7 Resiko Melahirkan Cesar


Setiap Pasangan suami istri pasti mendambakan Anak. kehadiran anggota keluarga baru, mungil lucu, dari Rahim bunda tentunya sangatlah dinantikan. Perhatian dan waktu tercurahkan pada janin dalam Rahim sebagai bentuk kasih saying dan harapan serta penantian panjang kita selama 9 bulan lamanya. Namun, sebagian bunda mungkin ada yang tak tahan dengan sensasi rasa nyeri perih dan sakit selama proses menjelang kelahiran, lalu memilih melahirkan dengan proses operasi cesar. 

Banyak alasan yang bisa dijadikan pertimbangan kenapa memilih operasi cesar, selain karena rasa sakit yang tak tertahankan bila melahirkan melalui proses kelahiran normal, Misalkan saja, bunda sedang menderita penyakit hipertensi, kelainan jantung, pre eklamsia, janin pada posisi sungsang / kepala tidak menghadap ke bawah. Namun apapun pilihan nya, baik melahirkan normal atau pun melahirkan cesar ada resiko resiko nya. 

Bila merasa mampu secara ekonomi, bunda mungkin tanpa pikir panjang langsung memilih dengan cara operasi cesar, karena cepat, mudah dan tidak perlu melalui tahapan sensasi rasa sakit saat kontraksi. Operasi cesar dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, dan terbilang mahal, karena secara awam bila melihat prosesnya memanglah cukup rumit dan sedikit menyeramkan, dilakukan pembedahan, sayatan horizontal dibawah pusar dimulai dari kulit luar, lalu ke dinding perut hingga ke rahing. Tapi bunda memang tidak lah merasakan sakit saat operasi, tapi setelah obat bius anastesi hilang efeknya , bunda akan merasakan nyeri. Dibutuhkan perlakuan khusus agar luka bekas sayatan operasi tidak infeksi. Dan ada banyak perlakuan khusus lainnya agar mencegah berbagai resiko lainnya. 

1. Melahirkan cesar dianggap Cukup aman, dan sangat kecil resiko kematian nya. Data Statistic menunjukkan Hanya 2 dari 100.000 kematian pasien operasi cesar yang meninggal dunia. 

2. Infeksi dan alergi mungkin dapat terjadi pada ibu hamil. Obat obatan tertentu biasanya diberikan oleh dokter. Obat antibiotic sangat dibutuhkan bunda untuk mencegah terjadinya infeksi, sebaik nya hindari penggunaan obat antibiotic ibuprofen karena dapat beresiko pada ginjal. Dan jenis obat antibiotic tertentu juga dapat menyebabkan alergi dan gigi berlubang

3. Pendarahan, menjadi factor yang juga cukup mengkhawatirkan . saat proses operasi dan sayatan menuju ke Rahim melalui banyak sekali pembuluh darah, bila dokter melakukan kesalahan sedikit saja bisa berujung pada pendarahan, yang dapat berakibat pada anemia pada bunda, dan diperlukan tranfusi darah.

4. Biaya Yang mahal juga cukup mengkhawatirkan, bunda dan ayah perlu menyisihkan uang tabungan untuk beragam kebutuhan mendesak selain dari biaya pokok operasi cesar. Karena pada masa pemulihan mungkin ada tambahan tambahan biaya yang tidak sedikit. Misalkan saja tambahan rawat inap, karena bunda dinilai masih belum siap meninggal kan rumahsakit karena kondisi tertentu

5. Nyeri, perih , sakit setelah melahirkan cesar terasa lebih lama dibandingkan melalui proses normal. Setelah bunda melakukan proses kelahiran normal di pagi hari, sore harinya bunda mungkin sudah bisa melakukan pekerjaan rumah semisal sapu sapu, memasak, lain halnya dengan proses operasi cesar, bunda mungkin hanya bisa terbaring menahan rasa sakit, dibutuhkan obat anti nyeri secara berkala agar tidak selalu merasa kesakitan setiap saat, tapi perlu bunda ingat, jangan menggunakan jenis Pereda nyeri ibuprofen bila ginjal bunda bermasalah. Paracetamol lebih aman untuk ginjal kita. Meskipun penggunaannya juga perlu dibatasi

6. Gangguan Pada organ tubuh yang lain bisa terjadi karena saat proses pembedahan di perut terdapat ribuan saraf saraf penting yang berhubungan dengan usus besar, otot Rahim, kandung kemih, dapat berakibat pada gangguan kesehatan seperti berkurangnya fungsi usus besar dan terjadi pembekuan darah pada pinggul dan di paha.

Dampak seperti ini juga dapat terjadi pada tekanan darah tinggi selama kehamilan, aborsi menggugurkan kandungan, dampak pil KB.

7. Resiko kemandulan, 

8. Gangguan pernafasan Bayi dapat terjadi bila dilakukan bayi dilahirkan premature (usia kandungan kurang dari 38 minggu), dampak buruk asap rokok bagi bunda




9. Hal hal yang paling kita takutkan bila melakukan operasi cesar adalah gangguan kesehatan janin : BAYI KUNING, BUNDA MENGALAMI KEPUTIHAN

10. Keputihan dan infeksi dapat beresiko lebih tinggi pada ibu hamil dengan berat badan berlebih, Gendut. Operasi cesar pada perempuan gendut lebih beresiko dan berbahaya, misalkan terjadinya infeksi saluran kemih / ISK. Infeksi juga dapat diperparah bila bunda gendut gemar makan mie instan dan minum kopi, serta menghirup asap rokok.

11. Sistem pertahanan diri tubuh bayi / system imunitas bayi lemah.


Comments

Popular Posts