7 Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet, Olahraga


 Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang ideal, sehat, dan bebas dari penyakit. Berat badan ideal identic dengan tubuh yang sehat, namun tak mudah untuk mencapai berat yang diinginkan, karena dibutuhkan upaya pengaturan pola makan yang tepat, ketat, dan didukung olahraga yang rutin serta terjadwal. Upaya melakukan diet sering gagal karena tak kuat menahan lapar yang justru menaikkan nafsu makan saat waktu berbuka. 

Tak perlu berputus asa atau hilang harapan, ada beragam teknik diet yang tidak menyusahkan dan cukup menyenangkan, semisal DEBM, Diet Keto, Diet DSA, Diet Kenyang ala dewi hughes, dan masih banyak lainnya, tapi kesemua nya itu harus disesuaikan usia dan riwayat kesehatan ,semisal diet Keto dan Diet DEBM,  tidak dianjurkan bagi kita yang memiliki riwayat penyakit ginjal, kolesterol atau penyakit jantung karena dapat berakibat fatal. Hal paling mendasar dari program menurunkan berat badan adalah perubahan pola makan, dan aktifitas ringan.

Tips Menurunkan Berat Badan

Breakfast / Sarapan Pagi

Breakfast sangat dianjurkan , rutin setiap hari, karena untuk menjaga kesehatan organ pencernaan kita. Untuk menjalankan program berat badan ideal dibutuhkan saluran pencernaan yang ideal pula. Pilih jenis masakan yang rendah indeks glikemik nya atau kadar gulanya. Hindari pemanis buatan dan makanan tinggi karbohidrat, karena karbohidrat adalah gula, dan gula adalah karbohidrat, keduanya sama saja.

Waktu Makan Terjadwal

Menentukan jadwal makan dimaksudkan agar tidak terlalu berlebihan dalam akumulasi jumlah porsi harian, saat memasuki jam camilan sebaiknya hindari makanan berkarbohidrat tinggi, atau mengandung gula pemanis buatan.

Buah Buahan

Pemilihan jenis buah buahan harus lah tepat, yakni jenis buah yang memiliki indeks glikemik rendah dan karbohidrat rendah, semisal : Buah Apel, Buah Pir, Bengkoang, Pepaya Satu Iris saja, 

Sayur Sayuran

Semua jenis sayuran aman untuk pengendalian berat badan, memperbanyak sayuran sebagai pengganti karbohidrat agar perut tetap terasa kenyang . Porsi sayuran dalam satu piring porsi makan kita adalah 50%, lauk pauk protein 35%, karbohidrat hanya 15% saja

Minum Teh Jati China

Ada beberapa jenis teh yang sangat efektif mengendalikan jumlah gula yang kita konsumsi, sehingga dapat mencegah naiknya berat badan.  Gula / Karbohidrat sebagai factor utama penyebab naiknya berat badan kita, teh berperan sebagai penghambat penyerapan zat gula di dalam organ pencernaan dan peredaran darah

Camilan Yang tepat

Sayuran bisa kita jadikan camilan, karena sangat rendah kandungan gula nya, atau bisa juga dengan buah buahan berkalori rendah dan gula rendah semisal apel, pir, bengkoang, salak, bisa kita olah menjadi keripik .

Protein

Protein bisa kita jadikan pengganti karbohidrat dalam menu makanan kita, memperbanyak asupan protein hewani semisal daging ayam, ikan air tawar, ikan laut, dan telur rebus. Cara ini dianggap ampuh menyiasati perut kita yang mungkin selalu merasa lapar bila tidak makan nasi dalam jumlah banyak. Nasi kandungan gula nya sangat tinggi, dan sangat kita batasi jumlah takaran hariannya. 

Air Putih

Perbanyak minum air putih sebagai upaya untuk mengurangi gula didalam darah, ginjal akan menyaring kelebihan gula di dalam darah dan segera membuangnya melalui urine . Dibutuhkan sekitar 3 liter air putih setiap hari agar tubuh tidak berkesempatan menyerap gula atau lemak di dalam darah, karena segera terbuang melalui air kencing. 

Berjemur matahari pagi

Cara menyiasati bila kita malas berolahraga adalah berjemur matahari pagi hingga berkeringat, mungkin dibutuhkan waktu hingga 30 menit atau bahkan lebih, tergantung seberapa banyak lemak pada tubuh kita. 


Comments

Popular Posts