7 Olahraga Untuk Hipertensi

Olahraga dapat meningkatkan daya tahan dan kualitas organ organ penting di dalam tubuh kita, dibutuhkan rutinitas olahraga yang berkelanjutan agar tubuh selalu terasa segar dan terhindar dari beragam masalah kesehatan. Aktifitas berkebun atau kesibukan memelihara burung ikan ayam juga dianggap sebagai olahraga ringan, banyak ragam siasat atau solusi bila kita terkadang sedang malas berolahraga.


Penderita penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat merasakan manfaat bila melakukan olahraga secara rutin, 5 kali seminggu, tetapi jenis olahraga perlu ditentukan agar tidak memperberat kinerja jantung dan tetap aman untuk pembuluh darah di otak maupun pembuluh darah di ginjal. Masalah pikiran juga dapat memicu naik nya tekanan darah tinggi. Stres, gangguan tidur, kecemasan juga dapat disembuhkan dengan olahraga, berpengaruh pada reaksi kimiawi otak menjaga agar tetap pada kondisi normal . Tentukan olahraga yang tepat dan tidak terlalu berat, atur jadwal dan siasat agar tubuh tetap aktif bergerak setiap hari. 3 J , Jadwal, Jenis, Jumlah

Olahraga Untuk Penderita Darah Tinggi

A. Jenis Olahraga

Penyakit hipertensi / tekanan darah tinggi membutuhkan jenis olahraga yang tepat , apabila memilih atau menyukai olahraga berat maka akan berdampak buruk pada pembuluh darah di jantung, otak dan ginjal. Tidak perlu memaksakan diri dengan olahraga berat tetapi cukup olahraga ringan tetapi rutin. 

1. Jalan Kaki

2. Bersepeda keliling perumahan, Jangan bersepeda gunung atau terlalu jauh

3. Renang 

4. Berkebun & memelihara hewan / burung

5. Jalan kaki ke masjid, Sholat subuh dan isyak ke masjid , cari masjid yang terjauh atau masjid yang dekat tapi saat pulang cari rute yang jaun . lakukan sesekali atau rutin setiap hari, ini bisa dijadikan pengganti jadwal olahraga yang terlewat , mungkin lupa atau karena kesibukan. 

6. Berjemur matahari pagi, dan minum banyak air putih

7. Meditasi Olah pernafasan setiap  pagi , bisa dilakukan sembari jalan jalan ke masjid


B. Jadwal Olahraga

Olahraga diperlukan jadwal, membuat kesepakatan dengan diri sendiri perihal jadwal yang wajib dilaksanakan, Karena tidak akan terasa manfaatnya bila hanya dilakukan sekali atau dua kali seminggu, diperlukan setidaknya 3 hingga lima kali seminggu dan rutinkan jalan kaki ke masjid sebaiknya setiap hari bila mampu. 


C. Jumlah Jam

Jumlah jam per jadwal sebaiknya 30 menit, misalkan berjemur sinar matahari pagi selama 30 menit, atau jalan kaki juga sebaiknya tidak kurang dari 30 menit agar sedikit berkeringat, tapi sebaiknya kenali kemampuan tubuh masing masing, bila terasa sesak nafas, atau pusing sebaiknya hentikan. Olahraga harus diimbangi dengan asupan makanan yang tepat, misalkan imbangi dengan konsumsi timun untuk menjaga tekanan darah agar stabil dan menyehatkan pembuluh darah. Dan juga batasi konsumsi makanan berlemak, jeroan, santan, kerupuk , gorengan, kopi dan rokok. Minum air putih yang cukup atau banyak untuk mencegah efek hipertensi pada kerusakan ginjal, dan juga pada pembuluh darah di otak sebagai pencegah stroke. 


Comments

Popular Posts