7 Obat Pneumonia Untuk Ibu Hamil

Penyakit Pneumonia bisa terjadi pada siapa saja, khusus nya pada ibu hamil, Muncul berbagai kekhawatiran bila berdampak pada janin di dalam Rahim. Apabila segera dilakukan perawatan yang tepat, pneumonia tidak berakibat fatal ataupun menyebabkan komplikasi pada ibu hamil dan janin, Jadi bunda tidak perlu kuatir, tetapi perlu dipahami gejala dan solusinya.

Infeksi dapat berakibat pada peradangan pada paru paru kita, mungkin hanya 1 paru paru atau kedua nya dapat terinfeksi secara bersamaan. Beberapa keluhan umum yang diderita oleh paru paru yang telah terinfeksi adalah Lemas, Keringat dingin, demam tinggi hingga mencapai 40 derajat celcius, mual dan kesulitan bernafas, mirip dengan gejala covid19, tetapi tidak menimbulkan kering di tenggorokan .

Upaya kita dalam mengurangi resiko dan komplikasi adalah segera kenali gejala nya dan melakukan pemeriksaan kesehatan di dokter spesialis paru atau bagi ibu hamil sebaiknya ke dokter spesialis kandungan agar dapat dilakukan pencegahan resiko terhadap janin, semisal masalah pada system pernafasan, janin terlahir premature dan berat badan dibawah normal

Diagnosa dokter perlu didukung oleh hasil laboratorium, bila masih berupa hipotesis maka perlu dilakukan cek lengkap di laboratorium , mulai dari tes darah, dahak, dan rontgen thoraxs, atau foto paru paru.  Dari hasil laboratorium tersebut, dokter dapat secara pasti mengetahui penyebab masalah kesehatan yang diderita ibu hamil.

Pertolongan pertama bila muncul gejala gangguan pernafasan ,

1.       menghirup freshcare atau minyak kayu putih, untuk melancarkan saluran pernafasan akibat peradangan,.

2.       dianjurkan meminum ramuan ramuan anti peradangan semisal air parutan kunyit, yang terbukti secara efektif pada beberapa orang, tapi penggunaan tidak boleh berlebihan saat kondisi sedang hamil.

3.       Istirahat cukup, jangan beraktifitas berat atau olahraga , karena justru memperburuk pernafasan, ganti dengan berjemur matahari pagi

4.       Menghirup udara segar di pagi hari

5.       Atur pernafasan, atau latihan pernafasan

6.       Kompres dada dengan botol Tupperware berisi air panas, balut dengan handuk tipis / kain tipis

7.       Oleskan dada dan leher dengan minyak penghangat dan minyak tawon untuk mengurangi peradangan di leher dan paru .

Pneumonia umum terjadi pada ibu hamil yang tinggal di daerah perkotaan yang padat penduduk, terutama yang rumahnya terletak di pinggir jalan raya. Oleh karena itu Perlu dilakukan upaya pencegahan agar pneumonia tidak menyerang kita saat kehamilan

1.       Rutin menjaga kebersihan, dengan rajin mencuci tangan, ganti baju, jauhi asap rokok, pembakaran sampah, obat nyamuk , dan polusi udara .

2.       Memilih jenis makanan bernutrisi tinggi

3.       Istirahat cukup , jangan terlalu capek, atau olahraga berat

4.       Gunakan masker saat berkunjung ke dokter, ke pasar, atau berbagai aktifitas di luar rumah

5.       Hindari perokok, Obat nyamuk, polusi , sampah

6.       Suntik Vaksin

7.       Selalu bahagia, jangan stress.

Jangan menganggap sepele penyakit pneumonia, saat muncul gejala segera hubungi dokter agar segera dilakukan perawatan medis dan mandiri, sehingga tidak berdampak pada kesehatan janin di dalam Rahim.

Bismillah semoga kita semua sehat, janin di dalam Rahim bunda juga sehat, selamat, sukses dunia akhirat. Amin… sholawat

 

Comments

Popular Posts