8 Tips Bahagia Saat Bekerja


Kebutuhan hidup menuntut kita untuk bekerja dan produktif, tapi terkadang ada hari hari tertentu kita merasa malas malasan , menunda beberapa pekerjaan, berkeluh kesah dan cemas dengan deadline pekerjaan. Menciptakan suasana bahagia saat bekerja perlu dikondisikan dengan situasi kerja pada hari itu, misalkan saat sedang terburu waktu mengejar batas waktu penyelesaian tugas, maka dibutuhkan trik tertentu disesuaikan dengan hobi dan karakter masing masing untuk meringankan beban pikiran dan tetap terkondisi bahagia. Jangan sampai tercipta suasana tempur nan menyiksa saat di kantor, karena pikiran dapat berdampak buruk bagi kesehatan kita. 

8 Tips sederhana agar tetap semangat dan produktif saat bekerja .

1. Bersyukur

Saat ini bangsa kita sedang memasuki masa sulit di masa pandemik korona yang tak jelas kapan akan berakhir, semakin memperburuk ekonomi dan banyak terjadi PHK dimana mana. Alhamdulillah bagi kita yang masih dipertahankan oleh perusahaan dan masih bisa bekerja untuk mencukupi kebutuhan hidup . Selalu merasa bersyukur setiap saat, dan banyak berdzikir , istighfar, agar tercipta rasa tenang , tentram dan bahagia saat bekerja. 

2. Berdoa Dan Ikhlas

Sedari kecil , semenjak masa sekolah dahulu, kita selalu memulai belajar ataupun kegiatan apapun dengan doa . misal doa sebelum makan, tidur dan belajar. Iman sebagai kunci kebahagiaan batin, agar timbul semacam energi positif yang mengalir ke seluruh tubuh kita, dari pikiran akan otomatis berpengaruh pada tindakan yang kadang tidak kita sadari .

3. Meluruskan Paradigma

Beberapa dari kita mungkin merasa diri kita sebagai buruh, atau pekerja paksa, karena terpaksa demi menyambung hidup  ? perlu kita luruskan paradigma ini . Dalam kamus bahasa indonesia Karyawan berarti Manusia yang Berkarya, siap bekarya dan berkontribusi terhadap perkembangan organisasi , yayasan ataupun perusahaan. Tak hanya penghasilan yang bisa kita dapatkan tapi juga kemuliaan , serta harga diri dimata masyarakat, Sebagai seorang pekerja, ber status Bekerja di sebuah instansi atau perusahaan, bukan pengangguran, yang notabene kurang mendapat tempat di masyarakat.

4. Bekerja Maksimal dengan Target

Sulit atau mudah nya suatu pekerjaan tergantung minat kita pada pekerjaan tersebut. sesuaikan pekerjaan dengan hobi. semisal bekerja sebagai wartawan, banyak sekali kesulitan halangan serta ujian dalam bekerja, diantaranya pemenuhan target jumlah berita yang harus disetorkan dalam sehari dan deadline jam tidak melebihi tengah malam. bila tidak terdapat minat yang kuat tentu menjadi beban pikiran yang berat. Menentukan target dan berusaha memenuhi target yang ditetapkan perusahaan, dengan motivasi jenjang karier ataupun naiknya penghasilan, tapi terkadang hanya sekedar berharap agar tidak diberhentikan oleh perusahaan. Selesaikan pekerjaan hari ini jangan sampai menumpuk untuk esok hari, kerjakan secepat mungkin, nantinya akan terbiasa .

5. Target Karier

Pencapaian target sasaran karier perlu disesuai kan dengan realita / kondisi tempat kita bekerja, semisal saya bekerja sebagai seorang dosen, saya hanya berharap bisa melanjutkan kuliah S3 dan mendapatkan gelar Doktor agar mendapatkan tempat yang lebih strategis di universitas tempat saya bekerja. Intinya adalah sesuaikan dengan situasi dan sosial budaya perusahaan, ada beberapa perusahaan yang hanya menerapkan kontrak, semisal di pabrik produsen popok bayi , maka setelah lima tahun kontrak habis , kita diberhentikan perusahaan, maka target karier kita mungkin hanya dari segi penghasilan, dan daya tahan kita selama kontrak kerja. bisa kita jadikan sebagai pengalaman kerja untuk modal kerja di perusahaan berikutnya. 

6. Pekerjaan Tersulit Didahulukan

Pada kasus tertentu pekerjaan yang mudah sebaiknya didahulukan agar pekerjaan tidak menumpuk karena terlalu fokus pada pekerjaan sulit yang membutuhkan waktu lama untuk diselesaikan. Tapi terkadang ,atau sesekali lakukan challenge atau tantangan, untuk memotivasi diri , untuk menyelesaikan pekerjaan tersulit dengan deadline yang mepet, agar tercipta motivasi bila bisa diselesaikan sesuai jadwal. Mungkin dalam hati kita merasa lebih percaya diri , yang sulit saja bisa apalagi pekerjaa yang gampang

7. Demi kebahagiaan , dan kemuliaan keluarga

Bekerja tidak lah untuk diri sendiri saja, semua demi memenuhi kebutuhan dan kebahagiaan bersama, untuk keluarga kita tercinta. Baik buruknya situasi saat bekerja, terkadang membuat pikiran terasa berat dan tubuh lelah, tapi saat mengingat keluarga kita merasakan tambahan energi untuk bekerja lebih giat dan merasakan dampak positif pada suasana hati dan motivasi kerja.

8. Ingat Cicilan Keluarga

Memenuhi semua kebutuhan hidup tidak lah mudah bagi sebagian orang, banyak cicilan yang harus dibayarkan setiap bulan, memaksa kita berputar otak bagaimana menyisihkan uang belanja bulanan dari penghasilan. terkadang gaji kita tidak cukup, memaksa kita harus memiliki pekerjaan tambahan atau bisnis sampingan. Kerja kerja kerja, hanya itu yang kita tanamkan di otak kita, semua demi uang untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarga yang semakin bertambah. 

Semua tips diatas adalah tentang olah pikiran, semua masalah ataupun solusi berasal dari cara kita mengolah pikiran agar tetap tenang dalam menghadapi setiap masalah dan tetap bahagia serta produktif

tips bekerja dengan bahagia

kerja semangat dan bahagia

tips bahagia di kantor

Comments

Popular Posts