5 Tips Bisnis Sukses di Tahun ini



 Kegiatan ekonomi di indonesia dihadapkan pada beberapa tantangan saat memasuki era pandemi covid 19, berbagai regulasi peraturan pemerintah menjadi hambatan besar bagi kemajuan ekonomi dan bisnis, karena kebijakan kebijakan pembatasan aktivitas pelaku bisnis dan konsumen. 

Dampak  kerugian  ekonomi dan melemahnya aktifitas bisnis  sepertinya tak jua ada ujungnya karena wabah covid19 yang tak kunjung usai hingga berakibat pada resesi ekonomi indonesia. yakni keadaan ketika PDB/ Product domestic Bruto mengalami penurunan atau saat perkembangan ekonomi Riil adalah negatif pada periode selama dua kuartal setahun.

Para pelaku bisnis Offline sangat merasakan dampak turunnya pendapatan yang sangat signifikan karena menurunnya jumlah pengunjung dan daya beli masyarakat yang semakin rendah. Oleh sebab itu perlu kita pelajari bagaimana strategi dan siasat pelaku bisnis dalam menghadapi guncangan ekonomi di masa resesi ini agar tetap bertahan dan berkembang.

UMKM atau pelaku home industri perlu menentukan sikap dan kebijakan yang tepat sebagai upaya survival semisal melakukan pemangkasan sumber daya Manusia / SDM dan penghematan biaya lainnya. UMKM harus beradaptasi dengan kondisi ekonomi saat ini dengan cara lebih fleksibel dan adaptif.

Beberapa upaya yang dapat kita lakukan agar home industri tetap eksis bertahan dan berkembang di masa resesi :

1. Modal Cadangan perlu kita persiapkan agar tetap survive dikala income merosot drastis

2. segera menyesuaikan dengan keadaan ekonomi masyarakat yang terus mengalami penurunan daya beli, merubah atau menambah target sasaran konsumen, atau diversifikasi bisnis., mencari alternatif penghasilan lain

3. Tidak takut merombak atau melakukan perubahan total, dengan melihat peluang peluang baru yang sedang viral atau kebutuhan masyarakat yang lebih urgensi pada roda perputaran uang mereks yakni  kebutuhan vital masyarakat.  . tidak terjebak pada produk lama

4. Merencanakan Hutang agar beban arus kas tidak terlalu berat , negosiasi dengan kreditur agar mendapatkan keringanan

5. Catatan pembukuan keuangan yang baik dan menyempurnakan laporan keuangan sehingga dapat secara jelas melihat kondisi keuangan bisnis dan ini dapat dipakai untuk mengajukan pinjaman atau pendanaan.

Comments

Popular Posts