Pertumbuhan Bayi Umur 1 Bulan

 Memasuki Umur 1 bulan, bayi mulai beradaptasi dengan banyak hal hal baru dan menunjukkan tumbuh kembang pada berbagai hal .Pertumbuhan bayi umur 1 bulan terbilang sangat cepat. Bila kita perhatikan jari jari mungil nya nan lucu dan teriakan tangis manja nya yang semakin nyaring, membuat kita takjub dan gemas, banyak sekali perubahan perubahan selama sebulan ini.

tapi terkadang membuat kita bertanya tanya apakah pertumbuhan bayi kita terbilang normal ataukah bermasalah . Oleh karena itu dibutuhkan informasi yang tepat, sebagai acuan atau dasar ilmu kesehatan bayi yang benar. 

Tumbuh kembang bayi umur 1 Bulan

dr. Novia cindrawasih mengemukakan pendapatnya : semua dokter anak sebaiknya memakai panduan atau tonggak dalam memantau pertumbuhan si mungil. terutama untuk pertumbuhan bayi umur 1 bulan Agar ibu hamil tidak lagi bertanya tanya dan bingung

1. Berat Badan 

Jangan panik bila berat badan bayi bunda berkurang pada beberapa hari setelah kelahiran karena si mungil terlahir dengan cairan elektrolit tambahan dan umumnya berat badan akan turun hingga 10 %

Berat badan bayi akan kembali pada berat saat dilahirkan saat memasuki usia 2 minggu, dan tumbuh dengan sangat cepat setelahnya antara 13 gram hingga  29 gram dalam kurun 24 jam.

2. Kemampuan Saraf Motorik

Bayi terlahir dengan kemampuan bawaan seperti menghisap susu, memegang jari bunda dan lain nya

4. Organ Tubuh , bayi berumur sebulan memiliki indera penglihatan yang belum sempurna yakni rabun jauh, kabur

5. Pola makan , berikan asupan ASI 8 hingga 12 kali dalam 24 jam

6. Cara berkomunikasi : Bayi umumnya menangis hingga 3 jam sehari


Cara berinteraksi dengan bayi umur 1 bulan

- Buatlah ekspresi wajah lucu, memancing nya 

- Mengajaknya ngobrol

- Mainkan balon atau bola kecil

- Jalan Pagi

- Sentuhan Kulit

Comments

Popular Posts