9 Ciri Janin Sehat dalam Rahim

 Ciri Janin Sehat


Masa kehamilan membutuhkan perhatian penuh dari sang ibu dan ayah, segala nya tentu akan tercurahkan pada kebutuhan dan kesehatan sang calon buah hati. Hal itu dapat di implementasikan dengan perlakuan khusus bagaimana ayah dan bunda memberikan yang terbaik pada janin , melalui cara yang tepat. semisal kebutuhan ibu hamil akan  jenis atau jadwal makanan yang tepat dan juga mengendalikan serta mengontrol kemampuan fisiknya agar tidak terlalu lelah pikiran dan lelah jasmani. Melakukan pekerjaan yang ringan dan tidak olahrga terlalu berat. .

Bunda dan ayah juga Perlu Penjadwalan kunjungan rutin ke dokter, agar pertumbuhan janin terpantau. Kita juga perlu  mendapatkan informasi serta saran yang tepat  dari dokter untuk mengantisipasi dan mencegah agar tidak terjadi masalah kesehatan di kemudian hari. 

1. Naiknya Berat Badan Bunda

Tumbuh kembang janin dapat dilihat dari bertambahnya berat badan bunda, dapat kita jadikan indikasi sebagai pertumbuhan janin dalam kandungan. Namun jangan kaget bila terjadi kenaikan berat badan hingga puluhan kilogram selama 9 bulan masa kehamilan karena akumulasi berat badan tidak hanya dari pertumbuhan bayi saja, tapi juga air ketuban, dan cadangan makanan untuk janin yang menumpuk di beberapa bagian tubuh bunda. Hal ini wajar dan sangat penting , agar kebutuhan gizi bayi tercukupi karena dikuatirkan pertumbuhan janin terlambat atau pun bahkan tidak berkembang. Salah satu upaya memaksimal kan pertumbuhan janin adalah dengan memperbanyak minum air putih, air degan untuk menetralisir racun ataupun zat ureum dalam darah bunda, dan makan alpukat. tips yang sangat sederhana namun terbukti efektif menaikkan berat badan janin dalam kandungan.

2. Hormonal

Saat memasuki masa kehamilan banyak terjadi perubahan metabolisme dalam tubuh wanita. tak terkecuali perubahan kadar hormon dalam tubuh, Perlu kita ketahui , Seminggu pertama saat terjadi proses pembuahan , hormon estrogen dan hormon progesteron dalam tubuh bunda juga terpengaruh, otomatis akan meningkat naik.

Wanita hamil pada umumnya akan memproduksi kurang lebih 500 mg hormon progesteron. Lain halnya dengan perkembangan janin, agar tercapai harapan janin yang normal , tubuh wanita hamil butuh sekitar 1.300 gr hormon estrogen

3. Ukuran Lingkar Perut

Pada wanita yang baru pertama kali hamil , perut masih akan terlihat kecil bahkan saat usia kandungan sudah memasuki usia 4 bulan. Setiap wanita hamil memang sih memiliki ukuran lingkar perut yang bermacam macam, sesuai dengan elastisitas kulit dan lingkar pinggul bunda. Agar tidak timbul tanda tanya dan keraguan sebaiknya tetap lakukan kunjungan rutin ke dokter , terutama bagi perempuan hamil anak pertama, karena pertumbuhan janin mungkin masih belum begitu terlihat bila hanya diamati secara kasat mata dengan mengukur lingkar perut.

4, Denyut Jantung Normal

Denyut jantung janin dapat diketahui saat janin memasuki usia 5 bulan minggu atau 6 minggu setelah hari pertama kehamilan, dapat diketahui dengan USG vagina. Detak jantung baru benar benar terasa pada usia kehamilan tujuh minggu .

Janin dapat dikatakan memiliki detak jantung normal bila memiliki denyut antara 115 dan 165 detak setiap menitnya. Untuk memantau nya bisa dengan cara sederhana dengan meraba perut, tapi baru benar benar terasa saat usia kandungan mendekati hari perkiraan lahir.

5. Gerakan Bayi dalam Rahim


Pergerakan Janin dalam rahim menjadi indikasi tumbuh sehatnya janin, dan juga sebagai cara bayi berinteraksi dg bunda. pada umumnya pergerakan ini akan semakin terasa ketika bunda telah memasuki usia kehamilan 6 bulan

Gerakan janin akan sedikit pasif dan menurun sebelum lahirnya. jadi bunda tak perlu kuatir. Tetapi bunda perlu pantau dan perhatikan bila tidak ada pergerakan bayi lebih dari 2 jam, karena ini membutuh kan perlakuan khusus dari ahli kesehatan

6. Air ketuban Jernih dan Masih Banyak

 air ketuban haruslah dalam jumlah yang cukup, ini dapat diketahui dari pemeriksaan USG. apabila jumlah nya tidak tercukupi tentunya sangat berbahaya bagi janin dan bunda, karena dapat menjadi sebab adanya infeksi dalam rahim. Pastikan asupan cairan yang tepat, minum air putih yang rutin , air kelapa, madu , jangan sampai lupa. 

Comments

Popular Posts