7 Obat Sakit Gigi Ibu Hamil


Ibu hamil sebaiknya perlu berhati hati dalam penggunaan obat obatan kimia , dalam bentuk oral ataupun dioles, karena dapat berpengaruh secara langsung pada janin didalam Rahim, sebagai contoh obat antibiotic tetracycline, doxycycline bila dikonsumsi oleh ibu hamil dapat berakibat masalah gigi pada janin saat beranjak dewasa, struktur gigi tidak beraturan , menguning , perkembangan tulang terganggu, dan masalah pada mata .

Pemilihan obat sakit gigi perlu dikonsultasikan dengan dokter gigi, agar diketahui secara pasti penyebab sakit gigi dan solusinya. Sakit gigi dapat disebabkan oleh bakteri, salah makan, efek samping obat, ataupun gigi berlubang, masing masing memiliki solusi yang berbeda. Rasa sakit yang disebabkan oleh sakit gigi dapat mempengaruhi suasana hati dan kegiatan harian bunda, oleh karena itu perlu segera dicarikan solusi. 

Faktor Yang Menyebabkan sakit gigi

1. Kurang Perawatan Gigi

Kita perlu meningkatkan kepedulian kita pada area mulut selama kehamilan, karena bakteri apapun yang berkembang di dalam mulut dapat berpengaruh pada kondisi tubuh bunda secara keseluruhan, semisal infeksi gigi maka tubuh akan bereaksi  demam, panas tinggi , ini akan mengganggu kenyamanan bunda dan janin di dlam Rahim 

2. Peningkatan produksi hormon

Perubahan terjadi pada system hormonal di dalam tubuh saat memasuki masa kehamilan, ini dapat berakibat masalah pada gigi dan organ tubuh yang lain, karena berdampak pada menurunnya system imunitas tubuh. Bunda jangan kaget bila semasa kehamilan tiba tiba gigi berubah menguning, timbul plak gigi, atau karang gigi, dan bengkak pada gusi. Gigi menjadi lebih reaktif atau sensitive pada suhu dan makanan. Ini perlu dicegah dengan asupan protein, madu sebagai antibakteri, dan rajin menjaga kebersihan gigi.

3. Pemilihan jenis makanan

Jenis makanan manis, dan bersuhu dingin dapat berakibat buruk pada kesehatan gigi dan gusi, dan memicu refluks asam di dalam lambung naik ke mulut, yang dapat menggerus lapisan gigi. Maksimalkan kepedulian bunda pada kesehatan gigi dengan lebih berhati hati dalam memilih jenis makanan.

Obat sakit gigi untuk ibu hamil

Ada beragam pilihan obat sakit gigi yang aman untuk ibu hamil, tapi juga tak sedikit pula yang berbahaya untuk ibu hamil dan janin di dalam Rahim. Konsultasikan semua keluhan dan solusi pada dokter gigi, setidaknya cari 2 opini untuk memastikan kebenaran informasi dari dokter gigi, semisal berkonsultasi ke 2 dokter gigi, second-opinion. 

1. Obat untuk meredakan rasa sakit

Obat Pereda nyeri banyak tersedia di pasaran atau di apotik , namun pada setiap jenis obat terdapat aturan penggunaan , namun juga ada yang tidak mencantumkan aturan penggunaan dan resikonya bila dikonsumsi oleh ibu hamil . Paracetamol termasuk jenis obat yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil, namun dosis nya perlu dibatasi . Sedangkan obat pereda nyeri yang dilarang adalah jenis obat NSAID semisal ibuprofen, naproxen, asam mefenamat, aspirin. 

2. Obat  Kumur

Apabila bunda ragu dengan obat oral yang ditelan, obat kumur antiseptic bisa dijadikan pilihan alternative yang tepat, obat kumur dimaksudkan untuk mengurangi dan menghalangi pertumbuhan bakteri di dalam mulut yang menjadi sebab timbulnya rasa sakit di gigi. Obat kumur benzocaine dianggap aman untuk ibu hamil , dapat digunakan dalam batas tertentu, tidak lebih dari 3 hari.  Di apotik banyak tersedia obat kumur , namun biasanya terdapat kandungan alcohol , jadi bunda perlu lebih berhati hati dalam memilih jenis obat kumur. 

3. Obat antibiotic

Penggunaan obat antibiotic sebaiknya perlu dikonsultasikan dengan Dokter gigi , karena ada beberapa jenis obat antibiotic yang dapat menyebab kan masalah kesehatan pada bayi saat menginjak usia dewasa, dampak nya jangka panjang. Bunda bisa memilih jenis antibiotic alami semisal kumur dengan air garam , tapi waspada hipertensi atau tekanan darah tinggi, pilihan lainnya adalah kumur dengan air bawang putih , atau bisa juga dengan air daun sirih.

4. Hindari asap rokok

5. Rajin sikat gigi hingga 3 kali sehari selama masa kehamilan, karena ibu hamil lebih rentan terkena infeksi bakteri. Atau gunakan siwak.

6. Memperbanyak konsumsi protein ikan, kalsium, dan vitamin D-aktif yang berasal dari sinar matahari pagi

7. Jangan menggunakan obat kumur yang ada kandungan alkoholnya



Comments

Popular Posts