Sering Kencing, Gejala 17 Penyakit ini !!!


Kencing Terlalu sering , 14 hingga 24 kali dalam kurun 24 jam bisa menandakan seseorang menderita suatu penyakit tertentu. Pada kondisi sehat ,kita hanya kencing 6 hingga 9 kali sehari. Banyak sedikitnya kencing tergantung seberapa banyak cairan yang  diminum dan  jenis makanan yang mengandung cairan atau berkuah juga turut menentukan volume air kencing. Tapi dalam kondisi medis tertentu, meskipun hanya sedikit minum air tetapi kencing tetap banyak dan sering, tentunya membuat kita bertanya tanya , kenapa ? awal nya memang tidak menimbulkan dampak kesehatan yang terlalu serius dan mungkin hanya sekedar merasa terganggu saja harus bolak balik ke toilet. 
Bingung, sering kencing padahal tidak merasa minum terlalu banyak. Coba kita lihat warna air kencing, karena warna urine juga bisa menjadi indikator jenis penyakit tertentu. Semisal minum kopi terlalu banyak , tubuh akan merespon dengan pengeluaran cairan yang mengandung zat kafein diuretik melalui urine. Tak hanya kopi saja jenis minuman ber kafein tinggi, teh cokelat soda juga terdapat kandungan kafein yang tinggi. Namun , frekuensi air kencing yang disebabkan oleh konsumsi kafein berlebihan tidak berlangsung terlalu lama tergantung seberapa banyak minum kopi atau minuman berkafein lainnya. Bila bunda merasa tidak minum kafein berlebihan tapi  sering kencing , bisa kita curigai terkena penyakit gula atau diabetes , dan mungkin ISK , infeksi saluran kemih. tapi jangan asal tebak, perlu dikonsultasikan dengan dokter dan diagnosa dokter pun perlu didukung oleh hasil tes laboratorium. Berikut ini ada banyak kemungkinan penyebab terjadi nya frekuensi air seni yang terlalu banyak dan sering.

1. ISK, Infeksi pada saluran kemih / kencing
Infeksi saluran kemih umum terjadi pada kita tanpa memandang usia, tapi umum nya terjadi pada wanita, Saat tubuh sedang dalam kondisi kurang fit , misal sedang menderita penyakit GERD / asam lambung / maag, diabetes, kanker, maka bakteri dan virus sangat mudah sekali masuk ke dalam sistem metabolisme kita dan menginfeksi berbagai organ penting di tubuh kita, mulai dari saluran pencernaan hingga organ kewanitaan. Infeksi saluran kencing dapat berakibat fatal karena bakteri dapat menjalar ke kandung kemih dan kedua ginjal kita. bila dibiarkan terlalu lama tanpa mendapat pengobatan yang tepat maka bisa terjadi gagal ginjal kronis, yang diawali dengan gejala gagal ginjal akut, semisal : tubuh terasa gatal, lemas, mual, perut pinggang sakit. 

2. Penyakit Gula, Diabetes Militus
Penyakit gula terbilang cukup mengkhawatirkan, karena bila kadar gula dalam darah tidak terkontrol dapat berakibat fatal, merusak semua organ tubuh manusia.   Bertambahnya frekuensi air kencing bisa dijadikan indikasi gejala diabetes, tapi mungkin juga sedang memasuki tahap prediabetes dan masih bisa disembuhkan , tapi umumnya gejala prediabetes sangat bervariasi dan sangat sulit terdeteksi. Terlambat, tiba tiba sudah masuk pada vonis diabetes. Kencing hingga 17 liter dalam sehari membuat tubuh kita ter dehidrasi dan kurus kering mendadak, kehilangan cairan dan berat badan secara tiba tiba, hingga berkurang 20 kg dalam 2 minggu. 

Sering kencing umumnya disebabkan oleh 2 penyakit saja : diabetes dan infeksi saluran kemih, tapi ada juga jenis penyakit lain tapi gangguan  air kencing sulit dijadikan sebagai indikasi utama, jenis penyakit penyakit tersebut sebagai berikut 

3. Penyakit Kandung kemih
4. Penyakit Batu Ginjal
5. Gejala Stroke 
6. Sakit Vaginitis area reproduksi
7. Otot bagian pelvis semakin lemah
8. Penyakit Tumor
9. Masalah Prostat
10 Sulit buang air besar, sembelit

Comments

Popular Posts