7 Obat Asam Urat, Alami Sembuh Seketika


Terkadang kita merasa bingung saat sendi tiba tiba terasa sakit, nyeri, dan linu, padahal seharian kita tidak melakukan aktifitas berat. Keluhan ini muncul disaat tertentu, semisal setelah makan makanan pemicu dan suhu udara dingin . Bila pernah merasakannya , tidak perlu terlalu panic, karena kemungkinan disebabkan oleh asam urat di dalam darah sedang naik. Naiknya asam urat didalam tubuh terjadi saat proses metabolism tubuh memproduksi zat purin berlebih, yang seharusnya dapat dibuang melalui ginjal lalu dikeluarkan lewat air kencing. 

Tetapi bila asam urat yang mengalir didalam darah tidak dapat tersaring sempurna karena mungkin terjadi kelainan pada ginjal, atau pola makan yang terlalu tinggi purin maka dapat terbentuk endapan Kristal purin di persendian, ini dapat menimbulkan rasa sakit yang parah bila tidak segera ditemukan solusinya

Penyakit asam urat sangat rentan pada beberapa orang dengan riwayat penyakit tertentu, semisal diabetes, kegemukan, proriasis, hiperurisemia, dan kanker. Gejala awal asam urat dapat dideteksi melalui keluhan pada persendian dan tes darah, diukur dengan kadar tertentu. Pada pria , kadar normal asam urat normal dalam darah adalah maksimal 7 mg/dl, sedangkan perempuan maksimal 6 mg/dl. Umumnya,  pada orang yang tidak bermasalah pada asam urat, kadarnya adalah 3 – 5 mg/dl, tetapi bila telah mendekati 6 – 7 mg/dl maka perlu waspada dan segera dilakukan upaya pencegahan dan pengobatan

1. Konsumsi makanan penurun purin

Makanan dengan kandungan purin tertinggi terdapat pada makanan berbahan kedelai, semisal tahu tempe, dan juga telur, keju, susu, daging sapi, seafood, kerang, teri, tuna, sarden, kepiting, sayuran berwarna hijau pekat, jerohan. Untuk menetral kan kadar asam urat dalam darah dibutuhkan jenis makanan yang dapat secara efektif menurunkan kadar asam urat dan memecah Kristal yang menempel di persendian semisal Lobak putih, Buah sirsak, daun sirsak. 

Obat asam urat :

- 1 Lobak putih utuh, dipotong kecil lalu diblender, disaring , minum. Cukup 1x saja, karena bila dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan masalah pada lambung, karena lobak mengandung gas yang tinggi. 

- !/2 buah sirsak , dituang air rebusan 3 lembar daun sirsak, lalu diblender, minum


2. Makan makanan bervitamin C

Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh para pakar kesehatan menunjukkan bahwa vitamin C dapat menetralkan asam urat di dalam darah pada angka normal. Penelitian dilakukan pada beberapa relawan yang diberikan asupan harian 500 mg kapsul vitamin C , sebulan berikutnya hasil tes asam urat telah menunjukkan hasil yang memuaskan, terjadi penurunan 1 mg/dl pada tiap minggunya. Sedangkan para relawan yang tidak diberikan suplemen vitamin C namun hanya mengendalikan diet makanan rendah purin, justru menunjukkan hasil yang negative, kadar asam urat dalam darah tetap tinggi.

3. Batasi minuman beralkohol dan manis

Hasil survey dan penelitian yang dilakukan oleh Kementerian kesehatan Australia menunjukkan hasil dan dampak minuman beralkohol dan softdrink dapat secara signifikan meningkatkan kandungan asam urat di dalam darah, karena minuman keraz dapat memicu kenaikan produksi asam urat . Untuk menetralisir kadar asam urat yang disebabkan oleh alcohol yakni dengan mengkonsumsi buah anggur. Begitu pula saat kita meminum softdrink atau jenis minuman yang mengandung pemanis yang tinggi, juga dapat menjadi sebab naiknya asam urat, purin  dihasilkan saat tubuh memecah gula menjadi energy.

4. Rutin Minum Kopi

Kopi bila dikonsumsi pada dosis yang tepat dapat bermanfaat untuk kesehatan, yakni menormalkan kadar asam urat di dalam darah, namun bila dikonsumsi berlebihan dapat memicu tekanan darah tinggi / hipertensi. Pada secangkir kopi terdapat kandungan zat antioksidan yang dinamakan asam klorogenat, zat inilah yang berperan menurunkan asam urat dan mencegah terbentuknya Kristal pada persendian. Hasil survey pada penelitian yang dilakukan oleh tim kesehatan Auckland new Zealand 2017, laki laki yang rutin mengkonsumsi secangkir kopi di pagi hari dapat mengurangi resiko terkena penyakit encok yang disebabkan oleh asam urat. 

5. Berat Badan Ideal

Menjaga berat badan pada batas ideal juga dapat berpengaruh pada kadar asam urat di dalam darah, hal ini karena beban kerja ginjal tidak terlalu berat menyaring zat purin . pada orang dengan berat badan berlebih / obesitas dapat mengurangi efektifitas ginjal .

6. Hati hati dengan obat tertentu

Sebelum mengkonsumsi obat obatan tertentu sebaiknya tanyakan pada dokter perihal efek sampingnya , karena pada beberapa jenis obat obatan dapat berpengaruh pada produksi air kencing yang sedikit, sehingga zat purin tidak dapat terbuang.  Semisal aspirin, imunosupresan, thalitone, demadex, 

7. Minum Air Putih 3 Liter Sehari

Zat purin di dalam darah dapat terbuang melalui urine, memperbanyak urine berarti dapat memaksimalkan proses penyaringan dan pembuangan zat purin di dalam darah


Comments

Popular Posts