatan BPJS, al Quran, kartu riwayat kesehatan, data nomer telpon dan alamat alamat rumah sakit besar (jaga jaga saja bila terjadi emergenci)

2. Tas Koper Besar : peralatan pribadi semisal pakaian, perlengkapan kamarmandi, untuk kebutuhan satu keluarga (bunda, ayah, kakek, nenek, kakak)

3. Persiapkan kamar untuk bayi di rumah, Jangan di ruangan ber AC ya bun, dan pastikan Kasur sprei bersih lembut .


 

Comments

Popular Posts