7 Manfaat saffron untuk kesehatan dan ibu hamil


 Di Indonesia Banyak kita jumpai jenis Rempah dan bumbu dapur yang berkhasiat , bisa dijadikan obat yang dapat menyembuhkan suatu penyakit. Saffron Sebenarnya juga bumbu dapur yang berasal dari afrika utara, Digunakan sebagai bumbu masakan di berbagai negara , Sebagai penyedap pada masakan timur tengah, masakan eropa barat dan eropa timur pun menggunakan saffron di dalam resep masakan mereka.

Saffron tak hanya nikmat digunakan sebagai penyedap rasa masakan, campuran minuman susu , teh dan pewarna alami masakan atau kue, Saffron juga diyakini bisa digunakan sebagai obat. Berbagai penelitian ilmiah juga menunjukkan manfaat saffron bagi kesehatan kita dan ibu hamil. Bila bunda ingin mengkonsumsi saffron atau minuman herbal apapun sebaiknya tanyakan dulu pada dokter spesialis kandungan atau pada bidan . karena coba coba atau uji coba resep herbal tertentu bila belum terbukti secara klinis apakah berkhasiat ataukah berbahaya. Sebelum mengkonsumsi , ada baiknya bunda Kenali dulu efek samping dan zat yang terkandung dalam saffron.

Manfaat saffron untuk kesehatan

Saffron aman bagi ibu hamil bila  dosis nya kurang dari 7 gram per hari. Bila lebih dari takaran tersebut, dapat menyebabkan kontraksi , karena sifatnya stimulant terhadap kandungan. Akibatnya bisa fatal , dapat menggugurkan kandungan dan kelahiran premature. Akumulasi zat di dalam saffron yang bunda konsumsi pada menu harian bisa mengendap di Rahim , meskipun dalam takaran sedikit tapi rutin setiap hari. Baiknya konsumsi saffron sekali saja dalam sebulan selama Sembilan bulan masa kehamilan. Hanya saat ingin / kepengen saja. 

Manfaat Saffron untuk ibu hamil

 bagi wanita dan ibu hamil, saffron bisa digunakan secara rutin untuk tujuan kesehatan. Zat aktif yang terkandung di dalam saffron berperan aktif meningkatkan daya tahan tubuh dan imunitas . Zar crocin, crocetin, kaempferol, zafranal, sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, remaja dan wanita lanjut usia. 

1. Menjaga Kesehatan Tubuh

Diamasa pandemic korona saat ini, kita butuh asupan suplemen vitamin dalam makanan dan aktifitas olahraga rutin untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga dapat menangkal serangan virus ataupun bakteri di sekitar kita. Infeksi bakteri, ataupun virus menjadi sesuatu yang menakutkan bila tubuh kita dalam kondisi lemah, karena virus langsung menyerang organ organ penting di dalam tubuh kita.

2. Anti Depresan

Rempah alami ini dapat kita jadikan obat relaksasi saat pikiran terasa penat, cemas, depresi. Bisa diolah menjadi tea , atau dicampur dengan susu. Tuang air panas, dan hirup uap nya , untuk mengontrol reaksi kimia di dalam otak agar tercipta suasana rileks dan tenteram.

3. Elastisitas Leher Rahim

Menjelah hari persalinan dibutuhkan pesiapan khusus agar persalinan berjalan lancar, sehat dan selamat. Zat senyawa aktif yang terkandung di dalam saffron dapat melenturkan otot leher Rahim ketika umur kandungan telah memasuki 37 minggu. 

4. Obat Gangguan Pencernaan

Kunyit selama ini diyakini sebagai obat asam lambung, GERD, maag akut, dan memang benar benar telah terbukti khasiatnya. Cairan kuning / merah pada saffron dapat melapisi dinding usus dan lambung agar tidak ter iritasi yang dapat memicu peradangan. Selain itu , Saffron juga bisa dijadikan solusi masalah sembelit untuk ibu hamil. Terdapat kandungan vitamin prenatal + zat besi yang secara efektif mengatur gerak peristaltic usus sehingga dapat melancarkan Buang Air Besar. Tapi konsumsi vitamin prenatal harus dibatasi pada dosis yang dianjurkan dokter

5. Napsu Makan Meningkat

Ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi dan zat gizi yang cukup, sehingga dibutuhkan asupan makanan yang “banyak” dan tepat . ,Tapi  Terkadang saat perut terasa mual , muntah, sembelit, dapat menurunkan nafsu makan. Mungkin tanpa terasa, sehari hanya makan dua kali saja, karena menurunnya nafsu makan atau karena kesibukan sehingga “lupa lapar” . Saffron dapat dijadikan solusi tepat untuk meningkatkan nafsu makan bunda. 


Comments

Popular Posts