7 Obat Pegal Linu Ibu Hamil


Saat memasuki masa kehamilan , biasanya mulai muncul berbagai keluhan kesehatan , karena terjadi banyak perubahan di dalam system metabolisme tubuh ibu hamil, mulai dari perubahan hormon  hingga perubahan tekstur persendian/ ligamen. Terkadang perubahan perubahan tersebut berdampak pada otot, persendian dan tulang, mulai terasa pegal linu di beberapa bagian tubuh. Struktur jaringan ligament pada tubuh ibu hamil sedikit meregang , seiring bertambahnya berat badan bunda dan berat badan janin. Tulang dan otot berperan sebagai penyokong beban tubuh, saat janin semakin bertambah besar, beban yang harus ditanggung oleh otot  dan tulang punggung pun semakin berat. Bila dibiarkan saja tentu membuat bunda merasa tidak nyaman, dan menjadi beban pula di pikiran. Perlu kita carikan solusi dan obat yang aman untuk ibu hamil dan janin dalam Rahim.

1. Berendam Air Hangat + Garam

Cara paling sederhana dan efektif adalah mandi air hangat, berendam beberapa menit sembari mendengarkan music relaksasi. Berendam air hangat, dimaksudkan untuk melancarkan aliran darah, Menyehatkan otot + pikiran, membantu mengaktifkan vitamin D agar maksimal menyerap kalsium dalam makanan yang bunda konsumsi, mencegah infeksi bakteri pada kulit, mencegah peradangan. 

2. Pijatan Khusus ibu hamil

Bunda bisa meminta bantuan suami atau nenek untuk melakukan pijatan, nonton petunjuk dan tips nya  di yoututbe , agar tidak salah menentukan titik mana saja yang aman untuk dilakukan pijatan. Area perut tentu tidak aman bila dilakukan pijatan, karena janin , Rahim , air ketuban sangat sensitive terhadap sentuhan dan pergerakan bunda. Baik nya dikonsultasukan dulu ke dokter ahli atau bidan. 

3. Penyangga Perut Untuk Wanita hamil

Beban berat janin di dalam Rahim dapat sedikit diringankan dengan penyangga yang dibuat khusus untuk menyangga perut ibu hamil. Saat usia kehamilan semakin bertambah sebaiknya bunda segera menyiapkan penyangga perut , bisa dibeli di apotik besar atau di baby shop terdekat

4. Yoga , Senam Kehamilan

Bunda tidak boleh malas selama masa kehamilan, lakukan gerakan ringan , peregangan otot, dan senam kehamilan, boleh meminta bantuan suami agar gerakan bunda lebih terkontrol (tahu batasan batasannya) . Jalan jalan saat pagi, berendam di kolam renang sembari melakukan gerakan kecil / berjalan, yoga. Tapi jangan sampai berlebihan , atau kecapekan.

5. Posisi tidur miring 

Rasa pegal dapat sedikit diringankan dengan merubah posisi saat tidur. Menyangga area pinggang atau bagian punggung dengan bantal atau guling kecil. Jangan tidur dengan posisi terlentang karena akan mengakibatkan tekanan di area punggung semakin berat menahan beban berat janin .

6. Hindari penggunaan obat anti nyeri kecuali terpaksa

Jangan menggunakan jenis obat anti nyeri tertentu semisal Ibuprofen, NSAID. Baik nya menggunakan obat paracetamol, sanmol, dalam dosis kecil saja, dan jangan terlalu sering.  Hanya digunakan saat bunda merasakan sakit yang tidak tertahankan. Penggunaan paracetamol tak hanya efektif meredakan demam, pegal linu tapi juga sebagai obat sakit gigi untuk ibu hamil, insyaAllah aman, tapi sebaiknya jangan. 

7. Kompres area yang sakit dengan Botol Berisi air panas

Rebus air hingga mendidih, masukkan ke dalam botol Tupperware, jangan gunakan botol plastic air mineral karena langsung penyok meleleh. Setelah botol tuperware terisi penuh, tutup lalu lapisi atau balut dengan kain tipis / handuk kecil. Tempel kan pada area yang sakit. Saat panas didalam botol turun suhunya, lepaskan balutan kain, langsung tempelkan botol pada kulit. Cara ini lebih aman dari pada penggunaan obat kimia, semisal salep, balsam, counterpain, minyak tawon  atau obat paracetamol

Adapun ramuan tradisional untuk mengatasi pegal linu, : 1 ruas jari Temulawak digeprek + 1 ruas jari Jahe digeprek + Daun sirih + Kayu manis , lalu tuang air panas , diminum, sisanya dibalurkan ke area yang terasa sakit. ... 



Ditulis oleh dr. Novia Cindrawasih Msi


Comments

Popular Posts