7 Cara Meningkatkan kecerdasan Anak


Sebagian Orangtua mungkin tidak menganggap seni music sebagai penunjang kecerdasan atau pendidikan formal yang dibutuhkan untuk anak. Memang, Tidak semua jenis Musik memiliki manfaat bagi anak anak. Dalam upaya untuk  meningkatkan kecerdasan otak kanan anak, bunda perlu menambahkan ketrampilan bermain music, semisal piano , organ, untuk meningkatkan sensitifitas daya ingat dan konsentrasi otak terhadap ilmu yang diberikan. 

1. BERMAIN MUSIK

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh universitas Auckland new zealand , menunjukkan hasil yang sangat positif pada 42 anak . Pada penelitian  dilakukan survey pada 21 anak yang Dilatih bermain alat music selama 6 bulan , dan rutin 2 jam setiap minggu nya, yakni aktif mengikuti kegiatan kelompok music atau drum band, sedangkan 21 anak yang lain tidak dilibatkan dalam kegiatan music. Ternyata 21 anak yang rutin mengikuti kegiatan bermusik lebih aktif didalam kelas, ceria dan menunjukkan ketertarikan atau lebih fokus pada pelajaran yang diberikan guru didalam kelas.

Meningkatkan Daya ingat Anak, 

Kapasitas daya ingat otak manusia dapat ditingkatkan dengan metode tertentu, semisal memainkan alat music, yakni metode pencitraan resonacy magnetic function, pakar ahli kesehatan melakukan pemeriksaan pada sirkulasi darah menuju otak pada anak yang gemar bermain music , indicator pengukuran pada penelitian tersebut adalah memori dan waktu respon. Data menunjukkan hasil yang baik pada anak yang gemar bermain alat music piano dan biola, dibandingkan dengan para murid yang tidak mengikuti kelas bermusik. 

Memainkan alat music dibutuhkan focus dan konsentrasi penuh , melatih otak untuk semakin sensitive dan tajam terhadap penyelesaian soal  atau masalah . Selain itu music juga sebagai kegiatan yang meringankan beban otak atau refreshing, dan menggembirakan, melepat penat setelah seharian berjibaku dengan kegiatan belajar di kelas yang dapat menjadi ancaman bagi kesehatan rohani siswa.

Melatih Koordinasi Anggota tubuh

Kemampuan motoric anak perlu dilatih saat masih dalam masa pertumbuhan. Memaksimalkan perkembangan sensor saraf pada jari, mata, dan telinga anak, sehingga pertumbuhan otak kanan anak dapat berkembang dengan baik dan sehat.

Mengembangkan Kesehatan Rohani

Orangtua perlu Mengarahkan anak pada permainan positif yang dapat meningkatkan kecerdasan . Tidak hanya sekedar bermain tapi juga dapat menunjang tumbuh kembang otak anak. Menumbuhkan rasa cinta anak pada suatu alat music memanglah tidak mudah, namun diperlukan teknik tertentu agar anak merasa senang saat memainkan alat music.

Meningkatkan kemampuan berbicara

Kemampuan otak kanan dan otak kiri dapat ditingkatkan dengan bermusik, saat anak membaca not balok music maka otomatis melatih persepsi anak pada benda dan artikulasi kata, serta meningkatkan ketrampilan membaca 

Orangtua perlu mengarahkan anak pada satu alat music tertentu dan berupaya menumbuhkan kecintaan anak pada music, agar tercipta hobi dan kegembiraan saat bermain music. Bukan menjadi suatu beban, tetapi jadwal bermain yang menyenangkan. Tidak perlu memaksa anak pada satu alat music saja, tetapi berikan banyak pilihan .

2. Melatih Bahasa Baru

selain bermain musik , mengenalkan bahasa baru juga dapat merangsang sensor otak dan reaksi positif zat kimia di dalam otak. bahasa arab, jepang, inggris bisa menjadi pilihan dan juga sebagai bekal masa depan anak

3. Perbanyak aktifitas jalan kaki

Terdapat ribuan saraf saraf pada kaki yang terhubung langsung pada organ dalam tubuh anak, tak terkecuali otak. Titik pijat refleksi dapat dilatih dan difungsikan dengan berjalan kaki. Aktifitas bermain dan rekreasi sebaiknya dengan berjalan kaki. 

4. Membacakan Dongeng Cerita

Dongeng sebagai wawasan dan memperkaya bahasa, sekaligus memaksimalkan daya imajinasi anak yang dapat merangsang pertumbuhan sel otak.

5. Hindari makanan tinggi gula

Gula yang berlebihan dapat menurunkan sistem imun tubuh anak yang dapat berdampak pada pertumbuhan otak anak. hindari susu kotak instan atau botolan, minuman sachetan, es krim, permen. Orangtua harus bersikap tegas demi kesehatan dan pertumbuhan anak, agar tidak menyesal di kemudian hari. ingat bahaya diabetes , yang saat ini telah banyak terjadi pada anak anak . 

6. istrirahat Cukup

7. Selalu bahagia


cara meningkatkan kecerdasan anak usia 7 tahun

cara meningkatkan iq anak dengan cepat

cara meningkatkan iq anak remaja

vitamin untuk meningkatkan iq anak

cara meningkatkan iq di usia remaja

melatih kecerdasan otak anak

cara meningkatkan kecerdasan anak usia dini

cara mencerdaskan otak anak

Comments

Popular Posts