Obat Anemia Ibu hamil dan Cara mencegah


Bunda Perlu Waspada pada anemia terutama saat masa kehamilan, karena dapat berpengaruh langsung pada kondisi kesehatan janin di dalam Rahim. Perlu segera mendapatkan solusi penanganan yang tepat agar segera kembali pada kondisi normal. Anemia atau kurang darah terjadi karena berbagai hal, kurangnya asupan makanan penunjang pembentukan sel darah merah, ataupun terjadi pendarahan. 

Produksi sel darah merah harus didukung dengan asupan makanan yang tepat agar tercukupi kebutuhan untuk bunda dan janin, karena pada masa kehamilan dibutuhkan sel darah merah lebih banyak untuk mendistribusikan zat gizi, oksigen dan nutrisi pada janin. Selalu waspada dan menambah wawasan seputar anemia, yakni dengan mengenali gejala gejalanya dengan tepat agar segera mendapatkan perawatan dan solusi. 

- Cepat capek dan tidak bertenaga

- Kulit wajah memutih pucat pasi

- Detak Jantung melemah atau tidak beraturan

- Nafas berat, Sesak

- Sakit pada area dada

- Pusing kepala

- Tubuh terasa gatal

- Lidah kurang sensitive pada rasa

- Rambut berguguran

- Telinga berdengung

- Muncul sariawan

Bila bunda merasakan gejala anemia , perlu dilakukan cek darah di laboratorium untuk dapat secara pasti menentukan diagnose anemia . Pada uji lab, dapat diketahui kadar HB (hemoglobin) , apabila diketahui hasil rendah maka, hasil lab tersebut dibawa ke dokter untuk mendapatkan arahan solusi yang tepat.

Obat anemia ibu hamil

Anemia dapat diatasi dengan mengatur pola makan, menentukan jenis makanan yang tepat untuk menunjang pembentukan sel darah merah oleh sum sum tulang belakang dan oleh ginjal. 

Konsumsi Zat Besi

Ferrous Sulphate , merupakan jenis suplemen zat besi yang umum diberikan pada ibu hamil sebagai salah satu bahan pembentuk sel darah merah. Cukup dikonsumsi 2 kali sehari. Tetapi konsumsi suplemen ini dapat menimbulkan dampak semisal mual, diare, nyeri dada, kotoran berwarna gelap. Bila bunda sedang mengalami  gangguan pencernaan atau khawatir bila terjadi gangguan penceranaan semisal maag, asam lambung sebaiknya hindari jenis suplemen ini. 

Zat besi tidak hanya bisa didapatkan dari suplemen zat besi, ada pilihan lain Bila bunda khawatir dengan efek samping nya , yakni dengan menambah asupan makanan yang kaya akan zat besi,

- Ikan air tawar (ikan gabus, lele), daging sapi, ayam

- - sayuran yang warnanya hijau pekat, semisal bayam, daun papaya, kacang panjang, tapi perlu waspada asam urat.

- Kacang kacangan : semisal tahu , tempe

- Putih telur 3 butir sehari

Tubuh memerlukan vitamin C pada dosis yang tepat untuk memaksimalkan penyerapan zat besi, agar asupan zat besi dapat diserap dan dimanfaatkan oleh ginjal dan sum sum tulang belakang pada proses pembentukan sel darah merah . Vitamin  C bisa kita dapatkan dari konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C semisal jeruk manis, strawberi, papaya. Pastikan memilih jenis yang tidak terlalu asam agar tidak mengiritasi lambung

Asam Folat 

Asam folat juga merupakan salah satu bahan pembentukan sel darah merah, terdapat suplemen asam folat yang baik untuk ibu hamil , tapi sebaiknya pilih jenis yang alami saja agar tidak timbul kekhawatiran tentang efek sampingnya. Asam folat dapat ditemukan pada sayur sayuran , terutama sayur bayam merah, buah bit, buah naga berdaging merah, dan madu

Vitamin B12

Vitamin ini adalah 1 dari 3 bahan utama pembentukan sel darah merah yakni : zat besi, asam folat dan vitamin B12. Dapat ditemukan pada kacang kacangan, semisal kacang polong, kacang babi, walnut, kacang mete, tahu, tempe, dan KACANG HIJAU . 


Comments

Popular Posts