Usia Kehamilan, ini Cara Menghitung nya

 


Dokter biasa menyarankan untuk melakukan pemeriksaan USG untuk menentukan berapa usia kandungan bunda, sudah memasuki usia berapa bulan kah ataupun berapa minggu bisa diketahui secara akurat dengan metode tertentu. mungkin kita penasaran bagaimana cara dokter menentukan usia janin ?

 Ada banyak cara atau metode yang digunakan dokter untuk menghitung usia janin dalam kandungan. bagi bunda yang baru sekali mengandung atau pertama kali hamil, Cara menghitungnya tidaklah selalu dengan pemeriksaan USG.

Bagi ibu hamil, menentukan usia kandungan sangat lah penting karena untuk mengetahui kapan sih Hari Perkiraan Lahir. dan juga menentukan jenis perawatan sebelum kelahiran (prenatal) . 

1. Penentuan Jadwal USG

saat usia kandungan telah memasuki usia 6 minggu perlu dilakukan tes USG untuk pertama kalinya, dijadwalkan pada minggu ke sebelas dan ke empat belas kehamilan. selain hal tersebut , menentukan usia kandungan juga dapat membantu dokter mengetahui kapan sebaiknya dilakukan tes darah AFP.

2. Penentuan Jenis Persalinan

Bagaimana menentukan metode cara bersalin, apakah melahirkan secara normal ataukah operasi ceasar. Jangan sampai terjadi kesalahan saat menentukan perhitungan usia kehamilan karena dikuatirkan terjadi kelahiran prematur, karena ternyata bayi belum siap untuk dilahirkan atau bahkan postmature, janin sudah melewati batas usia HPL / hari perkiraan lahir. perlu dilakukan pemeriksaan USG dari beberapa dokter ahli, carilah second opinion, jangan hanya tergantung pada satu dokter saja

MENGHITUNG USIA KEHAMILAN SENDIRI

:Menghitung sendiri usia kehamilan bisa dilakukan sendiri, tak banyak selisih dari perkiraan HPL dari dokter. tetapi ada beberapa kondisi yang harus bunda perhatikan, yakni ingat kah kapan terakhir kali anda menstruasi

Cara menentukan usia kehamilah dengan menghitung maju 7 hari sampai 30 minggu semenjak HPHT (hari pertama menstruasi terakhir) , yang kemudian bisa dijadikan acuan kapan hari perkiraan lahir / HPL bayi anda.

Untuk mempermudah kita memahami caranya, kita buat contoh permisalan. Menstruasi terakhir bunda terjadi pada tanggal 08-01-2020 . menambahkan HPHT tujuh hari , berarti hari pertama proses kandungan anda terjadi pada tanggal 15-01-2020.

Minggu ke-2 kehamilan bunda yakni 22-01-2020, dihitung maju terus hingga ke minggu ke empat puluh yakni HPL / hari perkiraan Lahir. dari Permisalan diatas dapat kita tentukan .HPL terjadi pada 15-10-2020

Comments

Popular Posts