10 Tanda Kehamilan, Selain Mual


Tak banyak tanda kehamilan yang mungkin bunda  ketahui, terutama bagi ibu muda yang belum pernah hamil sebelumnya. Mual , muntah , perut sebah umum terjadi pada wanita sebagai ciri ciri kehamilan, Namun ada beberapa tanda yang lain yang bisa dijadikan sebagai indikasi kehamilan.

Mungkin Dibutuhkan 1 hingga 2  minggu untuk memastikan kehamilan setelah muncul beberapa gejala atau ciri ciri kehamilan , tanda kehamilan sedikit memiliki kemiripan dengan gejala penyakit tertentu semisal GERD atau maag, sehingga untuk memastikan kehamilan diperlukan beberapa ciri khas lainnya. 

tanda kehamilan

1. Pendarahan di area reproduksi

Keluarnya cairan berwarna merah dari area kewanitaan tak selalu berarti menstruasi . Keluarnya darah atau cairan berwarna merah bisa menjadi ciri awal kehamilan tapi juga patut diwaspadai bila mungkin akibat dari masalah kesehatan semisal infeksi saluran kemih atau bahkan sedikit masalah pada organ ginjal.

2. Emosi Labil

Perubahan hormon terjadi saat wanita memasuki masa kehamilan, yang  juga dapat mempengaruhi emosi, pikiran dan suasana hati. Perubahan hormon dapat mulai dirasa berpengaruh pada suasana hati pada minggu ke 5 hingga minggu ke 10  kehamilan. Hormon estrogen dan hormon progesteron berperan aktif dalam perubahan reaksi kimia di dalam otak, yang berdampak pada suasana hati wanita hamil yang semakin labil atau berubah ubah. 

3. Kerap buang air seni

Bila bunda sedang dalam program kehamilan, dan menjalankan program kesehatan semisal olahraga dan perubahan pola makan lalu timbul masalah sering buang air kecil , dengan intensitas yang lumayan tinggi hingga menyebabkan bunda merasa terganggu, dan cemas. Sering buang air kecil juga bisa menjadi gejala beberapa  penyakit semisal diabetes , infeksi saluran kemih dan asam lambung/GERD. Tapi bila bunda merasa telah melakukan program hamil atau hidup sehat berarti tidak perlu cemas, karena hal tersebut menjadi tanda atau ciri ciri kehamilan.

4. Lebih sensitive pada aroma

Bunda lebih sensitive atau Alergi terhadap aroma tertentu , menyebabkan rasa mual atau morning sickness, misalkan sensitive terhadap aroma bau badan suami, padahal suami telah berulang kali mandi pun tetap menimbulkan rasa mual saat dekat dengannya. 

5. Susah Buang Air besar

Sembelit juga bisa dijadikan indikasi kehamilan, namun juga sebagai gejala atau efek dari pola hidup atau pola makan yang buruk. Susah buang air besar dapat terjadi pada ciri awal kehamilan karena terjadinya perubahan hormon saat memasuki masa kehamilan yang berakibat pada tingkat kelenturan system pencernaan dan juga respon otot otot pada organ pencernaan.

6. Tubuh tidak bertenaga 

Tubuh tiba tiba merasa tidak bertenaga padahal bunda merasa telah cukup makan makanan bernutrisi.

7. Pusing

Ada sedikit perubahan pada tekanan darah saat bunda memasuki masa kehamilan. Pada awal nya akan menurunkan tekanan darah. Gejala ini mungkin muncul saat usia kandungan 6 minggu

8. Hidung mampet atau berdarah

Munculnya masalah pada elastisitas pembuluh darah serta tekanan darah dapat menyebabkan mimisan 

9. Otot pada payudara terasa tegang atau kencang

Payudara akan terasa lebih padat, tegang atau kencang, dan terasa lebih sensistif saat dipegang, ini bisa dijadikan indikasi kehamilan

Jangan Bermain tebak tebakan bila muncul gejala gejala diatas, segera konsultasikan ke dokter untuk lebih memastikan , atau bisa juga dilakukan cek laboratorium bila dokter menyarankan , agar tidak keliru antara tanda kehamilan atau masalah pada kesehatan


Comments

Popular Posts