7 Pilihan Bisnis Tepat Di Tahun ini


 Setiap orang pasti pernah berangan angan menjadi orang sukses, kaya raya memiliki uang melimpah, demi membahagiakan keluarga, anak, istri, suami, orangtua dan membantu orang di sekitar kita yang membutuhkan. Namun, terkadang hanya sekedar isapan jempol belaka, karena tidak lah mudah mewujudkan nya. Sebagian kita mungkin berfikir orang sukses adalah orang yang beruntung, mereka memiliki modal besar untuk memulai usaha, atau orang tua mereka bisa memberikan dukungan besar dalam berbagai hal. 

Tak hanya dibutuhkan ketekunan dan kerja keras saja agar bisa sukses dalam dunia usaha, karena ini dunia yang sangat jauh berbeda dari dunia karyawan atau pekerja, Bisnis, Tidak ada kepastian di dalam nya, ada yang sukses besar berpenghasilan jauh melebihi gaji karyawan / PNS, namun ada pula yang terpuruk dihantam hutang dan kerugian besar.

Memasuki masa pandemi korona, kita dihadapkan pada tantangan besar dalam dunia bisnis. perubahan iklim besar dalam perputaran cuaca ekonomi masyarakat dan menurunnya budaya konsumtif serta daya beli yang semakin rendah . 

1. Online Business Tanpa Modal

Bisnis modern saat ini didominasi oleh online, berbagai bidang home industri dan pelaku bisnis UMKM mulai menyesuaikan bisnis mereka dengan trend budaya masyarakat yang mulai bergeser dari offline ke online, Tidak dibutuhkan modal banyak, hanya bermodalkan handphone sudah bisa memulai bisnis online. banyak ragam bisnis yang bisa kita pilih, mulai dari reseller , makelar jual beli, hingga menjual jasa. kesemua nya tidak membutuhkan modal. 

2. Online Shop

Online shop bisa kita jadikan pilihan tepat bila kita memiliki modal cukup untuk menyediakan produk yang akan kita jual. tanpa butuh space sewa tempat , kita sudah  bisa membuka lapak toko di onlineshop shopee, lazada, olx, menjual baju, kerajinan tangan, mainan, kosmetik, makanan kemasan. lalu dipromosikan di media sosial semisal facebook, instagram.

3. Youtuber & Blogger

Online business juga bisa kita sesuaikan dengan hobi kita, semisal hobi menulis. Menjadi seorang blogger bisa kita jadikan pilihan tepat, mendaftarkan diri di blogger.com , youtube, dan google adsense agar bisa meng-uangkan karya tulis kita ataupun video kita, yakni melalui pemasangan iklan oleh google pada konten kita. namun menjadi blogger dan youtuber  tidaklah mudah, diperlukan pemahaman yang tepat pada regulasi aturan google agar tidak terkena pinalti pelanggaran, dan juga dibutuhkan waktu serta ketekunan yang lumayan menguji kesabaran kita. 

4. Jualan Makanan dan Minuman

bisnis masakan / bisnis kuliner umum dijadikan pilihan oleh masyarakat kita, mulai dari artis hingga anak pejabat banyak yang sudah merambah bisnis kuliner. faktanya tidak lah mudah memulai dan mempertahan kan bisnis ini. diperlukan Brand merk yang kuat dan produk yang terus terbaharukan agar bisnis kuliner kita tetap bisa eksis dan tetap diminati konsumen. Banyak ide kuliner yang terbilang nyeleneh namun justru viral di incar ribuan peminat, meski hanya sesaat, semisal bakso lobster, boba drink, thai tea, bakso raksasa, . kunci utama kesuksesan dalam dunia kuliner adalah ke anehan yang terus terbarukan, harus terus mengeluarkan ide ide masakan baru tiap semester nya, sebagai contoh Mc Donald, Pizza Hut terus menawarkan produk produk yang baru agar tetap dilirik dan menyita perhatian pelanggan.

5. Bisnis Franchise

Bisnis ini sangat tepat untuk pemula, karyawan, ibu rumahtangga, pelajar, mahasiswa. disini kita bisa mempelajari sistem bisnis dan cara tepat bagaimana menjalankan sebuah usaha . Kita tidak perlu bersusah payah membangun brand merk agar terkenal , cukup membeli hak franchise pada pemilik nya. pilih pranchise yang sudah populer dan ramai peminat. Harga kemitraan sangat beragam , bisa kita sesuaikan dengan modal kita. mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah bahkan ada juga lo yang milyaran. semisal indomaret, alfamaret, KFC, Mc Donald, PizzaHut

6. Bisnis industri kreatif , home industri

jika kita memiliki ketrampilan karya seni, semisal membuat baju, aksesoris, boneka , anyaman bambu , menggambar, kita bisa kembangkan ketrampilan kita menjadi sebuah peluang bisnis. Menjual produk hasil karya kita dan juga bisa dijadikan sebagai bahan konten tutorial di video youtube. Cukup dibutuhkan ketelatenan, dan kesabaran selama setahun, rutin setiap minggu membuat 2 video insyaAllah bisa menghasilkan uang yakni sukses sebagai youtuber di tahun berikutnya

7. Bisnis SDA, sumber daya alam

Masyarakat kita mulai beralih ke organik dan alam, kecintaan kita pada alam bisa kita jadikan sebagai modal kuat untuk memulai usaha di bidang pemanfaatan sumberdaya alam. semisal bisnis jualan bunga, tanaman, pupuk, pot bunga, membuka lahan perkebunan kelapa sawit, buah buahan, benih ikan lobster, tambang batu bara ,. disesuaikan dengan modal kita juga tentunya



Comments

Popular Posts